iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Pengertian Ragam Hias: Fungsi, Pola dan Jenis Jenis

Pengertian Ragam Hias

Pengertian Ragam Hias – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan kalian penjelasan mengenai mata pelajaran Seni. Beberapa diantara kalian mungkin ada yang senang mengoleksi berbagai macam hiasan. Seperti yang kita ketahui, ada beragam hiasan di dunia ini. Masalahnya, apakah kalian tahu mengenai pengertian ragam hias dan juga apa saja jenisnya? Tentunya pasti masih ada diantara kalian yang masih belum mengetahui hal tersebut, oleh karena itu kami tertarik untuk membahas materi ragam hias ini. Baiklah tanpa banyak basa-basi lagi langsung saja kita mulai ke pembahasannya.

Pengertian Ragam Hias

Apa itu ragam hias? Ragam hias adalah macam macam gambar bentuk hias (motif) yang biasanya dibuat secara berulang untuk mengisi area kosong pada suatu karya seni, biasanya memiliki berbagai macam pola. Ragam hias atau yang bisa disebut sebagai ornaen ini biasanya terdapat diberbagai macam karya seni guci, karya seni berbahan kulit atau kain dan juga pada berbagai macam furnitur yang terbuat dari kayu.

Dengan adanya ragam hias, tentu saja akan menambah aspek keindahan dari suatu karya seni karena ragam hias ini mengisi bidang yang kosong dengan pola-pola yang memanjakan mata. Selain itu, di Indonesia juga masih banyak ragam hias tradisional yang biasanya berisikan tentang flora, fauna, dan juga lingkungan alam di Indonesia. Sehingga biasanya di beberapa daerah akan memiliki ciri khas masing-masing untuk desain ragam hias atau ornamennya. Jadi seperti itulah penjelasan dari kami mengenai pengertian ragam hias.

Fungsi Ragam Hias

Fungsi yang paling utama sudah pasti adalah untuk menghias, karena setiap manusia cenderung akan menyukai sesuatu yang memiliki ragam hias atau ornamen yang bagus dan memanjakan mata. Sebagai contoh ornamen pada pakaian, akan membuat orang-orang yang melihatnya lebih tertarik apabila ornamennya bagus.

Selain itu, fungsi ragam hias juga bisa menjadi ciri khas dari suatu daerah. Sebagai contoh adalah dalam pembuatan ornamen pada kain batik. Sebagai contoh, kami akan mengambil contoh motif batik mega mendung. Ornamen batik mega mendung ini sudah terkenal sekali karena bentuknya yang khas, maka orang secara otomatis akan mengenali bahwa batik tersebut adalah batik mega mendung yang berasal dari daerah cirebon. Selain fungsi estetika, biasanya ragam hias juga memiliki berbagai macam makna simbolis dan mengandung nilai budaya masyarakat disekitarnya.

Pola Ragam Hias

Mungkin beberapa diantara kalian ada yang menyadarinya bahwa pola ragam hias ini biasanya berulang dan juga tampak teratur dan terukur. Seperti yang sudah kami jelaskan di pengertian ragam hias, ragam hias atau ornamen biasanya digunakan untuk mengisi bidang kosong pada suatu karya seni. Uniknya, meskipun ornamennya berulang namun tidak mengurangi unsur keindahannya.

BACA JUGA: Contoh Seni Rupa Murni dan Pengertiannya

Sebagai bayangan, pola ragam hias biasanya berulang dan juga memiliki ukuran yang berbeda. Selain itu, ada juga yang menggunakan pola arah yang berbeda seperti zigzag, menyilang, ataupun mengikuti bentuk lingkaran. Bahkan dalam beberapa motif batik ada juga yang bentuk polanya hanya horizontal atau diagonal saja. Memang terkesan simpel, tapi tetap saja sangat indah sekali untuk dipandang. Mengapa seperti itu? Karena para pembuatnya selalu memperhatikan keseimbangan dari pola ragam hias tersebut, sehingga pengulangannya terlihat proporsional dan tetap indah dipandang.

Jenis Jenis Ragam Hias

Seperti yang sudah kami jelaskan di pengertian ragam hias, terdapat banyak sekali jenis jenis ragam hias yang ada di dunia ini. Tahu kah kalian ada apa saja? Kalau belum tahu silahkan simak penjelasan kami dibawah ini.

1. Pengertian Ragam Hias Fauna (Hewan)

Pengertian Ragam Hias Fauna

Apa itu ragam hias fauna? Pengertian Ragam hias fauna adalah ragam hias atau ornamen yang polanya berbentuk berbagai macam hewan seperti ikan, gajah, harimau, ayam ataupun hewan lainnya. Untuk di Indonesia, ragam hias fauna biasanya tergantung pada hewan khas yang ada pada suatu daerah, misalnya motif komodo untuk daerah NTT, motif cendrawasih untuk daerah Papua, dan juga motif gajah untuk daerah lampung. Selain itu, umumnya ragam hias fauna ini dipadukan dengan ragam hias flora dan juga geometris agar terkesan lebih indah.

2. Pengertian Ragam Hias Flora (Tumbuhan)

Pengertian Ragam Hias Flora

Apa itu ragam hias flora? Pengertian ragam hias flora adalah ragam hias atau ornamen yang polanya berbentuk berbagai macam tumbuhan. Rata-rata para pembuatnya membuat motif yang mirip seperti tumbuhan aslinya namun tak jarang juga ada ragam hias flora yang didesain berbeda dari aslinya. Ragam hias flora ini bisa kalian temui dengan mudah di seluruh Indonesia, terutama yang paling sering ditemukan adalah di motif kain batik.

3. Pengertian Ragam Hias Geometris

Pengertian Ragam Hias Geometris

Apa itu ragam hias geometris? Pengertian ragam hias geometris adalah ragam hias atau ornamen yang mengandung unsur bidang, garis, sudut dan juga ruang. Garis-garis tersebut bisa dibuat menjadi berbagai macam bentuk seperti zig-zag, melengkung, spiral atau bahkan garis lurus. Ragam hias geometris juga bisa terdiri dari bentuk seperti persegi, lingkaran, segitiga, persegi panjang dan juga bentuk lainnya. Kemudian bentuk atau pola tersebut akan dikombinasikan agar bisa menghasilkan suatu ragam hias yang bagus dan indah dipandang mata.

4. Pengertian Ragam Hias Figuratif

Pengertian Ragam Hias Figuratif

Apa itu ragam hias figuratif? Pengertian ragam hias figuratif adalah ragam hias atau ornamen yang menggunakan manusia sebagai objeknya. Bisa dibilang ragam hias figuratif ini adalah meniru bentuk tubuh manusia. Tentu saja para pembuatnya biasanya mengombinasikan dengan macam-macam ragam hias lainnya agar bisa terlihat lebih menarik. Ragam hias figuratif ada beberapa jenis lagi yang diantaranya adalah berbentuk 2 dimensi dan juga berbentuk 3 dimensi.
Dalam teknik pembuatan ragam hias figuratif 2 dimensi, biasanya menggunakan teknik menggambar atau melukis seperti pada biasanya. Namun untuk pembuatan ragam hias figuratif 3 dimensi, para pembuat biasanya menggunakan bantuan software seperti Corel Draw, Adobe Illustrator dan juga Adobe Photoshop dalam mendesain ragam hias atau ornamennya.

Demikianlah 4 jenis jenis ragam hias yang bisa kami jelaskan kepada kalian semua. Semoga penjelasan kami cukup rinci dan bisa kalian pahami dengan mudah.

Penutup

Mungkin sekian dulu penjelasan yang bisa kami sampaikan kali ini mengenai pengertian ragam hias lengkap beserta fungsi, pola, dan jenis jenisnya. Semoga tulisan kami kali ini bisa memberikan manfaat yang sangat besar terutama dapat menambah ilmu pengetahuan kalian semua para pembaca setia blog Pintarkan.

Mohon maaf apabila terdapat kesalahan penulisan kata dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kalian semua agar bisa lebih bermanfaat. Selain itu, dengan begitu kalian juga sudah membantu kami agar bisa lebih semangat dalam menulis artikel yang berkualitas. Sekian dari kami, sampai jumpa dipostingan yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment