Asuransi ACA Mobil


Asuransi ACA Mobil 

Mungkin masih banyak dari Anda yang menganggap asuransi adalah hal sia-sia. Pasalnya tidak setiap tahun kecelakaan maupun kerusakan mobil akan menimpa, sementara premi harus terus dibayar setiap bulannya tanpa jaminan uang kembali.
Namun sekali lagi, ketika tiba-tiba Anda terlibat kecelakaan maka kerugian yang diderita bisa mencapai 2x lipat dari harga beli mobil Anda.

Mengenai Asuransi Mobil yang Baik

Asuransi mobil termasuk dalam jenis asuransi kendaraan adalah bentuk perlindungan yang memberikan perlindungan kepada pemegang polis dari risiko tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir atau terperosok, pencurian, perbuatan jahat, kebakaran, serta tanggung jawab hukum pihak ketiga (Third Party Legal Liability).
Maksud jadi Third Party Legal Liability adalah asuransi akan menanggung kerugian yang ditimbulkan nasabah yang terjebak kecelakaan dan menyebabkan kerugian pada pihak ke-3 dalam hal ini menjadi korban. Biasanya manfaat yang diberikan berupa rawat inap dan bantuan hukum untuk pemegang polis yang terlibat kecelakaan.
Premi asuransi mobil yang baik rata-rata dibayar setiap setahun sekali dengan penerapan dana hangus. Artinya jika dalam setahun masa pertanggungan tidak ada klaim yang diajukan maka premi yang selama ini disetor akan menjadi hak milik perusahaan asuransi.
Namun biasanya beberapa perusahaan asuransi punya kebijakan berbeda, dengan menjanjikan pengembalian premi jika nasabah sudah melewati masa 5 tahun.

Jenis Asuransi Kendaraan

Ada dua jenis asuransi kendaraan yang biasa ditawarkan yakni all risk dan TLO:

1. All risk

Adalah jenis asuransi yang melindungi mobil dari risiko tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir atau terperosok, pencurian, perbuatan jahat, kebakaran, serta tanggung jawab hukum pihak ketiga (Third Party Legal Liability).
Namun tidak menanggung hal yang termasuk dalam klausul pengecualian. Pihak asuransi menanggung semua beban kerusakan yang dialami pemegang polis baik untuk kerusakan ringan maupun berat.

2. TLO

Adalah jenis asuransi yang melindungi mobil dari resiko kerusakan total saja, dengan tingkat kerusakan mencapai 75%. Asuransi TLO memberikan perlindungan dari risiko tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir atau terperosok, pencurian, perbuatan jahat, atau kebakaran. TLO tidak melindungi resiko-resiko ringan seperti lecet dan baret. 
Karena manfaat yang ditawarkan berbeda, maka premi yang dibebankan juga berbeda. Umumnya jenis all risk memberlakukan tarif premi lebih mahal dibanding TLO. Harga premi all risk biasanya 2% – 3% dari harga mobil sementara TLO hanya berkisar  0.8% – 1% dari harga mobil. 
Rata-rata pemilik mobil diketahui lebih memilih jenis perlindungan all risk. Sebab mereka tidak mau berjudi dengan nasib buruk yang sewaktu-waktu bisa menimpa.
Namun jika kondisi keuangan tidak memungkinan sebaiknya jangan memaksakan diri karena perlindungan TLO juga memberikan manfaat yang luas dan cukup mengurangi beban kerugian Anda kala mobil terlibat kecelakaan, rusak maupun kehilangan.

Ciri-Ciri Asuransi Mobil yang Baik dan Wajib Dimiliki

Karena asuransi menjadi bagian penting dari perlindungan mobil Anda. Maka pemilihan perusahaan asuransi rekanan juga tidak bisa sembarangan.
Apalagi jika mobil yang Anda miliki masuk golongan barang mahal yang jarang ada di pasaran. Jangan sampai terjebak dengan premi tinggi namun pertanggungan rendah. Berikut adalah beberapa ciri asuransi mobil yang baik dan wajib Anda miliki:

1. Sudah Terdaftar di OJK

Ciri pertama asuransi mobil yang baik adalah sudah terdaftar di OJK. Hal wajib Anda pertanyakan apakah perusahaan sudah terdaftar di OJK atau belum. OJK merupakan singkatan dari Otoritas Jasa Keuangan yakni lembaga independen yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan. 
OJK dibentuk berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2011. Berfungsi sebagai penyelenggara sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan.
OJK didirikan untuk menggantikan peran Bapepam-LK dalam pengaturan dan pengawasan pasar modal dan lembaga keuangan, serta menggantikan peran Bank Indonesia dalam pengaturan dan pengawasan bank, serta untuk melindungi konsumen industri jasa keuangan.
Nah, karena OJK ini bertugas mengatur lembaga keuangan, maka apapun perusahaan yang diawasi oleh OJK akan mengikuti segala ketentuan OJK yang tentunya juga sangat konsen dalam perlindungan konsumen. Asuransi yang terdaftar di OJK dijamin aman dan kredibel karena para panelisnya pun datang dari kalangan ekonom yang handal di bidangnya.

2. Memberikan Pelayanan Maksimal

Persoalan layanan memang sangat sukar dinilai karena berhubungan dengan kepuasan konsumen. Namun, dalam asuransi mobil ada beberapa kriteria yang menentukan sebuah perusahaan asuransi mobil baik atau tidaknya dan memberikan pelayanan maksimal yakni:
  • Memiliki jaringan bengkel rekanan yang luas, sehingga ketika nasabah mengalami masalah kendaraan dapat langsung di bawa ke bengkel terdekat. Jaringan bengkelnya juga bukan bengkel abal-abal namun yang sudah terkenal dengan reputasi yang baik dan cepat dalam menangani kerusakan mobil.
  • Memiliki customer service yang siap selama 24 jam melayani masalah nasabah, sehingga kapanpun nasabah mengalami kendala pada mobil dapat langsung diatasi. Bayangkan jika customer service hanya bekerja di siang hari, sementara Anda mengalami kecelakaan pada malam hari, maka manfaat asuransi tidak dapat Anda terima.
  • Memberikan gratis derek dengan jangkauan terluas yang dapat mengurangi beban pengeluaran Anda ketika mobil mengalami kerusakan di titik yang jauh dari pusat kota. Ingat ya, persoalan derek ini cukup penting karena biaya sewa derek tidak murah karena bisa mencapai jutaan untuk satu kali derek.

3. Premi Sepadan dengan Pertanggungan

Ciri ketiga asuransi mobil yang baik adalah premi yang sepadan dengan pertanggungan yang diberikan, yakni tidak terlalu rendah maupun terlampau tinggi. Jika ada perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi mobil dengan premi dibawah rata-rata perlu Anda teliti lebih detail, karena bisa jadi beberapa manfaat yang biasanya ada dalam asuransi mobil mereka hapus.
Sementara untuk premi yang terlalu tinggi, akan memberatkan keuangan kita. Meskipun menawarkan manfaat paling lengkap namun belum tentu kita butuhkan dan kita gunakan selama masa pertanggungan. Alhasil premi asuransi jadi mubazir.

4. Proses Klaim yang Mudah

Ciri ke empat asuransi mobil yang baik yaitu. Sebelum membeli polis asuransi, sebaiknya Anda pastikan dulu bagaimana riwayat pemberian klaim sebuah perusahaan asuransi. Cari tahu alurnya dari website terkait, biasanya mereka memetakan dan menjelaskan alur pengajuan klaim sehingga Anda dapat menilai mana yang memberikan proses klaim berbelit dan mana yang mudah.
Hal ini berpengaruh besar ketika Anda nanti mengajukan klaim. Sebab klaim berbelit hanya akan membuang waktu. Sementara batas pengajuan klaim yang masuk ke data perusahaan asuransi biasanya maksimal 1 bulan dari tanggal kejadian.
Sangat disarankan untuk memilih asuransi mobil dengan klaim cashless, sehingga Anda hanya perlu menggesek kartu kepesertaan di bengkel rekanan tanpa harus mengeluarkan uang lebih dulu untuk memperbaiki kerusakan mobil.

5. Punya Nama Baik

Beberapa perusahaan dengan reputasi tinggi biasanya menentukan premi asuransi mobil baik cukup tinggi. Namun, hal tersebut akan mereka ganti dengan jaminan pelayanan yang lengkap dan cepat. Percuma premi rendah namun penanganan terhadap mobil Anda lambat, atau bahkan terkesan ditunda-tunda.
Cek riwayat perusahaan asuransi di berbagai forum internet, atau tanyakan pada mereka yang sudah lebih dulu membeli polis asuransi. Minta rekomendasi kepada yang berpengalaman mengenai salah satu perusahaan asuransi yang dipilih.
Jika perusahaan asuransi yang kini tengah Anda pertimbangkan memiliki ke-5 ciri tersebut. Jangan ragu untuk langsung mengajukan pembuatan polis. Tapi jika masih bingung memilih cobalah resapi kita memilih asuransi mobil yang baik dan sesuai kebutuhan di bawah ini:

Trik Memilih Asuransi yang Baik dan Tepat

Sebagai konsumen kita sering disesatkan dengan sejumlah iklan, baik yang ditawarkan melalui media massa maupun agen. Agar tidak terjebak pada produk asuransi mobil yang salah sebaiknya lakukan pilihan dengan trik di bawah ini:

Pertimbangkan Tawaran Dealer

Saat membeli mobil terutama dengan cara kredit di berbagai dealer mobil, biasanya mereka akan memberikan rekomendasi atau menawarkan asuransi mobil.
Perusahaan asuransi yang mereka sarankan biasanya memang sudah jadi rekanan, sehingga sudah terjamin punya kredibilitas dan dapat dipercaya. Jika Anda bingung memilih tidak ada salahnya menerima saran dealer.

Pilih yang Paling Sesuai dengan Kemampuan Finansial

Semua pemilik kendaraan pasti menginginkan perlindungan maksimal untuk mobilnya. Pilihan asuransi all risk akan berada di list teratas jika kondisi finansial memungkinkan.
Namun, kenyataannya tidak sedikit orang dengan keadaan finansial yang baik terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga. Sebaiknya jangan memaksakan diri, jika hanya mampu membeli asuransi TLO tidak mengapa.

Jangan Tergoda Rayuan Agen

Jangan tergoda akan rayuan agen asuransi, sebaliknya lakukan perbandingan sebanyak mungkin. Atau Anda bisa melakukan perbandingan pada situs broker asuransi yang kini banyak ditemui di jejaring internet.
Situs tersebut akan memberikan informasi lengkap yang Anda perlukan dari mulai kredibilitas perusahaan, prosedur klaim, bengkel rekanan, rasio keluhan, fitur layanan, dan lain-lain.
Bila perlu datanglah ke setiap kantor perusahaan asuransi untuk bertanya secara mendetail dengan para agennya. Mereka akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan. 

Cakupan Wilayah Luas

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Tidak semua asuransi kendaraan memiliki wilayah perlindungan luas. Beberapa lokasi di Timur Indonesia misalnya hanya ada sejumlah perusahaan asuransi yang mau mengcover wilayah tersebut.

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Jika Anda termasuk orang yang sering melakukan perjalanan bisnis menggunakan mobil pribadi sebaiknya pilih produk asuransi dengan jangkauan wilayah perlindungan luas.
Sehingga proses klaim atau perbaikan mobil lebih cepat diselesaikan. Perusahaan asuransi yang memiliki cakupan wilayah pertanggungan yang luas, juga biasanya memiliki bengkel rekanan yang lebih banyak.

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Asuransi ACA Mobil 

Itulah cara memilih asuransi mobil yang baik dan sesuai dengan kebutuhan. Jangan terburu-buru menentukan pilihan sampai Anda merasa menemukan yang paling tepat. Ingat reputasi besar biasanya sebanding dengan pelayanan memuaskan. Jadi, jangan ragu untuk segera membeli polis asuransi mobilmu di toko finansial yang aman dan terpercaya, seperti Cekaja.com yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kita Sudah Waspada, Orang Lain Tidak

Comments

Popular posts from this blog

Terciduk tengah di kasur bersama Atta, inilah Potret Kemesraan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah