iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan Beserta Tujuan dan Contohnya

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Bertemu lagi bersama kami dipostingan kali ini mengenai mata pelajaran Bahasa Indonesia. Beberapa orang yang ingin melamar kerja, tentu saja ada yang diharuskan untuk membuat surat lamaran pekerjaan. Namun tahu kah kalian bagaimana struktur surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar? Kalau diantara kalian masih banyak yang belum tahu, maka artikel kami ini sangat cocok sekali untuk kalian. Kalau kalian sudah penasaran, yuk kita mulai saja ke pembahasannya.

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Tentu saja dalam menulis surat lamaran pekerjaan tidak bisa sembarangan, karena apabila kita membuatnya asal-asalan tentu saja perusahaan tidak akan melirik surat lamaran kita. Berikut ini adalah struktur surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar:

BACA JUGA: Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Sekolah

1. Pembuka Surat

  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
    Contoh: Bandung. 11 Februari 2020
  2. Perihal surat
    Contoh: Perihal: Lamaran Kerja
  3. Lampiran
    Contoh: Lampiran: 10 Lembar
  4. Alamat tujuan
    Contoh: Yth, Kepala Personalia PT. Fajar Cerah Sejahtera
    Jl. Suryakencana No. 22 Bandung
  5. Pembuka surat
    Contoh: Dengan hormat, melalui surat ini saya, Babul Abdullah...

2. Isi Surat

  1. Paragraf pembuka
    Contoh: Sehubungan mengenai informasi yang saya dapatkan mengenai informasi lowongan kerja yang saya lihat dari situs...
  2. Paragraf inti
    Contoh:
  3. NamaBudi Setiawan
    TTLBandung, 11 Februari 1999
    AlamatJalan Raden Kiansantang No. 69
    StatusBelum Menikah
    Pendidikan TerakhirS1 Universitas
    IPK3,7
    Emailbudi.setiawan@gmail.com
  4. Paragraf Penutup
    Contoh: Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Ibu/Bapak, Terima kasih. 

3. Penutup Surat

  1. Salam Penutup
    Contoh: Hormat Saya
  2. Tanda Tangan Pengirim Surat
    Contoh: (Tanda Tangan)
  3. Nama Lengkap Pengirim Surat
    Contoh: Budi Setiawan
Itulah dia struktur surat lamaran pekerjaan yang bisa kalian terapkan dalam membuat surat lamaran kerja. Apabila struktur surat kalian bagus maka kesempatan untuk diterima di suatu perusahaan tentu saja akan meningkat.

Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan

Setelah kalian memahami bagaimana struktur surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar, tentu saja kalian juga harus memahami tujuannya juga. Berikut ini adalah tujuan surat lamaran pekerjaan:

1. Sebagai Alat Komunikasi (Media)

Tujuan dari surat lamaran pekerjaan salah satunya adalah sebagai alat komunikasi. Hal ini didasari karena kita pasti akan melampirkan dokumen-dokumen yang diminta oleh pihak perusahaan. Dokumen tersebut akan menjadi bahan pertimbangan mereka sebelum menghubungi kalian untuk melakukan interview. Sehingga mereka tidak perlu mewawancarai orang satu-satu untuk mencari kompetensi orang yang melamar diperusahaan mereka.

2. Sebagai Bukti Tertulis

Dengan menulis surat lamaran pekerjaan juga menunjukan keseriusan pelamar kerja dalam melamar disuatu perusahaan. Karena pelamar sering diminta untuk melampirkan dokumen penting seperti Kartu Tanda Penduduk dan juga riwayat hidup mereka. Selain itu juga terdapat tanda tangan yang menjadikan bahwa surat tersebut bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

3. Sebagai  Bahan Pertimbangan Perusahaan

Tujuan surat lamaran pekerjaan yang terakhir adalah digunakan sebagai bahan pertimbangan perusahaan. Karena pihak perusahaan bisa melihat riwayat hidup para pelamar, atau bahkan beberapa perusahaan juga ada yang meminta surat kelakuan baik atau dalam artian tidak pernah melakukan kejahatan. Selain itu juga, pihak perusahaan biasa mempertimbangkan dari kualitas surat lamaran yang pelamar ajukan. Itulah pentingnya kita mempelajari bagaimana struktur surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Karena apabila surat lamaran pekerjaan kita bagus, maka kesempatan untuk diterima akan semakin besar.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Berikut ini adalah contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa kalian jadikan referensi dalam membuat surat lamaran pekerjaan:

Bandung, Januari 2020

Kepada Bapak/Ibu

Di tempat

Hal : Surat Lamaran

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya peroleh,bahwa di Perusahaan Bapak /Ibu pimpin sedang membutuhkan karyawan, maka untuk itu saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Budi Setiawan

Tempat dan Tanggal Lahir: Bandung, 11 Februari 1999

Jenis Kelamin: Laki laki

Pendidikan: S1 Teknik Informatika

Alamat: Jln Suryajana, No.69

Nomor Telp/Hp: 082362442200

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak/Ibu kiranya dapat menerima saya sebagai karyawan Front End Programmer di perusahaan Bapak / Ibu pimpin. Saya mempunyai kondisi kesehatan yang baik, loyalitas tinggi, jujur, ulet, cepat memahami bidang baru yang sedang dipelajari. Motivasi  tinggi dan mau ditempatkan dimana saja sesuai dengan kebutuhan  perusahaan.

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan:

Foto copy ijazah terakhir 1 lembar
Foto copy Kartu Tanda Penduduk 1 lembar
Pas foto 3 x 4 2 lembar
Daftar Riwayat Hidup
Surat Pengalaman Kerja
Harapan saya Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya dan saya menunggu jawabannya.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya
Budi Setiawan

Penutup

Itulah dia beberapa struktur surat lamaran pekerjaan beserta tujuan dan contohnya lengkap. Semoga dengan membaca artikel kami kali ini kalian bisa membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan juga benar dan diterima diperusahaan yang kalian inginkan.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua pembaca setia blog pintarkan. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman-teman atau keluarga kalian agar bisa lebih bermanfaat. Sekian dulu postingan dari kami kali ini, sampai jumpa dipostingan yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment