iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Sifat Wajib Nabi dan Rasul Beserta Sifat Mustahilnya

Sifat Wajib Nabi dan Rasul

Sifat Wajib Nabi dan Rasul – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini, kami masih akan membahas mengenai mata pelajaran Agama Islam nih. Seperti yang terdapat pada rukun iman yang ke-4 adalah Iman kepada Rasul Allah. Tentunya kalian sudah sering sekali mendengar kata rasul kan? Namun, tahukah kalian apa saja sifat wajib nabi dan rasul? Kami yakin masih banyak sekali diantara kalian yang masih kebingungan mengenai hal ini. Itulah yang menjadikan kami tertarik untuk membahas ini. Baiklah, jika kalian semua sudah penasaran mari kita mulai ke pembahasan utamanya.

Sifat Wajib Nabi dan Rasul

Terdapat 4 sifat wajib nabi dan rasul yang perlu untuk kalian ketahui, diantaranya adalah sidiq, amanah, tabligh dan juga fathanah. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai ke-4 sifat tersebut silahkan baca penjelasan kami dibawah ini:

1. Sidiq

Apa itu sidiq? Sidiq dalam bahasa arab artinya adalah jujur atau benar. Dengan ini, kita dapat menyimpulkan bahwa sifat wajib nabi dan rasul ini adalah selalu berkata sesuatu yang benar atau jujur ketika menyampaikan perintah Allah kepada para umatnya. Sehingga para umatnya bisa mempercayai ucapan yang disampaikan oleh rasul Allah. Jadi, mustahil sekali apabila rasul bersifat dusta karena apabila begitu para umatnya pun akan menjadi pendusta dan menjadi tersesat.

2. Amanah

Apa itu amanah? Amanah dalam bahasa arab artinya adalah dapat dipercaya. Seperti yang sudah kami bilang barusan bahwa tentu saja apa yang dikatakan oleh para nabi dan rasul sudah pasti dapat dipercaya. Sehingga para umatnya tentu percaya ketika rasul menyampaikan perintah dari Allah. Itulah sebabnya amanah termasuk kedalam sifat wajib nabi dan rasul.

3. Tabligh

Apa itu tabligh? Tabligh dalam bahasa arab artinya adalah menyampaikan. Itulah sebabnya nabi dan rasul selalu menyampaikan perintah atau wahyu yang diberikan oleh Allah kepada para umatnya. Dengan begitu para umat manusia bisa menjadikannya sebagai pedoman hidup, agar hidup mereka menjadi memiliki aturan dan tidak tanpa arah.

4. Fathanah

Apa itu fathanah? Fathanah dalam bahasa arab artinya adalah cerdas. Sehingga sudah jelas sekali bahwa nabi dan rasul yang dipilih oleh Allah ini adalah orang yang cerdas. Itu semua bukan tanpa alasan, karena agar mereka bisa memahami apa yang Allah perintahkan dengan mudah dan jelas. Sehingga mereka bisa menyampaikannya kepada umat manusia tanpa kesalahan sama sekali, tidak ada yang ditambahkan atau tidak ada yang dikurangi. Semuanya persis seperti apa yang Allah perintahkan.

Itulah dia 4 sifat wajib nabi dan rasul yang perlu untuk kalian pahami. Semoga apa yang sudah kami jelaskan ini sudah jelas dan mudah untuk kalian pahami.

BACA JUGA: Pengertian Akhlakul Karimah: Sikap dan Manfaatnya

Sifat Mustahil Nabi dan Rasul

Setelah memahami apa saja sifat wajib yang dimiliki nabi dan rasul, sekarang kalian juga harus mengetahui apa saja sifat mustahil nabi dan rasul. Berikut ini adalah diantaranya:

1. Kidzib

Apa itu Kidzib? Kidzib dalam bahasa arab artinya adalah bohong atau berdusta. Tentu saja hal ini sangat berbanding terbalik dengan sifat wajib nabi dan rasul. Nabi dan rasul tidak mungkin akan berbohong, karena mereka sudah diutus secara langsung oleh Allah.

2. Khianat

Apa itu Khianat? Khianat dalam bahasa arab artinya adalah tidak dapat dipercaya. Sangatlah mustahil apabila nabi dan rasul memiliki sifat khianat. Mengapa seperti itu? Karena seperti yang kita ketahui Allah menyuruh nabi dan rasul untuk menyampaikan apa yang dia perintahkan. Tentu saja itu sudah pasti bisa dipercaya.

3. Kitman

Apa itu Kitman? Kitman dalam bahasa arab artinya adalah menyembunyikan. Nabi dan rasul diperintahkan untuk menyampaikan pesan Allah dan tidak ada yang disembunyikan. Mereka akan menyampaikan sesuai dengan apa yang Allah sampaikan, tidak ada yang ditutup-tutupi atau ditambah-tambahi.

4. Baladah

Apa itu Baladah? Baladah dalam bahasa arab artinya adalah bodoh. Nabi dan Rasul adalah seseorang yang diutus oleh Allah, oleh karena itu sudah pasti mereka adalah orang-orang pilihan yang pintar dan dapat dipercaya. Tidak mungkin Allah mengutus orang yang bodoh, jadi baladah ini termasuk kedalam sifat mustahil nabi dan rasul.

Itulah dia ke-4 sifat mustahil nabi dan rasul yang harus kalian ketahui. Semoga dapat mencerahkan kita semua.

Penutup

Demikianlah artikel kami kali ini mengenai 4 sifat wajib nabi dan rasul lengkap beserta sifat mustahilnya. Semoga apa yang kami tulis ini bisa menambah wawasan kalian mengenai Agama Islam. Selain itu, kami juga berharap agar artikel kami ini bermanfaat dan dapat membantu kalian dalam mengerjakan tugas-tugas di sekolah.

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini apabila dirasa sangat bermanfaat dan membantu kalian. Karena dengan begitu, kalian sudah membantu kami sekaligus membuat kami lebih bersemangat lagi dalam menghasilkan konten yang berkualitas. Baiklah mungkin sekian dulu dari kami, sampai jumpa lagi dipostingan kami yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment