iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Pengertian Akhlakul Karimah: Sikap dan Manfaatnya

Pengertian Akhlakul Karimah

Pengertian Akhlakul Karimah – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai mata pelajaran Agama Islam. Bagi kalian yang selalu melakukan perbuatan yang baik dan tidak tercela, maka kalian termasuk memiliki sifat Akhlakul Karimah. Tentu saja Akhlakul karimah ini sangat disenangi dan disukai oleh semua orang. Rasanya semua orang wajib untuk memiliki sifat ini terutama kalian yang beragama Islam. Namun, tahukah kalian apa pengertian Akhlakul Karimah yang lebih jelasnya? Kami yakin sekali masih banyak diantara kalian yang masih belum mengetahuinya. Oleh karena itulah kami tertarik untuk membahas materi yang satu ini. Baiklah, kalau kalian sudah penasaran silahkan simak pembahasan kami dibawah ini.

Pengertian Akhlakul Karimah

Apa itu Akhlakul Karimah? Akhlakul karimah adalah kata dari bahasa arab yang dimana Akhlak artinya adalah tingkah laku atau budi pekerti sedangkan Karimah artinya adalah terpuji atau mulia. Sehingga kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian Akhlakul Karimah adalah sebuah perbuatan yang terpuji atau mulia. Tentu saja perbuatan terpuji adalah perbuatan yang sangat disukai oleh Allah, bahkan masyarakat juga akan senang apabila kita selalu melakukan perbuatan yang baik kepada orang-orang disekitar kita. Sebagai umat Islam kita diwajibkan untuk menghindari perbuatan-perbuatan yang tercela, sehingga kita harus memiliki Akhlak yang baik. Semua perbuatan kita harus sesuai dengan norma-norma yang berlaku di lingkungan kita agar tidak ada yang merasa dirugikan. Itulah dia pengertian akhlakul karimah yang dapat kami jelaskan kepada kalian semua.

10 Sikap Akhlakul Karimah

Terdapat banyak sekali perbuatan akhlakul karimah yang ada di dunia ini. Berikut ini sudah kami sediakan 10 sikap akhlakul karimah yang bisa kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari:
  1. Senantiasa untuk selalu beribadah kepada Allah.
  2. Berkata yang sebenarnya walaupun berat untuk dilakukan.
  3. Memberikan bantuan kepada orang yang sedang kesulitan atau membutuhkan.
  4. Murah senyum dihadapan orang lain.
  5. Senantiasa berkata jujur.
  6. Menghormati orang yang lebih tua.
  7. Menghargai orang yang lebih muda.
  8. Saling memberi kepada sesama.
  9. Berkata sopan dan juga santun kepada orang lain.
  10. Selalu berkata lemah lembut dihadapan orang yang lebih tua.
Itulah dia 10 sikap akhlakul karimah yang perlu kalian ketahui atau kalau bisa harus kalian terapkan dikehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: Pengertian Kiamat Sugra dan Kubra: Contoh dan Tanda Tandanya

Manfaat Akhlakul Karimah

Setelah kalian memahami pengertian akhlakul karimah dan juga sikapnya, kalian juga harus mengetahui apa saja manfaat akhlakul karimah. Tentu saja apabila kita berbuat baik kepada sesama, maka kita akan disukai oleh banyak orang dan juga Allah. Beberapa manfaat akhlakul karimah diantaranya adalah kita akan mendapatkan derajat yang tinggi dan tempat yang mulia di sisi Allah apabila kita menerapkan Akhlakul Karimah dalam kehidupan sehari-hari. Mengapa seperti itu? Karena apabila kita selalu berkelakuan baik maka akan timbul rasa saling mengasihi sehingga terhindar dari sifat iri dan juga dengki yang merupakan penyakit hati. Kurang lebihnya seperti itulah manfaat akhlakul karimah yang bisa kami jelaskan. Mungkin kalian tidak bisa merasakan manfaatnya secara langsung, namun diakhirat nanti amal tersebut akan membantu kalian. Percayalah karena perbuatan tersebut sangat disukai oleh Allah.

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai pengertian akhlakul karimah lengkap beserta sifat dan manfaatnya. Semoga dengan adanya tulisan kami kali ini bisa bermanfaat bagi kalian semua dan juga bisa membantu kalian dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah kalian. Selain itu, kami juga berharap agar kalian menerapkan sikap Akhlakul Karimah ini agar bisa menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kalian semua agar bisa semakin bermanfaat. Selain itu, kami juga akan semakin bersemangat untuk rajin memberikan artikel yang terbaru kepada kalian semua pembaca setia blog Pintarkan. Baiklah, sekian dulu dari kami. Sampai jumpa lagi dipostingan yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment