iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Struktur Tubuh Paramecium: Pengertian dan Ciri-Cirinya

Struktur Tubuh Paramecium
Struktur Tubuh Paramecium – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Sebelumnya kami ingin minta maaf kepada kalian semua karena kami sudah lama tidak memberikan artikel terbaru kepada kalian secara rutin. Hal tersebut dikarenakan Admin sedang memiliki berbagai macam kesibukan di dunia nyata, mohon dimaklumi ya. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai mata pelajaran Biologi nih. Pernahkah kalian mendengar istilah Paramecium? Apabila belum, singkatnya paramecium adalah protozoa yang biasanya hidup didaerah rawa. Nah yang sekarang akan kami bahas adalah mengenai struktur tubuh paramecium. Baiklah tanpa perlu banyak bicara lagi, langsung saja kita mulai ke pembahasan utamanya.

Pengertian Paramecium

Sebelum kita membahas topik pembahasan kita kali ini mengenai struktur tubuh paramecium, tentu saja akan lebih baik apabila kalian memahami apa itu paramecium secara lengkap dan jelas. Pengertian Paramecium caudatum adalah protozoa yang biasanya hidup didaerah rawa, sawah atau tempat berair lainnya yang banyak mengandung bahan organik. Paramecium caudatum ini berkembang biak dengan menggunakan cara aseksual yang artinya dia bisa membelah diri menjadi dua anak sel. Selain itu, paramecium juga bisa berkembang biak secara seksual yaitu dengan cara konjugasi. Alat gerak dari paramecium ini berupa rambut getar atau yang biasa disebut dengan sebutan silia. Bentuk tubuhnya oval, tidak berubah dan juga memiliki dua inti sel yang diantaranya adalah mikronukleus dan juga makronukleus.

Perlu kalian ketahui bahwa Paramecium ini adalah salah satu protista mirip hewan yang ukurannya sekitar 50-350ɰm. Seperti yang sudah kami jelaskan barusan bahwa Paramecium ini memiliki dua inti sel, mikronukleus fungsinya adalah untuk mengendalikan kegiatan reproduksi sedangkan makronukleus fungsinya adalah untuk mengawasi kegiatan pertumbuhan, metabolisme dan juga regenerasi sehingga kedua inti tersebut saling melengkapi. Kurang lebih seperti itulah pengertian paramecium yang bisa kami jelaskan kepada kalian. Semoga penjelasan kami sudah jelas dan bisa kalian mengerti dengan mudah, selanjutnya mari kita bahas pembahasan utama kita.

Struktur Tubuh Paramecium

Gambar Struktur Tubuh Paramecium
Gambar Struktur Tubuh Paramecium

Terdapat banyak sekali struktur tubuh dari paramecium, berikut ini adalah diantaranya:

  • Pelikel adalah selubung tipis ganda dan elastis yang menyelimuti seluruh bagian tubuh dari Paramecium caudatum. Pelikel ini berfungsi untuk memberi bentuk tubuh pada Paramaecium karena sifatnya elastis maka hal tersebut memungkinkan sel untuk berkontraksi.
  • Cilia adalah struktur paramecium yang bentuknya seperti rambut yang berukuran kecil dan menyebar di seluruh permukaan tubuh Paramecium caudatum. Cilia berfungsi sebagai alat gerak, selain itu fungsi dari cilia juga sebagai alat untuk mengumpulkan makanan dan sebagai reseptor sensorik untuk mendeteksi berbagai macam rangsangan yang muncul dari lingkungan sekitar.
  • Sitoplasma adalah cairan sel yang terdiri dari dua daerah yang diantaranya yaitu daerah ekternal atau kortikal yang disebut ektoplasma dan juga daerah internal atau medula yang cirinya memiliki ukuran yang lebih besar disebut endoplasma.
  • Ektoplasma adalah bagian tubuh pramecium yang bersifat permanen dan dibatasi oleh lapisan endoplasma. Ektoplasma membentuk lapisan luar yang kuat, jernih, tipis dan padat. Endoplasma ini berisi struktur trikosis, silia dan pelikel. Fungsi trikosis pada endoplasma ini adalah sebagai organel pertahanan tubuh, dan juga sebagai reaktor terhadap rangsangan dan luka.
  • Endoplasma atau yang bisa disebut medula adalah bagian dari sitoplasma yang bersifat lebih cair dan tebal serta mengandung banyak butiran sitoplasma, inklusi dan struktur lain yang bersifat khusus. Iklusi sitoplasma adalah mitokondria, aparatus Golgi, vakuola dan kromidia. Struktur lainnya yaitu nukleus, vakuola kontraktil dan vakuola makanan yang bisa juga ditemukan pada endoplasma.
  • Celah mulut adalah bagian dari struktur tubuh paramecium yang strukturnya berongga/berlubang dan letaknya adalah di bagian salah satu sisi tubuh Paramecium. Celah mulut ini berfungsi untuk memasukkan partikel makanan ke dalam tubuh paramecium.
  • Makronukleus adalah nukleus atau inti sel yang ukurannya besar. Di dalamnya terkandung banyak sekali nukleolit dan bahan kromatin (DNA). Makronukleus pada Paramecium ini fungsinya adalah untuk mengendalikan kegiatan metabolisme sel dan juga berperan dalam reproduksi aseksual (vegetatif) yakni pembelahan biner.
  • Mikronukleus adalah nukleus atau inti sel yang ukurannya kecil. Mikronukleus biasanya dapat  ditemukan berdekatan dengan makronukleus. Pada Paramecium caudatum hanya terdapat 1 buah mikronukleus. Mikronukleus sendiri memiliki peran dalam reproduksi seksual (generatif) yaitu konjugasi.
  • Lubang anus adalah bagian dari struktur tubuh paramecium yang berongga kecil dan terletak pada bagian sisi ujung tubuh Paramecium. Lubang anus fungsinya adalah untuk mengeluarkan air yang berlebihan hasil dari osmoregulasi yang dilakukan oleh vakuola kontraktil.
  • Vakuola kontraktil adalah struktur yang bentuknya seperti bulatan dengan kanal-kanal disekelilingnya yang berisi cairan dan jumlahnya ada dua, masing-masing terletak di ujung tubuh dan satunya lagi terletak di bagian permukaan dorsal. Vakuola kontraktil ini berfungsi untuk mengatur tekanan osmosis (osmoregulasi) di dalam tubuh Paramecium dengan cara membuang kelebihan air yang terdapat padaprotoplasma.
  • Vakuola makanan adalah struktur berbentuk bulatan, non-kontraktil, ukurannya sangat bervariasi dan tersebar di lapisan endoplasma. Fungsi dari vakuola makanan adalah sebagai organel pencernaan makanan.
Itulah dia struktur tubuh paramecium yang perlu untuk kalian kuasai. Selanjutnya kami akan membahas mengenai apa saja ciri ciri paramecium.

BACA JUGA: Pengertian Ascomycotina dan Ciri Cirinya


Ciri Ciri Paramecium

Setelah kalian memahami apa itu paramecium beserta dengan struktur tubuh paramecium, tentunya kalian juga harus paham apa saja ciri-cirinya agar bisa memahaminya dengan mudah. Berikut ini adalah ciri ciri paramecium:


  1. Memiliki vakuola kontraktil dan juga nonkontraktil.
  2. Bagian ujung depan tubuhnya tumpul, sedangkan bagian belakang meruncing (seperti sandal).
  3. Tubuhnya berukuran antara 50-350ɰm.
  4. Memiliki dinding sel.
  5. Memiliki dua inti yang diantaranya adalah makronukleus dan mikronukleus
  6. Reproduksinya secara vegetatif (pembelahan biner) dan generatif (konjugasi)
  7. Bergerak dengan cara menggoyangkan silianya
Kurang lebih itulah dia 7 ciri ciri paramecium yang bisa kalian gunakan sebagai patokan untuk memahami materi paramecium ini.

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai materi struktur tubuh paramecium lengkap beserta pengertian dan juga ciri-cirinya. Semoga artikel yang sudah kami buat ini bisa memberikan kalian pencerahan dan juga bisa menambah wawasan kalian dalam mata pelajaran Biologi. Kami juga berharap agar tulisan kami ini bisa membantu kalian dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah kalian.

Apabila kalian merasa postingan kami kali ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman ataupun kerabat kalian. Karena selain kalian turut serta dalam menyebarkan ilmu, kalian juga sudah membantu kami untuk lebih bersemangat lagi dalam menulis artikel yang bermanfaaat dan berkualitas tinggi. Baiklah, mungkin sekian dulu artikel dari kami kali ini. Sampai jumpa lagi dipostingan yang selanjutnya!

Referensi: Wikipedia
Related Posts
SHARE
Newest Older

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment