iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Peran Indonesia Dalam ASEAN

Peran Indonesia Dalam ASEAN

Peran Indonesia Dalam ASEAN – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai mata pelajaran Sejarah nih. Kalian pasti mengetahui atau pernah dengar mengenai ASEAN bukan? ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations atau dalam bahasa Indonesianya adalah Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. ASEAN ini adalah organisasi kawasan yang mewadahi kerjasama dengan 10 negara di Asia Tenggara. Kurang lebih seperti itulah penjelasan singkat mengenai ASEAN. Tapi, yang akan jadi pembahasan kami kali ini adalah mengenai apa saja peran Indonesia dalam ASEAN. Tentunya kalian sangat penasaran bukan? Kalau begitu yuk simak penjelasan kami dibawah ini.

Peran Indonesia Dalam ASEAN

1. Sebagai Salah Satu Pelopor Pendiri ASEAN

Perlu kalian ketahui bahwa Indonesia bukan hanya sebagai anggota saja di ASEAN. Melainkan Indonesia juga termasuk kedalam salah satu diantara lima negara yang menjadi pelopor pendiri ASEAN. Awal berdirinya ASEAN ini adalah pada saat Deklarasi Bangkok yang dimana deklarasi tersebut ditanda tangani oleh lima negara pelopor pendiri ASEAN yang diantaranya adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan juga Thailand. Berikut ini adalah nama kelima menteri beserta asal negaranya:
  • Adam Maliuk dari Indonesia.
  • Tun Abdul Razak dari Malaysia.
  • Rajaratnam dari Singapura.
  • Narsisco Ramos dari Filipina.
  • Thanat Koman dari Thailand.
Berikut ini adalah isi dari Deklarasi Bangkok:

  • Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara
  • Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional
  • Meningkatkan kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi
  • Memelihara kerja sama yang erat di tengah – tengah organisasi regional dan internasional yang ada
  • Meningkatkan kerja sama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara
  • Indonesia telah dianggap sebagai tulang punggung ASEAN oleh beberapa negara yang berada di luar ASEAN, dimana Indonesia telah mampu menciptakan stabilitas regional di kawasan Asia Tenggara.
Itulah alasan yang menjadikan mengapa peran Indonesia dalam ASEAN ini cukup penting.

2. Sebagai Tuan Rumah Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN

Selain sebagai salah satu pelopor pendiri ASEAN, Indonesia juga dipercaya untuk menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN (KTT ASEAN). 
Indonesia sebagai negara anggota ASEAN telah mendapatkan kepercayaan untuk mengadakan KTT ASEAN. KTT ASEAN yang diselenggarakan di Indonesia diantaranya adalah:
  • KTT ASEAN yang pertama diselenggarakan di Bali, Indonesia, pada tanggal 23 - 24 Februari 1976. Konferensi Tingkat Tinggi yang pertama ini menghasilkan kesepakatan mengenai pembentukan sekretariat ASEAN yang berlokasi di Jakarta. Sekretaris Jenderal atau Sekjen pertamanya adalah H. R.Dharsono.
  • KTT ASEAN yang ke-9 diselenggarakan di Bali, Indonesia, pada 7 - 8 Oktober 2003. Indonesia sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi yang ke-9 mengusulkan untuk membentuk Komunitas ASEAN atau ASEAN Community yang meliputi berbagai macam bidang seperti sosial, ekonomi, budaya, dan juga keamanan.
  • KTT ASEAN yang ke-18 diselenggarakan di Jakarta, Indonesia, pada 4 - 8 Mei 2011.
  • KTT ASEAN yang ke-19 diselenggarakan di Bali, Indonesia, pada 17 - 19 November 2011. Pada Konferensi Tingkat Tinggi ini menghasilkan keputusan kawasan bebas senjata nuklir di Asia Tenggara atau SEANWFZ yang merupakan singkatan dari Southeast Asia Nuclear Weapon Free Zone. 

3. Sebagai Salah Satu Pemimpin ASEAN

Indonesia pernah menjadi pemimpin ASEAN pada zaman Orde Baru atau pada saat Presiden Suharto masih menjadi presiden sekitar pada tahun 2004. Indonesia dikenal mampu menjalin kerjasama yang sangat baik dengan negara-negara dibagian Asia Tenggara. Pada acara ASEAN ministerial meeting yang ke 5, Indonesia memperkenalkan doktrin ketahanan nasional melalui menteri luar negeri yaitu Adam Malik yang bertujuan untuk mempertegas tujuan ASEAN.

BACA JUGA: Daftar Negara Maju di Benua Amerika Lengkap

Indonesia juga mengajak para anggota ASEAN untuk melakukan evaluasi terhadap kesepakatan ekonomi yang sudah terjadi sebelumnya yang dimana hal tersebut berkaitan dengan program kerjasama diberbagai bidang. Sehingga bisa disimpulkan hingga saat ini Indonesia sudah berhasil menyelenggarakan berbagai macam acara seperti:
  • Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN (ASEAN Ministerial Meeting)
  • Forum Kawasan ASEAN (ASEAN Regional Forum)
  • Pertemuan kementerian kawasan yang membahas tentang penanggulangan berbagai masalah yang terjadi.

4. Menciptakan perdamaian di kawasan Asia Tenggara

Peran Indonesia dalam ASEAN juga adalah menciptakan perdamaian di kawasan Asia Tenggara, seperti meredakan konflik-konflik yang dialami oleh para negara anggota ASEAN. Sebagai contoh, pada tahun 1987 Indonesia pernah mendamaikan konflik diantara Kamboja dengan Vietnam. Pada acara Konferensi Paris di tahun 1991, Kamboja dan Vietnam sepakat untuk berdamai berkat Indonesia yang menjadi penengah pada saat itu.

Selain itu juga, Indonesia juga pernah menjadi penengah diantara Moro National Front Liberation dengan pemerintah Filipina sehingga kedua belah pihak sepakat untuk berdamai dipertemuan yang diadakan di Indonesia.

Itulah dia ke 4 peran Indonesia Dalam ASEAN yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua.

Penutup

Tidak terasa kita sudah sampai di akhir pembahasan kita kali ini mengenai apa saja peran Indonesia dalam ASEAN. Semoga penjelasan dari kami ini cukup jelas dan bisa kalian pahami dengan mudah. Kami juga berharap agar tulisan kami ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah kalian semua.

Jangan lupa untuk bantu kami dengan cara membagikan artikel ini ke teman-teman kalian semua agar bisa lebih bermanfaat. Kami juga akan berterima kasih karena itu akan membuat kami lebih semangat lagi untuk menulis artikel yang berkualitas. Baiklah, sekian dulu dari kami. Sampai jumpa lagi di postingan yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment