iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Pengertian Simbiosis Komensalisme dan Contohnya Lengkap

Pengertian Simbiosis Komensalisme

Pengertian Simbiosis Komensalisme – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Bertemu lagi bersama kami, pada kesempatan kali ini kami masih akan membahas mengenai mata pelajaran Biologi. Menyambung pembahasan terakhir kita mengenai pengertian simbiosis mutualisme. Sekarang kami juga akan membahas macam macam simbiosis yang lainnya, salah satu diantaranya adalah simbiosis komensalisme.

Kami akan menjelaskan apa pengertian simbiosis komensalisme beserta dengan contohnya lengkap. Sehingga kami harap, kalian bisa memahami semua jenis simbiosis. Kami juga berharap pembahasan kami kali ini bisa kalian pahami dengan mudah, karena kami berusaha untuk membahasnya selengkap-lengkapnya. Baiklah tanpa banyak basa-basi lagi yuk kita mulai ke pembahasannya.

Pengertian Simbiosis Komensalisme

Apa itu Simbiosis Komensalisme? Simbiosis Komensalisme adalah suatu simbiosis atau hubungan antar dua makhluk hidup dengan jenis yang berbeda, dimana salah satu pihak dan diuntungkan namun pihak yang lainnya tidak dirugikan dan juga tidak mendapat keuntungan juga. Jadi agar mudah memahaminya, ingat saja di simbiosis komensalisme ini hanya ada satu pihak yang diuntungkan namun yang lainnya tidak dirugikan dan juga tidak mendapat keuntungan. Kurang lebih seperti itulah pengertian simbiosis komensalisme. Simpel kan?


BACA JUGA: Pengertian Simbiosis Mutualisme dan Contohnya Lengkap

Contoh Simbiosis Komensalisme

Setelah membaca apa itu pengertian simbiosis komensalisme, tentunya kalian juga harus memahami juga dong apa saja contoh simbiosis komensalisme. Kami akan menjelaskannya secara lengkap agar kalian bisa dengan mudah memahami materi kali ini. Baiklah, berikut ini adalah contoh-contohnya:

1. Contoh Simbiosis Komensalisme Antara Tumbuhan Paku dengan Tumbuhan Jati

Tumbuhan paku dengan tumbuhan jati tergolong simbiosis komensalisme karena tumbuhan paku ini dikenal sering melekat di tanaman jati. Tentu saja hal ini dilakukan agar tumbuhan paku bisa mendapatkan sinar matahari untuk proses fotosintesis. Namun, tumbuhan jati sudah pasti tidak mendapatkan keuntungan apapun selain hanya dijadikan tumpangan saja selain itu dia pun tidak dirugikan.

2. Contoh Simbiosis Komensalisme Antara Ikan Remora dengan Ikan Hiu

Contoh yang selanjutnya adalah hubungan antara ikan remora dengan ikan hiu. Ikan Remora senang berada didekat atau menempel dengan ikan hiu karena itu menjadi perlindungan bagi mereka. Sehingga tidak akan ada yang berani memangsa mereka, selain itu juga ikan remora bisa mendapatkan sisa makanan dari ikan hiu. Namun, ikan hiu sudah pasti tidak mendapatkan keuntungan apapun dan juga dia tidak dirugikan karena tidak merasa terganggu oleh keberadaan ikan remora didekatnya.

3. Contoh Simbiosis Komensalisme Antara Tumbuhan Sirih dengan Tumbuhan Inangnya

Tumbuhan sirih dengan tumbuhan inangnya termasuk kedalam simbiosis komensalisme karena tumbuhan sirih mendapatkan keuntungan dengan cara merambat pada inangnya. Tentu saja itu dilakukan untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk fotosintesis. Selain itu, inangnya tidak mendapat keuntungan dan juga tidak dirugikan oleh keberadaan tumbuhan sirih.

4. Contoh Simbiosis Komensalisme Antara Ikan Guppy dengan Bulu Babi

Contoh yang selanjutnya adalah hubungan antara ikan guppy dengan bulu babi. Ikan guppy ini ukurannya sangat kecil sehingga bisa bersembunyi pada celah-celah bulu babi tersebut. Tentu saja bulu babi tidak diuntungkan dan dirugikan oleh keberadaan ikan guppy ini.

5. Contoh Simbiosis Komensalisme Antara Udang dengan Mentimun Laut

Udang dengan mentimun laut juga masuk kedalam simbiosis komensalisme. Mengapa? Karena udang bisa menumpang pada mentimun laut agar pergerakannya bisa lebih cepat dan mendapatkan sisa makanan juga. Mentimun laut pun tidak diuntungkan atau dirugikan oleh keberadaan udang.

6. Contoh Simbiosis Komensalisme Antara Ikan Remora dengan Ikan Pari

Seperti biasa, ikan remora memang hobi menempel di hewan yang lebih besar dari dirinya salah satunya adalah ikan pari. Ikan remora sering menempel pada ikan pari agar mereka merasa terlindungi, selain itu mereka juga mendapatkan sisa makanan dari ikan pari. Ikan pari tidak diuntungkan dan juga dirugikan oleh keberadaan ikan remora.

7. Contoh Simbiosis Komensalisme Antara Anggrek Bulan dengan Pohon Mangga

Contoh yang selanjutnya adalah hubungan antara anggrek bulan dengan pohon mangga. Anggrek bulan biasa menempel pada pohon mangga untuk mendapatkan sinar matahari. Pohon mangga tidak diuntungkan dan juga dirugikan oleh keberadaan anggrek bulan.

8. Contoh Simbiosis Komensalisme Antara Anggrek dengan Pohon Randu

Hubungan antara anggrek dengan pohon randu juga termasuk kedalam simbiosis komensalisme. Karena anggrek biasa menempel atau menumpang ke pohon randu untuk mendapatkan posisi yang baik untuk menerima sinar matahari, sehingga mereka bisa melakukan fotosintesis dengan optimal. Selain itu, pohon randu sebagai yang ditumpanginya pun tidak mendapatkan keuntungan atau kerugian apapun.

Penutup

Demikianlah artikel tentang pengertian simbiosis komensalisme dan contohnya lengkap yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua. Bagaimana menurut kalian, materi ini cukup mudah untuk dipahami bukan? Terlebih sekarang kalian juga mengetahui berbagai macam contohnya.

Baiklah kami rasa artikel kali ini dicukupkan sekian, semoga bisa memberikan manfaat yang besar untuk kalian semua para pembaca setia blog Pintarkan. Teruslah rajin dalam menuntut ilmu ya kawan kawan, sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment