iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Peran Pendidikan Jasmani: Pengertian, Kelebihan dan Kelemahan

Peran Pendidikan Jasmani

Peran Pendidikan Jasmani – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai mata pelajaran Olahraga. Pastinya sekarang disetiap sekolah terdapat mata pelajaran olahraga yang dimana bermanfaat untuk menjaga kesehatan jasmani para siswa atau siswi di sekolah tersebut. Namun tahukah kalian apa saja peran pendidikan jasmani yang sebenarnya? Tentunya masih banyak diantara kalian yang masih belum mengetahuinya, oleh karena itu kami tertarik untuk membahas materi ini. Baiklah, tanpa banyak bicara lagi langsung saja kita mulai ke pembahasan utamanya.

Peran Pendidikan Jasmani

Tentu saja dengan diadakannya pendidikan jasmani disekolah-sekolah ini bukanlah tanpa alasan. Karena selain sebagai pembelajaran atau edukasi, pendidikan jasmani juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kesehatan para siswa atau siswi. Terdapat banyak sekali peran pendidikan jasmani di sekolah, diantaranya adalah:

1. Untuk Pembentukan Tubuh

Sudah jelas sekali bahwa pendidikan jasmani bermanfaat untuk pembentukan tubuh siswa dan siswi. Karena dengan berolahraga mereka menjadi sering bergerak, dan juga mempertahankan gerakan. Selain itu mereka juga menjadi bisa mengembangkan perasaan terhadap gerakan dan juga irama. Sehingga dengan banyaknya latihan akan terjadi penyempurnaan gerak, dan juga pembentukan tubuh menjadi lebih kuat dan sehat apabila dilakukan dengan latihan yang teratur.

2. Untuk Pembentukan Prestasi

Bicara soal prestasi, tentu saja tak hanya diraih dari bidang akademik saja melainkan bisa juga dari bidang non-akademik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan jasmani juga berperan sebagai sarana untuk pembentukan prestasi. Karena dengan berolahraga, para siswa dan siswi dapat mengembangkan kemampuan aktivitas jasmani mereka secara optimal. Dengan pendidikan jasmani juga, siswa dan siswi bisa mencari bakat terpendam mereka, sehingga sangat bermanfaat untuk mengembangkan diri dan kepercayaan diri. Dengan rutin berolahraga juga bisa melatih kedisiplinan dan tanggung jawab mereka sebagai siswa dan siswi.

BACA JUGA: Pengertian P3K: Fungsi, Prinsip dan Peralatannya

3. Untuk Pembentukan Sosial

Peran pendidikan jasmaniyang selanjutnya adalah untuk pembentukan sosial. Mengapa seperti itu? Karena dengan melakukan olahraga, siswa dan siswi menjadi lebih banyak berinteraksi dengan teman-temannya sehingga menjadi lebih aktif berperan dalam suatu kelompok. Hal ini juga berkaitan dengan menumbuhkan sifat kepemimpinan siswa dan siswi sejak dini. Mereka akan mulai belajar untuk bertanggung jawab, dan menolong teman-temannya yang merasa kesulitan. Dengan berolahraga juga, siswa dan siswi bisa menjadi lebih aktif untuk bergerak, dan mengisi waktu luangnya dengan sesuatu yang lebih bermanfaat. Itulah yang menyebabkan pendidikan jasmani berperan penting dalam pembentukan sosial siswa dan siswi. Kurang lebih itulah dia peran pendidikan jasmani yang harus bisa untuk kalian pahami.

Pengertian Pendidikan Jasmani

Agar artikel ini bisa menjadi referensi yang sangat lengkap untuk kalian semua, kami juga akan menjelaskan mengenai apa itu pengertian pendidikan jasmani. Setelah kalian memahami apa saja perannya, tentunya akan sangat kurang sekali apabila kalian masih belum mengetahui pengertiannya. Apa itu pendidikan jasmani? Menurut Baley (1974: 4), pendidikan jasmani merupakan suatu proses yang mana adaptasi dan pembelajaran tubuh (organik), syaraf dan otot, intelektual, sosial, emosional dan estetika dapat dicapai dan dilakukan melalui aktivitas fisik yang penuh semangat. menurut Hetherington, yang dikutip oleh Kroll (1982: 67), pendidikan jasmani adalah pendidikan yang dilakukan melalui aktivitas jasmani, bukan pendidikan dari jasmani. Dikatakan pula oleh Rijsdorp (1971: 30) bahwa aktivitas jasmani bermain merupakan bagian dari pendidikan jasmani, oleh sebab itu tujuan pendidikan juga merupakan tujuan bermain. Selanjutnya di katakan bahwa pendidikan jasmani bukanlah “education of the body” dan bukan problem jasmani, akan tetapi merupakan problem kemanusiaan. Kurang lebih seperti itulah pengertian pendidikan jasmani yang wajib untuk kalian ketahui.

Kelebihan Pendidikan Jasmani

Terdapat banyak sekali kelebihan pendidikan jasmani yang perlu kalian ketahui, diantaranya adalah berikut ini:
  1. Perilaku Hidup Sehat
  2. Kesehatan dan Kebugaran Jasmani
  3. Perkembangan Kognitif
  4. Kesehatan Mental
  5. Kesehatan dan Kesejahteraan Mental
  6. Perilaku sosial
  7. Perkembangan sosial-moral
  8. Hubungan sosial

Kekurangan Pendidikan Jasmani

Selain memiliki kelebihan, tentu saja pendidikan jasmani memiliki beberapa kekurangan yang harus dihadapi. Diantaranya adalah berikut ini:
  1. Tenaga guru dan program evaluasi yang masih kurang
  2. Infrastruktur olahraga di sekolah yang belum lengkap
  3. Sarana, parasarana, dan peralatan
  4. Dukungan sumber dana yang jauh dari kata cukup
  5. Standar kompetensi dan syarat minimum ketuntasan belajar
  6. Alokasi waktu latihan yang masih minim
  7. Misi, visi, dan tujuan pendidikan
  8. Penentu kebijakan pembangunan olahraga pendidikan
Kurang lebih itulah dia beberapa kelebihan dan kekurangan pendidikan jasmani. Semoga bisa kalian pahami dengan mudah.

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami kali ini mengenai apa saja peran pendidikan jasmani lengkap beserta dengan pengertian, dan juga kelebihan dan kelemahannya. Semoga apa yang sudah kami jelaskan ini cukup lengkap dan dapat menjawab seluruh rasa keingintahuan kalian semua.

Apabila kalian merasa artikel yang kami tulis ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman ataupun kerabat kalian semua. Karena dengan begitu, kalian sudah membantu kami untuk lebih bersemangat lagi dalam menulis artikel yang berkualitas. Baiklah, sekian dulu dari kami sampai jumpa lagi dipostingan yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment