iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Gerak Tari Merak dan Pola Lantainya

Gerak Tari Merak

Gerak Tari Merak – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai mata pelajaran seni. Kalian pasti pernah mendengar atau bahkan pernah melihat secara langsung pertunjukan tari merak. Mungkin diantara kalian saat ini ada yang ingin belajar tari merak namun tidak tahu apa saja gerakannya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan mengedukasi kalian mengenai apa saja teknik gerak tari merak. Kalau kalian sudah sangat penasaran, langsung saja disimak penjelasan kami dibawah ini.

Gerak Tari Merak

Sebelum kalian menjadi penari tari merak yang sangat mahir, tentu saja kalian juga harus mengetahui bagaimana teknik gerak tari merak yang baik dan benar. Ada beberapa teknik gerakan dasar yang perlu kalian pahami, berikut ini adalah diantaranya:

Gerak Tari Merak Bagian Kepala

Galier: Gerakan untuk memutarkan kepala.
Gilek: Gerakan untuk menggoyangkan kepala ke kanan dan juga ke kiri.

Gerak Tari Merak Bagian Tangan

Ukel: Gerakan untuk memutarkan tangan.
Selut: Menggerakan kedua tangan ke depan ataupun ke atas secara bergantian. 
Tepak Bahu: Gerakan tangan untuk menepuk-nepuk bahu baik itu satu tangan, dua tangan atau secara bergantian.
Capang: Gerakan tangan untuk membengkokkan salah satu tangan.
Nyawang: Gerakan tangan untuk menandakan bahwa sedang melihat keadaan yang jauh.
Lontang kiri atau Lontang kanan: Menggerakan kedua tangan secara bergantian.

Gerak Tari Merak Bagian Kaki

Duduk Deku: Posisi duduk dengan cara melipat dua kaki ke dalam.
Seser: Menggerakan kaki dengan cara menggeser ke arah kanan dan juga kiri.
Sirig: Gerakan kaki dengan cara menggoyang-goyangkan kedua kaki secara bersamaan.

Gerak Tari Merak Bagian Gabungan

Mincid: Gerakan yang menggabungkan kepala,tangan, dan juga kaki dan di gerakan bersamaan. Akan tetapi gerakannya terdapat aturan yaitu tangan dan kaki harus berbeda, sebagai contoh apabila tangan kiri berpasangan dengan kaki kiri begitu juga sebaliknya.

Kurang lebih itulah dia beberapa teknik gerak tari merak yang perlu untuk kalian kuasai, sebelum bisa menari dengan lancar.

Pola Lantai Tari Merak

Pola Lantai Tari Merak
Gambar Pola Lantai Tari Merak

Setelah kalian memahami ada apa saja gerakan tari merak yang baik dan benar, sekarang kami akan membahas mengenai pola lantainya. Pola lantai ini sangat bermanfaat sekali untuk dijadikan panduan dalam melakukan gerakan tarian sehingga tidak salah melakukan gerakan. Menurut dari berbagai referensi yang sudah kami baca, ada berbagai macam pola lantai tari merak diantaranya adalah pola garis melengkung dan juga pola garis lurus.

BACA JUGA: Sejarah Tari Topeng Kelana Beserta Gerak dan Propertinya

Pada pola garis melengkung, polanya membentuk bidang lingkaran, lengkungan ular, spiral, dan juga angka delapan. Untuk pola garis lurus, biasanya polanya membentuk segi empat, segitiga, huruf v, huruf v terbalik atau bahkan zig-zag. Dengan memahami pola lantai tari merak, kalian bisa semakin mudah dalam menguasai teknik gerakan tari merak hingga mahir.

Penutup

Demikianlah artikel kami kali ini mengenai gerak tari merak beserta pola lantainya. Semoga bisa membantu kalian semua yang tertarik untuk mempelajari tari merak. Kami juga berharap agar artikel yang kami tulis ini bisa bermanfaat untuk penyelesaian tugas-tugas sekolah kalian semua dan akan lebih bagus lagi jika menambah wawasan kalian semua.

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman-teman kalian semua agar bisa lebih bermanfaat. Karena itu akan membantu kami untuk lebih bersemangat lagi dalam memberikan artikel yang berkualitas tinggi kepada kalian semua. Mungkin dicukupkan sekian dulu postingan kami kali ini, sampai jumpa lagi dipostingan kami yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment