iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Pengertian Saprofag dan Contohnya

Pengertian Saprofag

Pengertian Saprofag – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai mata pelajaran Biologi. Kalian pasti pernah merasa kebingungan ketika bangkai hewan atau bahan organik yang telah mati tiba tiba menghilang begitu saja. Lalu kalian bertanya-tanya mengapa hal tersebut bisa terjadi. Hal tersebut bisa terjadi karena keberadaan hewan saprofag. Apa itu saprofag? Beberapa dari kalian pasti masih asing dengan istilah tersebut bukan? Oleh karena itu kami akan menjelaskan apa itu pengertian saprofag kepada kalian semua. Baiklah kalau kalian sudah penasaran, silahkan disimak penjelasan kami dibawah ini.

Pengertian Saprofag

Apa itu saprofag? Pengertian Saprofag adalah sebutan untuk hewan yang memakan bangkai hewan atau bahan organik yang sudah mati. Tentu saja keberadaan hewan saprofag ini sangat menguntungkan sekali karena apabila bangkai hewan mati ditumpuk terus menerus akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Berkat saprofag, bangkai hewan mati atau bahan organik yang mati bisa mereka makan sehingga tidak menumpuk.


Contoh Hewan Saprofag

  • Belatung
  • Kecoa
  • Lalat
  • Kumbang
Tahukah kalian kalau belatung sering digunakan dalam bidang kedokteran? Mengapa seperti itu? Karena belatung ini bisa membersihkan luka. Seperti yang kita ketahui, belatung atau yang bisa disebut larva ini adalah hewan yang memakan bahan organik. Belatung sendiri berasal dari lalat, sehingga tidak heran apabila lalat sering hinggap ditempat yang kotor lalu bertelur mengeluarkan belatung-belatung ini. Tak hanya itu saja, belatung juga sering dimanfaatkan untuk menandakan berapa lama waktu kematian makhluk hidup. Kecil, menjijikan, namun memberikan manfaat bukan?


Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai pengertian saprofag beserta dengan contohnya. Semoga kalian bisa memahami pengertiannya dengan jelas dan bisa memahami seberapa penting saprofag bagi lingkungan kita. Selain itu, semoga kalian juga bisa memberikan contoh hewan saprofag dengan mudah berdasarkan apa yang sudah kami jelaskan diatas.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman atau keluarga kalian agar bisa lebih bermanfaat bagi sesama. Selain itu, dengan membagikan artikel kami secara tidak langsung kalian sudah mensupport kami untuk selalu memberikan artikel yang berkualitas tinggi kepada kalian semua. Baiklah, sekian dulu dari kami sampai jumpa lagi dipostingan yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment