iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Pengertian Musik Modern: Jenis, Fungsi, dan Cirinya

Pengertian Musik Modern

Pengertian Musik Modern – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai mata pelajaran seni nih. Kalian semua pasti senang sekali mendengarkan musik kan? Namun apakah kalian tau jenis-jenis musik yang sedang kalian dengarkan itu? Tentu saja kalian belum memahami semuanya kan? Nah, kali ini kami akan membahas mengenai pengertian musik modern. Baiklah kalau kalian sudah penasaran langsung saja kita mulai ke pembahasannya.

Pengertian Musik Modern

Apa itu musik modern? Pengertian Musik modern adalah musik yang muncul setelah akhir masa musik klasik dalam artian musik yang muncul pada saat ini. Rata rata musik yang kalian dengar pada saat ini termasuk kedalam musik modern karena menggunakan tangga nada diatonis dan menggunakan alat musik elektronik dan juga akustik.

Seperti yang kita ketahui, sekarang ini kita bisa membuat musik dengan bantuan teknologi komputer. Seperti musik-musik EDM yang sedang nge-trend pada saat ini. Jadi bisa disimpulkan bahwa perkembangan zaman terutama dalam bidang teknologi ini sangat mempengaruhi perkembangan di industri musik juga. Kurang lebih seperti itulah pengertian musik modern yang dapat kami sampaikan.

Jenis Jenis Musik Modern

Setelah kalian memahami pengertian musik modern, tentunya kalian juga harus tahu apa saja jenis jenis musik modern yang ada saat ini. Kami akan menjelaskannya secara detail kepada kalian semua agar lebih mudah memahaminya. Berikut ini adalah jenis-jenisnya:

1. Pop

Siapa sih yang tidak tahu genre musik yang satu ini? Ya genre pop ini termasuk kedalam genre yang populer pada saat ini. Genre ini hampir bisa dinikmati oleh semua kalangan, sehingga perkembangan dari jenis musik pop ini cukup cepat sekali. Musik pop pertama kali berkembang di Amerika Serikat pada tahun 1920 dan masih bertahan hingga sekarang.

2. Country

Jenis jenis musik modern yang selanjutnya adalah country. Country adalah campuran musik dari amerika serikat bagian selatan dengan pegunungan appalachia. Musik ini awalnya berasal dari lagu rakyat Amerika Utara seperti musik gospel dan berkembang dari tahun 1920. Kemudian istilah musik country dipakai pada tahun 1940 untuk menggantikan istilah hillbilly yang terkesan merendahkan. Istilah lain dari jenis musik country adalah western, namun istilah tersebut sudah jarang dipakai kecuali di negara-negara tertentu.

3. Rock

Kalian mungkin sudah tidak asing dengan jenis musik modern berirama keras yang satu ini. Ya, genre musik tersebut adalah Rock. Genre musik rock ini memiliki ciri khas beatnya cenderung keras. Musik rock n roll pertama kali berkembang di Amerika Utara pada sekitar tahun 1950-an. Hingga saat ini musik rock masih terus berkembang dan memiliki banyak sekali sub genre seperti progressive rock, hard rock, punk rock dan lainnya.

4. Rap

Anak muda sekarang ini pasti mengenal jenis musik rap. Musik rap ini memiliki ciri khas dimana sang penyanyi menggunakan teknik vokal berkata dengan cepat dan biasanya diiringi oleh beat musik EDM. Orang yang menyanyikan lagu rap disebut dengan rapper.

BACA JUGA: Contoh Seni Rupa Murni dan Pengertiannya

5. Blues

Jenis jenis musik modern yang selanjutnya adalah blues. Musik blues adalah aliran musik vokal dan juga instrumental yang berasal dari negara Amerika Serikat. Musik blues awalnya berasal dari musik spiritual atau pujian yang muncul dari komunitas mantan budak afrika di Amerika Serikat.

6. Jazz

Jazz adalah jenis musik modern yang menggabungkan musik eropa, ragtime dan juga blues. Ciri khas dari  musik jass ini adalah adanya alat musik trompet, saksofon, piano dan juga gitar. Selain itu, nada-nada yang dimainkan dalam musik jazz ini terdengar sangat unik apabila dibandingkan dengan genre musik yang lainnya.

7. Reggae

Jenis jenis musik modern yang selanjutnya adalah Reggae. Musik reggae ini lahir pada tahun 1960-an dan berasal dari jamaika. Kemudian musik reggae ini berkembang lebih besar lagi 10 tahun kemudian yaitu sekitar tahun 1970-an. Ritme dari jenis musik reggae ini sangat khas sekali dan mudah dikenali karena ritme dalam menyanyikannya terkesan terputus-putus.

8. R&B

R&B adalah singkatan dari Rythm and Blues. Jenis musik modern ini merupakan gabungan budaya amerika dengan afrika setelah perang dunia ke II pecah. Orang yang mempopulerkan musik R&B ini adalah buruh kasar yang umumnya berkulit hitam yang tinggal di Amerika.

Fungsi Musik Modern

Setelah kalian memahami pengertian musik modern dan juga jenis jenisnya, tentu saja kalian harus mengetahui juga apa fungsinya. Seiring berkembangnya zaman dan juga teknologi, menjadikan banyak sekali jenis jenis musik modern yang muncul dikalangan masyarakat. Tentu saja musik memiliki beberapa fungsi karena tidak hanya digunakan sebagai hiburan saja. Berikut ini adalah fungsi musik modern:

1. Sebagai Media Pendidikan

Ada beberapa orang yang lebih mudah menyerap pembelajaran apabila sambil mendengarkan musik modern. Selain itu, menurut riset para ahli juga mengatakan bahwa musik bisa digunakan sebagai penyeimbang fungsi otak kiri dan juga otak kanan sehingga bisa menambah IQ. Tak hanya itu saja, musik juga bisa memperkuat daya ingatan seseorang.

2. Terapi Pengobatan

Tahu kah kalian bahwa beberapa rumah sakit didunia ada yang menggunakan musik modern untuk terapi pengobatan para pasiennya. Dulu juga musik sering digunakan untuk penyembuhan penyakit dari para veteran perang dan juga korban perang. Sehingga ini menjadikan fungsi musik modern tidaklah hanya sebatas hiburan saja.

3. Sarana Pertunjukan

Mungkin beberapa dari kalian ada yang gemar menonton konser musik. Ya, tanpa kalian sadari itu juga termasuk fungsi dari musik modern. Karena banyak sekali grup band atau musisi pada saat ini yang termasuk kedalam aliran musik modern. Tak kadang, mereka juga mengadakan konser diseluruh Indonesia. Hal ini menjadikan musik modern sebagai sarana pertunjukan untuk hiburan masyarakat.

4. Ekonomi

Fungsi musik modern yang terakhir adalah dalam bidang ekonomi. Tahu kah kalian bahwa musisi bisa mengkomersilkan karya dengan cara menjual CD musik atau mengadakan tour yang harga tiketnya cukup tinggi. Tentu saja itu akan memberikan keuntungan yang cukup besar untuk para musisi tersebut.

Ciri Ciri Musik Modern

Kurang rasanya apabila kalian sudah memahami pengertian musik modern beserta jenis dan fungsinya tapi tidak tahu apa cirinya. Oleh karena itulah sekarang kami akan menjelaskan mengenai cirinya. Berikut ini adalah ciri ciri musik modern:
  1. Tempo musik modern lebih cepat dibandingkan musik lama.
  2. Diiringi menggunakan alat musik modern seiring berkembangnya zaman.
  3. Biasanya dipoles lagi dengan bantuan teknologi agar hasilnya lebih bagus.
  4. Polanya lebih bebas, namun tidak mengurangi nilai keindahan.
Demikianlah ciri ciri musik modern yang bisa kami jelaskan kepada kalian semua. Semoga bisa mencerahkan rasa penasaran kalian para pembaca. Sekarang harusnya kalian sudah memahami secara penuh mengenai pengertian musik modern lengkap beserta dengan jenis, fungsi dan cirinya. 

Penutup

Tidak terasa sekarang kita sudah sampai di bagian akhir dari artikel kita kali ini mengenai pengertian musik modern lengkap beserta jenis, fungsi, dan ciri cirinya. Bagaimana apakah kalian sudah merasa tercerahkan setelah membaca tulisan kami diatas? Semoga saja tulisan kami sudah menjawab rasa penasaran kalian semua ya!

Bagi kalian yang merasa postingan kami kali ini bermanfaat jangan lupa untuk bantu kami dengan cara bagikan artikel ini ke teman-teman atau keluarga kalian. Dengan begitu, kalian sudah membantu kali untuk lebih semangat lagi dalam menulis artikel yang bermanfaat. Terima kasih, dan sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment