iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Pengertian Simbiosis Mutualisme dan Contohnya Lengkap

Pengertian Simbiosis Mutualisme

Pengertian Simbiosis Mutualisme – Halo sahabat Pintarkan! Kembali lagi bersama kami, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai mata pelajaran Biologi. Kalian tentunya pasti pernah dong mendengar kata simbiosis. Simbiosis adalah interaksi antar dua makhluk hidup berlainan jenis yang hidupnya berdampingan. Ada berbagai macam jenis simbiosis, dan yang akan kami bahas kali ini adalah mengenai pengertian simbiosis mutualisme beserta dengan contohnya. Baiklah tanpa banyak basa-basi lagi langsung saja kita mulai ke pembahasannya.

Pengertian Simbiosis Mutualisme

Apa itu simbiosis mutualisme? Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara kedua makhluk hidup yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Sehingga dapat disimpulkan tidak ada yang dirugikan didalam simbiosis ini. Ya, pengertian simbiosis mutualisme ini sangat simpel sekali dan mudah sekali untuk kalian pahami. Jangan khawatir, karena kami juga akan memberikan contoh-contoh dari simbiosis mutualisme kepada kalian semua pembaca setia blog Pintarkan.

Contoh Simbiosis Mutualisme

Setelah membaca apa itu pengertian simbiosis mutualisme, tentunya kalian juga harus memahami juga dong apa saja contoh simbiosis mutualisme. Kami akan menjelaskannya secara lengkap agar kalian bisa dengan mudah memahami materi kali ini. Baiklah, berikut ini adalah contoh-contohnya:

1. Contoh Simbiosis Mutualisme antara Ikan Badut dan Anemon Laut

Hubungan antara ikan badut dan anemon laut ini saling menguntungkan. Mengapa seperti itu? Karena ikan badut bisa menggunakan anemon laut sebagai tempat persembunyian apabila ada yang ingin memangsanya. Selain itu juga, ikan badut mendapatkan makanan berupa parasit yang terdapat pada anemon laut.

Anemon laut juga diuntungkan dengan adanya hubungan ini, karena secara tidak langsung ikan badut juga melindungi anemon laut dari para pemangsa dan seperti yang sudah kami bilang barusan ikan badut akan memakan parasit yang menganggu anemon laut. Sehingga ikan badut dan anemon laut ini termasuk kedalam contoh simbiosis mutualisme.

2. Contoh Simbiosis Mutualisme antara Lalat dengan Bunga Raflesia

Tahu kah kalian kalau hubungan antara lalat dan juga bunga raflesia ini saling menguntungkan? Mengapa seperti itu? Karena seperti yang kita ketahui, lalat sangat senang sekali tinggal ditempat yang memiliki bau yang tidak sedap. Kita juga tahu bahwa bunga raflesia ini memiliki bau yang tidak sedap, sehingga lalat merasa senang dan bisa mencari makanan disana.

Selain itu, bunga raflesia juga diuntungkan oleh keberadaan lalat karena lalat akan membantu mereka dalam melakukan penyerbukan. Sehingga hubungan mereka ini saling menguntungkan satu sama lain.

BACA JUGA: Tahapan Pembelahan Sel Secara Mitosis

3. Contoh Simbiosis Mutualisme antara Burung Jalak dengan Kerbau

Hubungan antara burung jalak dan kerbau juga saling menguntungkan. Karena burung jalak sangat senang untuk memakan kutu-kutu yang terdapat di tubuh kerbau. Sudah pasti, disini kerbau juga diuntungkan karena badannyamenjadi bersih dari kutu karena sudah dimakan oleh burung jalak. Saling menguntungkan sekali bukan?

4. Contoh Simbiosis Mutualisme antara Bunga dengan Lebah

Selanjutnya adalah hubungan antara bunga dengan lebah. Hubungan ini saling menguntungkan karena bunga membutuhkan lebah untuk bisa melakukan proses penyerbukan. Selain itu, lebah juga diuntungkan karena bisa mendapatkan sari-sari makanan dari bunga.

5. Contoh Simbiosis Mutualisme antara Manusia dengan Bakteri E.Coli

Seperti yang kita ketahui, tidak seluruh bakteri yang terdapat dalam tubuh manusia itu jahat. Ada juga bakteri baik, salah satunya adalah bakteri E.Coli yang terdapat di usus besar manusia. Manusia diuntungkan oleh keberadaan bakteri E.Coli karena bakteri ini bisa mempercepat proses pembusukan didalam usus besar dan juga bisa mengurangi pertumbuhan bakteri jahat. Tentu saja bakteri E.Coli juga mendapatkan keuntungan karena mendapatkan sisa-sisa makanan dari usus besar. Saling menguntungkan bukan?

6. Contoh Simbiosis Mutualisme antara Burung Bangau dengan Kuda Nil

Contoh yang selanjutnya adalah hubungan antara burung bangau dengan kuda nil. Hubungan ini hampir sama seperti hubungan burung jalak dengan kerbau, karena burung bangau juga senang memakan kutu-kutu yang terdapat di tubuh kuda nil. Selain itu, Kuda Nil juga diuntungkan karena tubuhnya menjadi bersih dari serangan para kutu.

7. Contoh Simbiosis Mutualisme antara Buaya dengan Burung Plover

Hubungan antara buaya dengan burung plover ini saling menguntungkan karena, burung plover dikenal senang memakan kotoran atau sisa makanan yang terdapat pada gigi buaya. Selain itu, buaya juga mendapatkan manfaat berupa giginya menjadi bersih dan terhindar dari penyakit karena kotoran atau sisa makanannya dimakan oleh burung plover.

8. Contoh Simbiosis Mutualisme antara Kelelawar Berbulu Wol dengan Kantung Semar

Hubungan ini menguntungkan karena kantung semar akan mendapatkan makanan dari kotoran kelelawar berbulu wol. Selain itu, kelelawar berbulu wol juga diuntungkan karena mendapatkan tempat tinggal yang baik.

9. Contoh Simbiosis Mutualisme antara Jamur dengan Lumut Kerak

Contoh yang selanjutnya adalah hubungan antara jamur dengan lumut kerak. Hubungan ini menguntungkan karena jamur berfungsi sebagai pelindung dan juga menyerap air atau mineral untuk lumut kerak. Sehingga jamur bisa dibilang sebangai penyedia makanan melalui proses fotosintesis. Hal ini menjadikan lumut kerak adalah organisme hasil simbiosis mutualisme dan tidak dapat dipisahkan.

10. Contoh Simbiosis Mutualisme antara Zebra dengan Burung Oxpecker

Hubungan antara zebra dengan burung oxpecker menguntungkan karena burung oxpecker senang sekali memakan parasit yang terdapat pada tubuh zebra. Selain itu, zebra juga mendapatkan manfaat karena tubuhnya menjadi bersih. Lalu, burung oxpecker juga akan memberi sinyal apabila pemangsa datang sehingga mereka bisa kabur ke tempat yang lebih aman.


Penutup

Tidak terasa, sekarang kita sudah sampai dipenghujung artikel kali ini. Bagaimana, apakah setelah memahami penjelasan dari kami mengenai pengertian simbiosis mutualisme beserta dengan contohnya kalian sudah semakin paham? Semoga saja sudah ya, karena simbiosis mutualisme ini cukup mudah sekali untuk dipahami.

Barangkali, cukup sekian dulu postingan dari kami kali ini. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua dan dapat membantu penyelesaian tugas-tugas kalian disekolah. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman atau kerabat kalian yang membutuhkan. Karena membagikan ilmu itu adalah perbuatan yang baik dan itu juga membuat kami bersemangat untuk selalu membuat artikel atau materi yang berkualitas. Baiklah, sekian dulu dari kami sampai jumpa dipostingan yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment