iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Pengertian Seni Abstrak: Sejarah, Ciri Ciri, Aliran dan Tokoh

Pengertian Seni Abstrak

Pengertian Seni Abstrak – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini, kami masih akan membahas mengenai mata pelajaran seni. Kalian tentunya pasti pernah mendengar mengenai seni abstrak kan? Mungkin kalian sering melihatnya dalam bentuk lukisan. Namun tahu kah kalian apa pengertian seni abstrak sebenarnya? Kalau diantara dari kalian masih ada yang belum mengetahuinya, maka artikel ini sangat tepat sekali untuk kalian baca. Baiklah, tanpa banyak bicara lagi langsung saja kita mulai ke pembahasan utamanya.

Pengertian Seni Abstrak

Apa itu seni abstrak? Seni abstrak adalah seni tanpa wujud yang biasanya bentuk dari seni abstrak ini tidak bisa atau belum pernah kita kenali sebelumnya. Seni abstrak biasanya menggunakan warna atau bentuk yang menjadi bentuk ekspresi para seniman sehingga seni ini terkesan sangat unik sekali. Selain itu, bentuk yang terdapat pada seni abstrak juga tidak berkaitan dengan bentuk apapun. Itulah yang menjadikan kenapa seni abstrak ini tidak bisa kita kenali dan itulah yang menjadi ciri khas dari seni ini. Kurang lebih seperti itulah penjelasan kami mengenai pengertian seni abstrak.

Sejarah Seni Abstrak

Setelah kalian memahami mengenai pengertiannya, alangkah lebih baik apabila kalian juga mengetahui bagaimana sejarah munculnya seni abstrak ini. Sejarah seni abstrak ini sejak dahulu sudah berhubungan dengan gambar. Bisa kita lihat, dari peninggalan nenek moyang kita sudah banyak terdapat gambar pada dinding gua yang memiliki berbagai macam makna. Kemudian seiring berkembangnya zaman, manusia di dunia ini mulai mengenal seni lukis. Hingga muncul lah lukisan abstrak, karena orang beranggapan lukisan abstrak ini mudah sekali untuk dibuat.

Lukisan pada zaman dahulu biasanya dibuat menggunakan alat-alat yang sederhana seperti kapur atau arang, dan mereka biasanya mengaplikasikannya ke dinding-dinding gua. Namun pada kenyataannya, seni abstrak ini tidak semudah yang kita pikirkan. Karena dalam membuat seni abstrak ini meskipun gambarnya tidak jelas, namun itu bukan berarti membuatnya secara asal-asalan. Karena itu sebenarnya adalah sebagai sarana para seniman untuk mengekspresikan perasaannya ketika melukis.

BACA JUGA: Gerak Tari Merak dan Pola Lantainya

Sehingga sangatlah tidak heran, apabila terdapat banyak sekali peninggalan zaman pra-sejarah yang berupa coretan pada dinding, batu, ataupun simbol-simbol. Karena mungkin pada saat itu manusia zaman pra-sejarah senang untuk melukis untuk mengekspresikan diri dan juga mengisi kegiatannya. Bahkan peninggalan-peninggalan tersebut tentu saja memiliki makna yang tersirat didalamnya. Hingga tiba pada saat ini, sudah banyak sekali seniman-seniman hebat yang menghasilkan karya seni abstrak yang sangat luar biasa dan bahkan terjual dengan harga yang sangat tinggi. Itulah dia sejarah seni abstrak yang bisa kami jelaskan kepada kalian semua.

Ciri Ciri Seni Abstrak

Sekarang kalian sudah memahami dengan jelas mengenai pengertian seni abstrak dan juga sejarahnya. Sekarang kalian juga harus memahami apa saja ciri ciriri dari seni abstrak, agar kalian bisa semakin mengerti materi ini. Ciri Ciri seni abstrak paling menonjol adalah bentuknya tidak pernah kita kenali dan tidak berhubungan dengan bentuk apapun. Biasanya terdapat berbagai macam warna dalam pembuatannya dan umumnya menggunakan cat air. Meskipun terkesan tidak jelas, namun itulah yang menjadi keunikannya. Seni abstrak biasanya melambangkan emosi para seniman pembuatnya, sehingga tentu saja bentuk lukisan abstrak ini akan selalu berbeda-beda tergantung ekspresi pembuatnya. Sehingga sangatlah tidak heran apabila lukisan abstrak ini seringkali terjual dengan harga yang sangat tinggi karena lukisannya bernilai eksklusif dan tidak ada yang menyamai.

Aliran Seni Abstrak

Terdapat dua jenis aliran seni abstrak yang diantaranya adalah seni abstrak kubistis dan juga seni abstrak nonfiguratif. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai keduanya silahkan dibaca dibawah ini.
  • Seni Abstrak kubistis adalah seni abstrak yang bentuknya geometrik murni. Sebagai contohnya adalah segitiga, segi empat, lingkaran dan juga kubus.
  • Seni Abstrak Nonfiguratif adalah seni abstrak yang teknik melukisnya murni dari ungkapan perasaan seniman tersebut. Biasanya terdiri dari garis dan juga warna.
Itulah dia 2 aliran seni abstrak yang perlu kalian pahami.

Tokoh Abstraksionisme di Indonesia

Setelah memahami pengertian seni abstrak, sejarah, ciri-ciri, dan juga alirannya sekarang kalian juga harus mengetahui siapa saja tokoh abstraksionisme di Indonesia. Kalian harus tahu bahwa di Indonesia ini terdapat banyak sekali seniman-seniman yang berbakat. Berikut ini adalah diantaranya:

  1. Affandi: Affandi kurang lebih hingga saat ini memiliki 2000 macam karya dengan gaya khas romantisme dan ekspresionisnya. Menariknya, Affandi ini tak hanya dikenal di Indonesia saja melainkan sudah sampai tingkat Internasional. Hebat sekali bukan?
  2. Fadjar Sidik: Fadjar sidik dikenal dengan lukisannya yang elegan, dia melukis abstrak dengan cara memadukan dinamika ruang atau membentuk kotak dan juga bulat.
  3. Abas Alibasyah: Abas Alibasyah ini dikenal sebagai seorang yang gemar berorganisasi, berjuang dan juga pemikir hebat. Selain itu, dia juga adalah seorang pelukis yang terkenal.
  4. Achmad Sadali: Achmad Sadali pernah menjadi 3 orang terbaik dalam acara pameran lukisan di Taman Mini Indonesia Indah. Karyanya dikenal dengan kombinasi warna emasnya dalam lukisan abstrak buatannya.
  5. Nashar: Nashar adalah seorang pelukis abstrak yang menggunakan seluruh jiwa atau ekspresi dalam dirinya tanpa menggunakan konsep, teknik dan juga objek.
Demikian ke 5 tokoh abstraksionisme di Indonesia yang perlu untuk kalian ketahui. Semoga dapat membantu kalian dalam mengerjakan tugas sekolah.

Penutup

Kami rasa dicukupkan sekian dulu pembahasan kami kali ini mengenai pengertian seni abstrak lengkap beserta dengan sejarah, ciri-ciri, aliran, dan juga tokohnya. Semoga artikel yang kami sajikan ini cukup lengkap dan dapat dijadikan referensi dalam penyelesaian tugas-tugas sekolah kalian semua.

Apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat dan membantu kalian, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kalian atau keluarga kalian agar bisa semakin bermanfaat. Selain itu, kami juga akan semakin semangat lagi dalam menulis artikel yang bermanfaat dan berkualitas tinggi kepada kalian semua pembaca setia blog Pintarkan. Baiklah, mungkin sekian dulu dari kami kali ini. Sampai jumpa lagi dipostingan yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment