iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Pesawat Sederhana Bidang Miring: Rumus dan Contohnya

Pesawat Sederhana Bidang Miring

Pesawat Sederhana Bidang Miring – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai mata pelajaran Fisika. Kalian semua pasti pernah mendengar pesawat sederhana kan? Pesawat sederhana adalah suatu alat yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia atau untuk memperkecil suatu usaha. Terdapat tiga jenis pesawat sederhana, namun yang akan kami bahas kali ini adalah mengenai pesawat sederhana bidang miring. Jika kalian sudah penasaran mengenai pembahasan kali ini, silahkan disimak penjelasan dari kami dibawah ini.

Pesawat Sederhana Bidang Miring

Apa itu pesawat sederhana bidang miring? Pesawat sederhana bidang miring adalah suatu lintasan atau bidang yang memiliki tingkat kemiringan tertentu dan membentuk sudut terhadap permukaan mendatarnya. 

Benda yang memiliki massa yang berat menjadi lebih mudah dinaikkan apabila menggunakan bidang miring begitulah contoh penggunaan bidang miring dalam kehidupan sehari-hari. Gaya yang dibutuhkan tentu saja akan lebih kecil jika benda didorong di bidang miring, apabila dibandingkan dengan mengangkatnya secara langsung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bidang miring juga memiliki keuntungan mekanik. Dalam bidang miring berlaku ketentuan sebagai berikut:

  • Apabila semakin landai bidang miring, maka akan semakin kecil gaya yang dibutuhkan, namun jalan yang dilalui akan menjadi lebih panjang.
  • Apabila semakin curam suatu bidang miring, maka akan semakin besar gaya yang dibutuhkan, namun jalan yang dilalui akan menjadi lebih pendek.

Kurang lebih seperti itulah penjelasan kami mengenai pengertian pesawat sederhana bidang miring, semoga bisa kalian pahami dengan mudah.

Rumus Bidang Miring

Setelah kalian memahami pengertian pesawat sederhana bidang miring, alangkah lebih baiknya apabila kalian juga mempelajari mengenai rumus bidang miring. Berikut ini adalah rumus bidang miring yang perlu kalian pahami:

Fk x s = W x h

Keterangan:
Fk = Gaya kuasa (N)
s = Panjang bidang miring (m)
W = Berat benda (N)
h = Tinggi bidang miring (m)

Selain rumus bidang miring diatas, ada juga rumus keuntungan mekanik. Berikut ini adalah rumus keuntungan mekanik:

W / F = s / h

Contoh Pesawat Sederhana Dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini adalah macam-macam pesawat sederhana yang mempermudah kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari:

  • Bidang miring
  • Roda dan gandar
  • Tuas
  • Katrol
  • Baji
  • Sekrup
  • Roda Berporos
BACA JUGA: Macam Macam Magnet dan Contohnya



Contoh Soal Pesawat Sederhana Bidang Miring


1. Papan yang panjangnya 3,6 m disandarkan pada bak mobil yang berada 80 cm dari tanah. Papan tersebut akan digunakan untuk mendorong peti yang massanya 90 kg dari tanah ke bak mobil. Berapa keuntungan mekanis dan gaya dorongnya jika percepatan gravitasi ditempat tesebut 10 m/s2? 

Penyelesaian:
s = 3,6 m
h = 80 cm = 0,8 m
m = 90 kg
g = 10 m/s2

KM = s/h
KM = 3,6 m/0,8 m
KM = 4,5

w/F = s/h
m.g/F = s/h
90 kg.(10 m/s2)/F = 3,6 m/0,8 m
900 N/F = 4,5
F = 900 N/4,5
F = 200 N

2. Sebuah benda dengan berat 1800 N akan dinaikkan ke ketinggian 2,5 m. Jika keuntungan mekanis yang diharapkan adalah 6, berapakah jarak yang ditempuh benda pada bidang miring dan kuasa yang diperlukan untuk mendorong benda tersebut?

Penyelesaian:
w = 1.800 N
h = 2,5 m
KM = 6

KM = s/h
6 = s/2,5 m
s = 6 . 2,5 m
s = 15 m

KM = w/F
6 = 1.800 N/F
F = 1.800 N/6
F = 300 N

3. Dengan menggunakan papan yang panjangnya 4 m, pekerja mengerahkan gaya 1.250 N untuk memindahkan kotak ke langit-langit yang tingginya 2 m. Berapakah berat kotak itu?

Penyelesaian:
s = 15 m
F = 1.250 N
h = 2 m

w/F = s/h
w/1250 N = 4 m/2 m
w/1250 N = 2
w = 2 . 1250 N
w = 2500 N

Itulah dia 3 contoh soal pesawat sederhana bidang miring yang dapat kami sediakan kepada kalian semua pembaca setia blog pintarkan.

Penutup

Demikianlah tulisan kami kali ini mengenai pesawat sederhana bidang miring lengkap beserta rumus dan juga contohnya. Semoga dengan diterbitkannya artikel ini bisa menambah wawasan kalian semua sekaligus membantu penyelesaian tugas-tugas sekolah kalian. Kami juga berharap agar artikel ini memberikan manfaat yang besar untuk kalian semua.

Baiklah, apabila kalian merasa apa yang kami tulis ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman atau keluarga kalian yang membutuhkan. Karena dengan begitu, kalian sudah membantu mensupport kami agar terus lebih giat lagi dalam memberikan artikel yang bermanfaat kepada kalian semua. Baiklah, sekian dulu postingan kami kali ini. Sampai jumpa lagi dipostingan kami yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment