iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Macam Macam Magnet dan Contohnya

Macam Macam Magnet dan Contohnya

Macam Macam Magnet dan Contohnya – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai mata pelajaran fisika. Sebelumnya kami pernah menjelaskan mengenai apa saja sifat sifat magnet, nah sekarang kami masih akan menjelaskan mengenai magnet. Kami akan menjelaskan secara lengkap kepada kalian semua mengenai apa saja macam macam magnet dan juga contohnya. Jika masih ada yang belum tahu, magnet ini adalah benda yang mampu menarik benda yang memiliki sifat magnetik. Kalau kalian sudah penasaran, silahkan dibaca penjelasan kami dibawah ini.

Macam Macam Magnet dan Contohnya

Didalam kehidupan ini terdapat berbagai jenis magnet, berdasarkan asal atau cara membuatnya magnet terbagi menjadi dua macam diantaranya adalah magnet alam dan juga magnet buatan. Namun perlu kalian ketahui bahwa magnet buatan ini sifatnya tidak permanen, karena sifat kemagnetannya perlahan akan menghilang apabila terjatuh ataupun terbanting. Berikut ini adalah macam macam magnet dan contohnya:

1. Magnet Alam

Apa itu magnet alam? Magnet alam adalah salah satu jenis magnet yang sifat kemagnetannya diperoleh secara alami atau tidak dengan campur tangan manusia. Menemukan magnet alam bisa dibilang lebih sulit dibandingkan dengan magnet buatan. Contoh magnet alam adalah bisa berupa batu-batuan dan juga benda lainnya namun jumlahnya sedikit dan sulit sekali untuk ditemukan.

2. Magnet Buatan

Jenis jenis magnet dan contohnya yang selanjutnya adalah Magnet Buatan. Apa itu magnet buatan? Magnet buatan adalah magnet yang dibuat oleh tangan manusia, magnet yang sering kita temukan pada sekarang ini adalah jenis magnet buatan. Biasanya magnet buatan terbuat dari bahan magnetik yang kuat, contohnya adalah besi dan juga baja.

BACA JUGA: Sifat Sifat Magnet dan Medan Magnet Beserta Manfaatnya

Seperti yang sudah kami bilang, jenis jenis magnet juga bisa digolongkan berdasarkan sifat kemagnetannya. Ada dua macam magnet, diantaranya adalah magnet permanen dan juga magnet non permanen. Magnet permanen adalah magnet yang sifat kemagnetannya tidak bisa hilang atau bersifat permanen. Namun untuk sekarang ini sudah sangat sulit sekali untuk menemukan magnet permanen. Magnet non permanen adalah amgnet yang sifat kemagnetannya bersifat sementara atau tidak permanen. Sifat kemagnetannya bisa hilang perlahan-lahan apabila keseringan dibanting atau terjatuh dari ketinggian.

Macam Macam Magnet dan Contohnya Berdasarkan Bentuk

Macam Macam Magnet dan Contohnya

Magnet buatan juga memiliki berbagai macam bentuk yang berbeda-beda, diantaranya adalah berikut ini:
  • Magnet berbentuk silinder.
  • Magnet berbentuk batang.
  • Magnet berbentuk U.
  • Magnet berbentuk ladam.
  • Magnet berbentuk jarum (terdapat pada kompas)
Itulah dia bentuk bentuk magnet yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua. Semoga kalian bisa mengerti semua apa yang sudah kami jelaskan barusan.

Penutup

Tidak terasa kita sudah sampai pada akhir dari pembahasan kita kali ini dipostingan mengenai macam macam magnet dan contohnya. Semoga kalian bisa memahami semua apa yang sudah kami jelaskan dengan mudah. Kami juga berharap agar ilmu dan wawasan kalian semakin bertambah berkat membaca artikel ini.

Apabila kalian merasa artikel ini membantu kalian dalam menyelesaikan tugas tugas sekolah ataupun kalian merasa artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk bantu kami dengan cara membagikan artikel ini ke teman-teman kalian agar kami bisa lebih bersemangat dalam menulis artikel yang berkualitas. Terima kasih, teruslah semangat belajar dan sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment