iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Sifat Sifat Magnet dan Medan Magnet Beserta Manfaatnya

Sifat Sifat Magnet dan Medan Magnet

Sifat Sifat Magnet dan Medan Magnet – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini, kami masih akan membahas mengenai mata pelajaran fisika nih. Kalian pasti sudah pernah melihat magnet kan? Magnet adalah benda yang terbuat dari logam yang dapat menarik benda lain. Selain magnet, kita juga akan membahas mengenai medan magnet. Medan magnet adalah ruang disekitar magnet yang masih dirasakan adanya gaya magnet. Nah, yang akan kami bahas kali ini adalah mengenai sifat sifat magnet dan medan magnet. Sudah penasaran? Yuk kita mulai saja ke pembahasan utamanya.

Sifat Sifat Magnet dan Medan Magnet

Tahukah kalian kalau magnet dan medan magnet juga memiliki sifat sifat dan karakteristiknya masing masing? Kalau belum tahu, berarti kalian sangat cocok sekali untuk membaca artikel kami kali ini mengenai sifat sifat magnet dan medan magnet. Berikut ini adalah sifat sifatnya:

1. Magnet Memiliki Dua Kutub

Magnet memiliki dua buah kutub yang bernama kutub utara dan juga kutub selatan atau dalam bahasa inggrisnya disebut North dan South. Ada sifat magnet yang unik sekali yaitu, apabila dua kutub yang sama didekatkan maka akan saling tolak menolak. Sebaliknya, apabila dua kutub yang berbeda didekatkan maka akan saling tarik menarik.

2. Sifat Sifat Magnet dan Medan Magnet Bisa Menghilang

Perlu kalian ketahui bahwa sifat sifat magnet dan medan magnet perlahan-lahan akan menghilang apabila terlalu sering jatuh, dipukul-pukul, dipanaskan, atau dibanting. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa sifat magnet ini tidak bersifat permanen. Jadi bagi kalian yang memiliki magnet, lebih baik untuk menghindari hal-hal tersebut agar sifat kemagnetannya tidak menghilang.

3. Magnet Dapat Menarik Benda Magnetik

Umumnya magnet bisa menarik benda yang terbuat dari logam seperti besi, nikel, baja dan juga kobalt. Namun, perlu juga untuk kalian ketahui ada juga beberapa logam yang tidak bisa ditarik oleh magnet. Benda benda yang bisa ditarik oleh magnet disebut dengan benda magnetik.

Sifat magnet yang utama adalah dapat menarik benda yang berasal dari bahan logam. Meski begitu tidak semua jenis logam dapat ditarik magnet, melainkan besi, baja, nikel, kobalt, dan sebagainya. Benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet adalah benda magnetik.

4. Magnet Dapat Membentuk Gaya Magnet

Sifat sifat magnet dan medan magnet yang terakhir adalah magnet dapat membentuk gaya magnet. Kalian harus tahu bahwa gaya magnet tidak hanya terbentuk diujungnya saja, melainkan pada sekitar magnet juga terdapat gaya magnet. Daerah yang terdapat pada sekitar magnet ini disebut medan magnet.

Itulah dia ke 4 sifat sifat magnet dan medan magnet yang dapat kami jelaskan kepada kalian semua. Semoga kalian bisa memahaminya dengan mudah ya!

BACA JUGA: Macam Macam Energi dan Contohnya Lengkap

Manfaat Magnet

Setelah kalian memahami 4 sifat sifat magnet dan medan magnet diatas, sekarang kami akan membahas mengenai apa saja manfaat magnet yang perlu untuk kalian ketahui. Tentu saja ada banyak sekali manfaat magnet dan mempermudah kehidupan kita sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Magnet Dapat Menghasilkan Listrik

Bagi kalian yang waktu kecil sering bermain mobil tamiya atau mini 4wd pasti sudah tidak asing dengan manfaat magnet yang satu ini. Ya, magnet juga bisa menghasilkan listrik baik dalam jumlah besar ataupun kecil. Sebagai contohnya adalah pada dinamo mobil-mobilan tamiya atau mini 4wd, magnet yang ada pada dinamo bisa menghasilkan putaran pada dinamo dengan bantuan dari energi baterai sehingga bisa menghasilkan listrik yang membuat mobil-mobilan bisa berjalan.

2. Penunjuk Arah Mata Angin

Tahukah kalian bahwa magnet juga sangat membantu manusia dalam menunjukan arah mata angin? Kalau kalian belum tahu, jarum yang terdapat pada kompas itu sebenarnya adalah magnet. Makanya sangatlah tidak heran apabila kompas selalu menunjukan arah utara dan juga selatan sama seperti kutub-kutub magnet. Kompas sangat bermanfaat sekali bagi manusia terutama bagi para pendaki gunung, pilot, dan juga pelaut.

3. Merapatkan Kedua Benda

Manfaat magnet yang selanjutnya adalah untuk merapatkan kedua benda. Bagi kalian yang memiliki kulkas dirumah, kalian bisa melihat bahwa pintu kulkas kalian juga terdapat magnet yang bisa membuat pintunya tertutup rapat. Tentu saja itu sangat bermanfaat untuk menjaga suhu didalam kulkas agar makanan yang kalian simpan tetap segar dan terjaga kebersihannya.

4. Mengambil Benda Yang Terbuat Dari Logam

Seperti yang sudah kami jelaskan di sifat sifat magnet dan medan magnet diatas, magnet ini sangat bermanfaat sekali untuk mengambil benda yang terbuat dari logam. Contohnya adalah apabila kalian kesulitan untuk mengambil jarum, mur, atau baut. Kalian bisa dengan mudah mengambilnya dengan bantuan magnet.

5. Menggantikan Roda Pada Kereta Maglev

Manfaat magnet yang terakhir akan kami bahas adalah fungsi magnet dalam menggantikan roda pada kereta maglev. Kereta maglev adalah singkatan dari magnetic levitation. Kereta ini bisa bergerak meskipun tidak menggunakan roda, melainkan hanya menggunakan magnet saja. Canggih sekali bukan?

Itulah dia 5 manfaat magnet yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua. Semoga bisa menjawab semua rasa penasaran kalian.

Penutup

Tidak terasa sekali, sekarang kita sudah sampai di akhir pembahasan artikel kali ini mengenai sifat sifat magnet dan medan magnet lengkap beserta manfaatnya. Semoga dengan kami buat artikel kali ini, bisa menambah wawasan kalian dan memudahkan penyelesaian tugas sekolah kalian semua.

Apabila artikel kami ini dirasa bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya kepada teman-teman kalian. Karena dengan begitu, kami akan semakin semangat untuk terus membagikan artikel yang bermanfaat kepada teman-teman pembaca setia semuanya. Baiklah, sekian dulu dari kami dan sampai jumpa lagi dipostingan kami yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment