iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Pengertian Brakidaktili: Penyebab dan Cara Mengatasi

Pengertian Brakidaktili

Pengertian Brakidaktili – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai mata pelajaran Biologi. Lebih tepatnya sekarang kami akan membahas salah satu kelainan pada jari yang disebut dengan brakidaktili. Apakah kalian sudah pernah mendengar kelainan tersebut? Kalau belum, berarti ini adalah artikel yang tepat sekali untuk kalian baca. Baiklah kalau kalian sudah penasaran, langsung saja kita mulai ke pembahasan utamanya.

Pengertian Brakidaktili

Apa itu brakidaktili? Kami yakin pasti beberapa diantara kalian masih banyak yang belum mengetahui kelainan pada jari yang satu ini. Pengertian Brakidaktili adalah salah satu kelainan jari yang disebabkan oleh pewarisan gen dominal autosomal. Ciri ciri yang menandakan seseorang memiliki kelainan brakidaktili adalah apabila terdapat jari-jari tangan ataupun kaki yang tidak normal, atau dalam artian memendek karena disebabkan oleh pemendekan ruas-ruas tulang jari. Kurang lebih seperti itulah pengertian brakidaktili yang bisa kami jelaskan.

Penyebab Brakidaktili

Perlu kalian ketahui bahwa kelainan brakidaktili ini kemungkinannya bisa dibilang cukup kecil sekali. Menurut hasil riset, perbandingannya hanya 1 dari 4000 kelahiran bayi saja. Seperti yang sudah kami jelaskan di pengertian brakidaktili bahwa umumnya pengidap kelainan brakidaktili ini memiliki ukuran jari yang lebih pendek namun ada juga beberapa kasus terdapat satu atau dua jari yang hilang.

Tentu saja kondisi tersebut sungguh memprihatinkan, mengingat kita sangat bergantung pada jari-jari yang ada ditangan kita. Namun itu semua bukan berarti pengidap brakidaktili tidak bisa berbuat apa-apa, mereka tetap bisa beraktivitas seperti orang-orang hanya saja mereka lebih spesial dimata tuhan.

BACA JUGA: Perbedaan Gonosom dan Autosom: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Tahukah kalian apa penyebab brakidaktili? Brakidaktili bisa terjadi karena seseorang mengalami kekerdilan pertumbuhan yang menyebabkan kelainan brakidaktili. Selain itu, brakidaktili juga disebabkan oleh kelainan gen, umumnya penderita brakidaktili memiliki gen dengan keadaan heterozigot (Bb). Seseorang yang memiliki gen dalam keadaan homozigot dominan atau (Bb) bisa menyebabkan kematian pada embrio sehingga akan menyebabkan kelahiran bayi yang tidak normal. Tak hanya itu saja, apabila dalam keadaan heterozigot hanya mempunyai dua ruas jari, oleh karena itu ruas jari bagian tengah akan pendek dan menyatu dengan ruas jari lainnya sehingga terlihat seperti tidak ada jari. Kurang lebihnya, itulah dia beberapa penyebab brakidaktili. Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada cara untuk mengatasi brakidaktili. Jika kalian sudah penasaran, silahkan baca penjelasan kami dibawah ini.

Cara Mengatasi Brakidaktili

Bagi kalian para ibu yang sedang mengandung, jangan lupa untuk selalu cek kondisi kandungan kalian ke dokter, selain itu kalian juga harus mengetahui bagaimana cara mengatasi brakidaktili. Berikut ini adalah beberapa caranya:

1. Operasi Pemanjangan Ruas Jari

Mungkin cara yang satu ini terdengar cukup menyeramkan bagi sebagian orang, namun ini adalah salah satu cara mengatasi brakidaktili. Tentu saja terdapat beberapa proses sebelum dilakukan operasi pemanjangan ruas jari, dokter akan melakukan cek terlebih dahulu apakah pasien tersebut layak untuk menjalani operasi tersebut. Hal tersebut bertujuan agar tidak terdapat kendala setelah proses operasi pemanjangan ruas jari tersebut dikemudian hari.

2. Terapi Fungsi Jari

Apabila penderita takut untuk menjalani operasi, mungkin cara mengatasi brakidaktili yang satu ini bisa menjadi solusi yaitu dengan melakukana terapi fungsi jari. Terapi fungsi jari bertujuan untuk membiasakan jari dalam artian untuk menggantikan fungsi jari yang tidak ada akibat brakidaktili. Sehingga penderita akan bisa terbiasa untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan kondisi seperti itu. Itulah dia cara mengatasi brakidaktili yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua.

Penutup

Tidak terasa, kita sudah sampai diakhir artikel kami kali ini mengenai pengertian brakidaktili lengkap beserta penyebab dan juga cara mengatasinya. Semoga dengan ditulisnya artikel ini bisa memberikan manfaat yang besar kepada kalian semua. Selain itu, semoga ilmu kalian juga bertambah karena membaca artikel yang kami buat ini.

Jangan lupa untuk bantu membagikan artikel ini ke teman-teman kalian ataupun keluarga kalian agar bisa lebih bermanfaat. Selain itu juga, dengan begitu kami akan semakin bersemangat untuk selalu menulis artikel yang bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dulu dari kami kali ini, sampai jumpa lagi dipostingan yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment