iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Contoh Bentuk Lembaga Pendidikan Formal

Contoh Bentuk Lembaga Pendidikan Formal

Contoh Bentuk Lembaga Pendidikan Formal – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai pengetahuan umum yang penting sekali untuk kalian ketahui. Kita semua diwajibkan untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Salah satu cara untuk menempuh pendidikan adalah dengan cara belajar di lembaga pendidikan formal. Namun tahukah kalian apa saja contoh bentuk lembaga pendidikan formal? Kalau belum tahu, maka ini adalah artikel yang tepat untuk kalian baca. Baiklah tanpa banyak bicara lagi, langsung saja kita mulai ke pembahasan utamanya.

Pengertian Lembaga Pendidikan

Sebelum kita membahas mengenai apa saja contoh bentuk lembaga pendidikan formal, alangkah lebih baiknya apabila kita memahami pengertiannya terlebih dahulu. Apa itu lembaga pendidikan? Lembaga pendidikan adalah tempat terjadinya proses pendidikan atau belajar mengajar yang bertujuan untuk mengubah tingkah laku suatu individu agar bisa menjadi lebih baik dengan cara melakukan berbagai macam interaksi di lingkungan sekitar. Lembaga pendidikan sendiri untuk saat ini ada 3 jenis, yaitu lembaga pendidikan formal, lembaga pendidikan nonformal dan juga lembaga pendidikan informal. Pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai lembaga pendidikan formal terlebih dahulu. Itulah dia pengertian lembaga pendidikan yang perlu kalian pahami.

Pengertian Lembaga Pendidikan Formal

Apa itu lembaga pendidikan formal? Lembaga pendidikan formal yaitu lembaga pendidikan yang diselenggarakan di sekolah. Mulai dari sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi. Demikianlah pengertian lembaga pendidikan formal yang bisa kami jelaskan.

Contoh Bentuk Lembaga Pendidikan Formal

Setelah memahami pengertiannya, sekarang kalian harus memahami apa saja contoh bentuk lembaga pendidikan formal. Berikut ini adalah contohnya:
  • Taman Kanak-kanak (TK)
  • Raudatul Athfal (RA)
  • Sekolah Dasar (SD)
  • Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  • Sekolah Menengah Pertama (SMP)
  • Madrasah Tsanawiyah (MTs)
  • Sekolah Menengah Atas (SMA)
  • Madrasah Aliyah (MA)
  • Sekolah Menengah Kejuruan SMK)
  • Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
  • Perguruan Tinggi, meliputi; Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Institut, dan Universitas.

Ciri Ciri Lembaga Pendidikan Formal

Sekarang kalian sudah memahami contoh bentuk lembaga pendidikan formal. Agar semakin mudah dalam membedakannya, kalian harus memahami ciri ciri lembaga pendidikan formal berikut ini:
  1. Terdapat persyaratan usia.
  2. Terdapat jadwal belajar.
  3. Terdapat jangka waktu tertentu untuk belajar.
  4. Dilakukan dalam kelas yang terpisah.
  5. Memiliki peraturan agar proses belajar bisa berjalan tertib dan terstruktur.
  6. Materi pembelajaran atau bahan ajar disusun berdasarkan kurikulum yang ditentukan.
  7. Materi pembelajaran atau bahan ajar bersifat akademis intelektual.
  8. Terdapat sistem rapor, evaluasi belajar dan juga ijazah.
  9. Sekolah memiliki anggaran pendidikan yang sudah dirancang untuk jangka waktu tertentu.
  10. Guru menggunakan berbagai macam metode pembelajaran kepada siswanya.

Tujuan Lembaga Pendidikan

Tentu saja dibuatnya lembaga pendidikan bukanlah tanpa tujuan. Tahukah kalian apa saja tujuan lembaga pendidikan? Kalau belum tahu berikut ini adalah tujuannya:
  • Untuk menanamkan ilmu kepada masyarakat.
  • Untuk mengembangkan bakat seseorang.
  • Untuk melatih keterampilan.
  • Untuk melestarikan kebudayaan.
  • Untuk mengurangi pendidikan orang tua, dalam artian orang tua tidak perlu bekerja lebih keras untuk memberikan pendidikan kepada anaknya. Karena pihak sekolah akan mendidik mereka.
  • Untuk menambahkan nilai pengembangan di masyarakat.
  • Memperpanjang masa remaja, karena disekolah para remaja bisa menikmati masa remajanya tanpa harus berpikiran bagaimana cara mencari nafkah yang membuat pemikiran mereka semakin dewasa atau menambah beban pikiran mereka.
  • Meningkatkan kualitas kepribadian.
  • Menjadi sumber inovasi sosial.
Itulah dia beberapa tujuan lembaga pendidikan yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua pembaca setia blog pintarkan.

Unsur Lembaga Pendidikan

Setelah memahami contoh bentuk lembaga pendidikan formal lengkap beserta dengan pengertian, ciri ciri dan tujuannya alangkah lebih baiknya apabila kalian juga memahami apa saja unsur lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan tentunya tidak akan bisa terbentuk tanpa adanya unsur ini. Kalau kalian belum tahu, berikut ini adalah unsurnya:
  1. Peserta didik: Tentu saja dalam membentuk suatu lembaga pendidikan diperlukan adanya peserta didik. Karena apabila tanpa peserta didik, siapa yang akan belajar dan yang akan guru ajar kalau begitu?
  2. Pendidik: Dalam membentuk suatu lembaga pendidikan diperlukan adanya pendidik untuk mengajar para peserta didik agar proses pembelajaran bisa berlangsung. Karena pendidik atau guru juga berperan untuk menggantikan orang tua ketika sedang disekolah.
  3. Interaksi: Tentunya untuk mencapai proses pembelajaran yang efektif, pendidik dan peserta didik harus berinteraksi sehingga proses pembelajaran bisa berlangsung dengan optimal serta peserta didik memahami apa yang disampaikan oleh pendidik.
  4. Alat dan Metode: Untuk mencapai proses pembelajaran yang efektif tentu saja dibutuhkan alat dan juga metode. Seperti alat tulis, kelas untuk belajar dan kebutuhan lainnya. Selain itu, pendidik juga harus menyiapkan metode pelajaran yang efektif untuk para peserta didik.
Itulah dia 4 unsur lembaga pendidikan yang harus ada dalam membentuk suatu lembaga pendidikan.

Penutup

Demikianlah artikel dari kami kali ini mengenai contoh bentuk lembaga pendidikan formal lengkap beserta pengertian, ciri ciri, tujuan, dan juga unsurnya. Semoga apa yang kami sajikan ini bisa memberikan manfaat yang sangat besar dan yang paling penting adalah bisa kalian pahami dengan mudah. 

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini apabila dirasa bermanfaat dan menjawab rasa penasaran kalian. Karena dengan membagikan, kalian sudah membuat kami untuk selalu bersemangat dalam menulis artikel yang bermanfaat dan berkualitas kepada kalian semua. Baiklah, sekian dulu dari kami. Sampai jumpa lagi dipostingan yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment