iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Cara Menentukan Kalimat Utama

Cara Menentukan Kalimat Utama

Cara Menentukan Kalimat Utama –  Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai mata pelajaran bahasa indonesia nih. Kalian tentunya pasti pernah dong menemukan soal tentang menentukan kalimat utama dari suatu teks, namun tahukah kalian bagaimana caranya? Jika kalian masih banyak yang belum tahu bagaimana caranya, maka ini adalah artikel yang sangat tepat sekali untuk kalian baca. Ya, kami akan membahas bagaimana cara menentukan kalimat utama secara lengkap dan jelas. Baiklah kalau kalian sudah penasaran, yuk kita mulai ke pembahasannya.

Pengertian Kalimat Utama

Sebelum kalian mengetahui cara menentukan kalimat utama, tentunya kalian harus paham terlebih dahulu mengenai pengertian kalimat utama itu sendiri. Apa itu Kalimat Utama? Kalimat utama adalah suatu kalimat yang berisi pokok utama atau ide utama dari suatu teks atau paragraf. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kalimat utama ini berisi sifat umum atau kesimpulan isi dari suatu teks atau paragraf tersebut. Namun perlu kalian ketahui, bahwa kalimat utama ini tidak selalu terdapat di awal paragraf. Letaknya bermacam-macam, ada yang di awal, di tengah, ataupun di akhir paragraf. Jadi jangan sampai salah artian ya! Itulah dia pengertian kalimat utama yang perlu untuk kalian pahami.

Ciri Ciri Kalimat Utama

Setelah kalian memahami apa pengertian kalimat utama, sekarang kalian juga harus memahami apa saja ciri ciri kalimat utama. Tentu saja ini sangat penting sekali sebelum kalian lanjut ke pembahasan mengenai cara menentukan kalimat utama, karena akan mempermudah kalian selanjutnya. Baiklah, berikut ini adalah ciri cirinya:
  • Kalimat utama biasanya mengandung hal yang sangat umum, sehingga bisa dikembangkan.
  • Kalimat utama biasanya terdapat inti permasalahan yang bisa dikembangkan untuk diberikan penjelasan secara rinci.
  • Kalimat utama bisa berdiri sendiri dan memiliki arti yang jelas, jadi tidak memerlukan konjungsi antar kalimat.
  • Letak kalimat utama tidak selalu di awal paragraf (deduktif), tapi bisa juga di akhir paragraf (induktif). Biasanya, kalimat utama pada akhir paragraf diawali dengan kata jadi atau dengan demikian.

Cara Menentukan Kalimat Utama

Setelah kalian sudah memahami semua penjelasan kami diatas, maka sekarang kalian sudah siap untuk menerima materi mengenai pembahasan utama kita yaitu bagaimana cara menentukan kalimat utama. Baiklah, bagi kalian yang sudah penasaran berikut ini adalah caranya:
  1. Kalian harus membaca kalimat pertama dan terakhir dalam suatu paragraf.
  2. Tentukan ide utama yang terdapat pada kalimat tersebut.
  3. Apabila kalian sudah menemukan, maka kalimat yang mengandung ide utama itulah yang dapat disebut sebagai kalimat utama.

Cara Menentukan Ide Pokok atau Kesimpulan Paragraf

Apabila bicara tentang ide pokok, maka kalian harus bisa menemukan kesimpulan dari suatu paragraf. Caranya sangat mudah sekali apabila kalian bisa membacanya secara teliti. Berikut ini adalah caranya:
  1. Kalian harus membaca suatu paragraf dari awal sampai akhir.
  2. Pahami paragraf tersebut lalu carilah ide utama dari paragraf tersebut.
  3. Setelah itu barulah kalian bisa menarik kesimpulan dari ide-ide pokok yang sudah kalian dapatkan.
Itulah dia bagaimana cara menentukan kalimat utama dan juga ide pokok atau kesimpulan paragraf. Semoga bisa kalian pahami dengan mudah. Agar kalian bisa lebih cepat pahamnya, kami juga sudah menyediakan beberapa contoh soal yang bisa kalian kerjakan untuk latihan. Silahkan simak soalnya dibawah ini.

BACA JUGA: Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

Contoh Soal Menentukan Kalimat Utama

1. (1) Seiring berjalannya waktu, banyak hal mengalami kemajuan. (2) Hal yang paling menakjubkan adalah bahwa kemajuan teknologi dalam semua aspek kehidupan menjadi semakin kompleks. (3) Selain itu, secara ekonomi, masyarakat juga dapat semakin menggunakan teknologi informasi dan teknologi kesehatan. (4) Salah satunya adalah pengolahan herbal yang saat ini menggunakan teknologi.
Kalimat utama paragraf diberi nomor 

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

2. (1) Orang yang akan pensiun tidak perlu gugup. (2) Penduduk berarti tidak bekerja, tetapi dibayar (3) Tidak lagi melayani berarti mereka tidak memiliki pikiran yang bekerja dan banyak waktu luang untuk bersantai Waktu dapat dioptimalkan untuk bersantai melalui berbagai kegiatan aktif dan produktif, dan tentu saja orang tidak terpengaruh oleh stres.
Kalimat utama paragraf adalah angka

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

3. (1) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah berulang kali menjelaskan bahwa sekolah dengan sertifikasi A atau RSBI sebelumnya memberikan prioritas pada kurikulum 2013. (2) Keterjangkauan distribusi buku juga merupakan persyaratan bagi sekolah untuk menerapkan kurikulum 2013. (3) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga menjelaskan bahwa fokus kurikulum 2013 adalah pada empat aspek. (4) Keempat hal ini adalah pengembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan karakter berdasarkan metode ilmiah.
Kalimat utama paragraf adalah 

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

4. 
1) Deforestasi adalah penyebab utama perusakan habitat kupu-kupu.

2) Setiap kupu-kupu sangat tergantung pada pohon tertentu.

3) Jika lebih banyak pohon ditebang, jumlah spesies kupu-kupu di Indonesia akan berkurang.

4) Indonesia tidak lagi menyebut “negara kupu-kupu”.

Kalimat utama paragraf adalah angka 

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

5. (1) Selama Mei 2010, Aremania mengumpulkan sumbangan. (2) Dana tersebut digunakan untuk membeli beras, gula, teh, kopi, mie instan, dan kebutuhan lainnya. (3) Setelah itu, mereka membagikan materi ke panti asuhan. (4) Buktikan bahwa Aremania adalah pendukung dengan perhatian sosial.
Kalimat utama paragraf adalah angka 

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Itulah beberapa contoh soal menentukan kalimat utama yang bisa kalian pakai sebagai latihan. Karena dengan latihan, kalian akan cepat terbiasa dan bisa lebih mudah dalam menentukan kalimat utama. 

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami kali ini mengenai bagaimana cara menentukan kalimat utama yang baik dan benar, lengkap beserta pengertian, ciri ciri, dan juga contoh soalnya. Semoga artikel ini bisa kalian manfaatkan sebaik-baiknya untuk berlatih sekaligus menambah ilmu kalian. Kami juga berharap artikel yang sudah kami buat ini sudah jelas, lengkap dan bisa kalian pahami dengan mudah.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini apabila dirasa bermanfaat dan sangat membantu kalian. Karena dengan membagikan artikel ini, kalian sudah menyebarkan kebaikan sekaligus membuat kami bersemangat lagi dalam menulis artikel yang bermanfaat. Baiklah, sekian dulu dari kami. Sampai jumpa lagi dipostingan kami yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment