Lampaui Esemka, Mobnas Vietnam Sudah Bersaing dengan Merek Jepang

Esemka kian jauh tertinggal jauh oleh mobil nasional atau mobnas asal Vietnam, Vinfast. Bahkan, kini Vinfast sudah mulai bersaing dengan merek asal pabrikan Jepang, Korea, hingga Amerika.

Seperti dikutip 100KPJ dari Reuters, Senin 15 Juni 2020, dua mobil keluaran dari Vinfast sukses merengsek masuk ke 10 mobil terlaris di pasar Vietnam. Tak ayal bila pada kuartal pertama di 2020 sukses terjual 5.124 unit.

Vinfast bersaing pabrikan ternama seperti Toyota, Mitsubishi, Mazda, Hyundai hingga Ford. Sejauh ini, Vinfast sudah merilis city car Fadil, serta sedan dan SUV mewah bernama Lux A2.0 (sedan) dan Lux SA2.0 (SUV) di tahun 2019.

Sebagai rinciannya, di urutan pertama ada Toyota Vios dengan angka 1.958 unit, diikuti Honda CR-V 1.581 unit, Ford Ranger 1.176 unit, Vinfast Fadil 1.156 unit, Hyundai Accent 1.128 unit, Hyundai Grand i10 1.076 unit.

Kemudian Mitsubishi Xpander 685 unit, Vinfast Lux A2.0 682 unit, Hyundai Santa Fe 665 unit, dan Mazda 3 652 unit. Bicara sejarah, Vinfast merupakan pabrikan lokal pertama di Vietnam, dan mobilnya pernah mejeng di Paris Motor Show.

Kedua mobil itu menggendong mesin BMW berkapasitas 2.0 liter empat silinder. Sementara city car VinFast Fadil merupakan versi rebadge dari Vauxhall Viva/Opel Karl yang mana menggendong mesin bensin 1.4 liter empat silinder dengan transmisi CVT.

Rencananya, Vinfast pada 2021 akan mengeluarkan SUV listrik guna melebarkan sayap. Hebatnya lagi, mobil listrik itu akan diekspor ke Amerika Serikat.

Ungguli Esemka

Setelah Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah, pada akhir 2019 lalu, banyak yang berharap produk buatan bangsa itu bisa membawa nama baik Indonesia ke kancah dunia. Namun kenyataannya berbeda, satu-satunya produk yang mereka punya, yakni pikap Bima bahkan belum banyak terlihat di jalan raya.

Sebenarnya, Esemka punya tiga gacoan lain yang bisa diluncurkan dalam waktu dekat. Malahan, unitnya pernah dipamerkan kepada publik bertepatan dengan peluncuran pabrik. Ketiganya yakni SUV Garuda, mobil listrik Digdaya, serta mobil antipeluru tanpa nama. Namun sayang, tak ada kelanjutan mengenai kabar peluncurannya.

Comments

Popular posts from this blog

Terciduk tengah di kasur bersama Atta, inilah Potret Kemesraan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah