iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Pengertian Demokratisasi dan Contohnya

Pengertian Demokratisasi

Pengertian Demokratisasi – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai mata pelajaran PKN. Kalian semua tentunya pasti pernah mendengar kata demokratisasi namun tidak tahu apa artinya bukan? Oleh karena itulah kami tertarik untuk membuat artikel mengenai apa itu pengertian demokratisasi agar kalian bisa mengerti apa maksudnya. Baiklah, tanpa banyak basa-basi lagi langsung saja kita mulai ke pembahasannya.

Pengertian Demokratisasi

Apa itu demokratisasi? Pengertian demokratisasi adalah penerapan demokrasi dalam sebuah sistem politik pada kehidupan berbangsa dan bernegara. Demokratisasi ini dijadikan sebagai jalan keluar untuk mengembalikan hak-hak rakyat, itulah yang menyebabkan banyak rakyat menyukai demokrasi. Karena dengan begitu rakyat bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan politik, atau apapun. Kata demokrasi awalnya berasal dari yunani kuno pada abad ke 5 SM. Miriam Budiharjo berpendapat bahwa jika suatu negara ingin menerapkan sistem demokrasi politik, maka negara tersebut perlu terlebih dahulu melakukan pembentukan lembaga demokrasi yang bertujuan untuk menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam demokrasi. Lembaga-lembaga yang dimaksud tersebut diantaranya adalah partai politik, pers, lembaga perwakilan rakyat, pemerintah dan juga lembaga peradilan. Demikianlah pengertian demokratisasi yang harus kalian ketahui.

Ciri Ciri Demokrasi

Setelah kalian memahami apa itu pengertian demokratisasi, tentu saja kalian juga harus memahami ciri cirinya. Hal ini bertujuan agar kalian bisa semakin paham mengenai materi demokratisasi ini. Baiklah, berikut ini adalah ciri ciri demokratisasi:

  1. Demokrasi sebagai proses perubahan yang bersifat evolusioner. Evolusioner artinya adalah pelan-pelan atau berlangsung lama seperti yang telah dijelaskan di pengertian demokratisasi. 
  2. Demokrasi sebagai proses perubahan yang bersifat damai. Demokrasi harus dilakukan dengan cara yang damai, tertib dan tidak menggunakan cara kekerasan. Itulah sebabnya mengapa demokrasi harus dilakukan secara musyawarah, karena untuk menghindari terjadinya kerusuhan yang menyebabkan kekerasan karena perbedaan pendapat. Sehingga tujuan bisa tercapai dengan pikiran yang jernih.
  3. Demokrasi sebagai proses perubahan yang bersifat tidak pernah selesai. Tentu saja demokrasi ini tidak akan ada habisnya, karena diperlukan usaha yang terus menerus agar bisa mewujudkan suatu perubahan.
Kurang lebihnya seperti itulah 3 ciri ciri demokrasi yang perlu untuk kalian pahami.

Contoh Demokratisasi

Ada banyak sekali contoh demokratisasi yang bisa kita aplikasikan dikehidupan sehari-hari. Berikut ini sudah kami sediakan beberapa contoh demokratisasi yang bisa kalian terapkan:
  1. Berpartisipasi dalam kegiatan organisasi di sekolah.
  2. Menghargai pendapat orang lain.
  3. Mengatasi semua masalah dengan cara musyawarah.
  4. Menjadi pemimpin yang penuh kejujuran dan integritas.
  5. Lapang dada atas semua hasil keputusan.
  6. Tidak membeda-bedakan teman berdasarkan suku, ras, budaya dan juga agama.
  7. Mendahulukan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi.
Itulah dia 7 contoh demokratisasi yang harus kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berbuat seperti itu, maka hidup menjadi lebih tenang dan juga tertib.

Penutup

Demikianlah penjelasan kami kali ini mengenai materi pengertian demokratisasi lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini bisa kalian manfaatkan untuk belajar dan juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kami juga berharap agar tulisan kami ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah kalian.

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman sekolah kalian ataupun keluarga kalian agar bisa lebih bermanfaat. Selain menyebarkan ilmu, kalian juga sudah membantu kami untuk lebih bersemangat lagi dalam menulis artikel yang bermanfaat untuk kalian semua. Semoga kami bisa terus konsisten dalam menulis artikel yang berkualitas. Sekian dulu dari kami kali ini, sampai jumpa lagi dipostingan yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment