iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Pengertian Musik Kontemporer: Fungsi, Karakteristik dan Jenisnya

Pengertian Musik Kontemporer

Pengertian Musik Kontemporer – Halo pembaca setia blog Pintarkan semuanya! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai mata pelajaran seni lagi nih. Sebelumnya kami sudah membahas mengenai pengertian musik modern yaitu musik yang sering kalian dengar saat ini. Namun tahu kah kalian kalau ada juga jenis musik kontemporer? Kalau kalian masih asing dengan istilah tersebut, inilah saat yang tepat karena kami akan menjelaskan mengenai pengertian musik kontemporer lengkap kepada kalian semua. Baiklah, tanpa basa-basi lagi mari kita mulai saja ke pembahasannya.

Pengertian Musik Kontemporer

Apa itu musik kontemporer? Musik kontemporer adalah sebuah kegiatan atau aktivitas kreatif lebih tepatnya pada saat itu musik kontemporer ini disebut musik baru. Musik kontemporer ini sangat digemari dari tahun 1990-an. Musik kontemporer juga bisa diartikan sebagai memainkan musik namun tidak menggunakan alat musik asli. Akan tetapi memainkan musik dengan menggunakan barang-barang seperti kaleng, pipa, dan sebagainya. Seperti itulah kurang lebih pengertian musik kontemporer yang bisa kami jelaskan.

Fungsi Musik Kontemporer

Setelah kalian memahami apa pengertian musik kontemporer, alangkah lebih baiknya apabila kalian juga memahami fungsinya. Berikut ini adalah fungsi musik kontemporer yang akan kami jelaskan:

1. Hiburan

Musik kontemporer sudah pasti berfungsi sebagai hiburan, karena setiap seni pasti ada hal yang bisa ditampilkan atau dipertunjukan kepada para penonton. Apabila dilihat-lihat siapa sih yang tidak suka dengan yang namanya musik? Jadi sudah pasti orang-orang akan merasa terhibur apabila ada pertunjukan musik.

2. Artistik

Tentu saja musik kontemporer juga berfungsi sebagai sarana untuk menyalurkan bakat para musisi. Mereka bisa bebas berekspresi dengan cara menulis lagu lalu menyanyikannya. Tentu saja fungsi musik kontemporer ini sangat bermanfaat sekali karena mereka bisa menyalurkan bakat mereka sekaligus menghibur para pendengarnya.

3. Pendidikan

Musik kontemporer juga berfungsi sebagai sarana pendidikan, karena kita semua tahu bahwa dalam bernyanyi atau membuat musik itu tidak bisa asal-asalan. Karena terdapat ilmu ilmu dan juga skill yang harus kita pahami agar bisa menjadi musisi yang baik. Selain itu apabila kita membuat group musik diperlukan kerjasama dan kemampuan antar tim agar tercipta suatu musik yang harmonis.

BACA JUGA: Pengertian Musik Modern: Jenis, Fungsi, dan Cirinya

4. Komunikasi

Beberapa musisi juga ada yang menjadikan musik kontemporer sebagai sarana untuk berkomunikasi. Seperti yang barusan sudah kami jelaskan bahwa musisi bisa membuat musik untuk mengekspresikan perasaannya. Ini juga bisa dilakukan untuk melakukan kritik sosial kepada pemerintah, dengan cara membuat lagu berisi pesan mengkritik.

5. Religi

Fungsi musik kontemporer juga adalah sebagai sarana religi. Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang sudah mulai banyak keluar lagu lagu yang berhubungan dengan keagamaan. Sehingga musik kontemporer juga bisa dijadikan sarana untuk menyebarkan nilai atau ilmu keagamaan.
Itulah dia ke 5 fungsi musik kontemporer yang bisa kami jelaskan kepada kalian semua.

Karakteristik Musik Kontemporer

Sekarang kalian pastinya sudah memahami pengertian musik kontemporer dan fungsinya dengan baik. Sekarang kalian juga harus mempelajari beberapa karakteristiknya. Berikut ini adalah karakteristik musik kontemporer:
  • Tempo dan juga dinamik yang terdapat pada musik kontemporer ini sangatlah bervariasi.
  • Memiliki beberapa harmoni yang tidak selaras.
  • Umumnya menggunakan suara perkusi.
  • Tangga nada yang biasa digunakan di musik kontemporer sangat beragam.
  • Birama pada musik kontemporer tidak terpaku dengan satu birama.
  • Tidak terikat oleh aturan zaman dulu atau perkembangan zaman.
  • Melodi liriknya lebih sedikit.
  • Ritmenya cukup kompleks.
  • Musik kontemporer merupakan improvisasi dari beragam keinginan pembuat musik.
  • Notasi pada musik kontemporer hanya bisa dipahami oleh musisi karena ditulis dengan simbol.
Demikianlah karakteristik musik kontemporer yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua.

Jenis Jenis Musik Kontemporer dan Penjelasannya

Semoga kalian sudah memahi dengan betul apa yang sudah kami jelaskan diatas seperti pengertian musik kontemporer beserta dengan fungsi dan karakteristiknya. Nah, sekarang kami akan menambah pengetahuan kalian lagi dengan cara membahas juga apa saja jenis jenis musik kontemporer. Baiklah, berikut ini adalah jenis jenis musik kontemporer dan penjelasannya:

1. Pop

Siapa sih yang tidak mengetahui jenis musik kontemporer yang satu ini, ya jenis tersebut adalah pop. Musik pop atau musik popular ini sangat familiar sekali ditelinga masyarakat karena mudah untuk didengar semua kalangan. Musik pop ini paling berkembang pesat dibandingkan jenis musik lainnya.

2. Jazz

Jenis jenis musik kontemporer yang selanjutnya adalah jazz. Musik jazz lahir di amerika serikat sekitar pada abad 60-an. Musik ini memiliki ciri khas dengan alat musik saksofon, bass, biola, piano dan juga terompet.

3. Klasik

Jenis musik kontemporer yang selanjutnya adalah klasik. Musik ini memiliki ciri khas nadanya yang lembut dan juga kalem. Musik ini sering digunakan sebagai terapi orang yang memiliki gangguan kecemasan. Musik ini membawa hati pendengarnya menjadi lebih tenang, bahkan beberapa orang juga ada yang mendengarkan musik klasik agar bisa mudah tertidur.

4. Blues

Musik blues juga termasuk kedalam jenis jenis musik kontemporer. Awalnya musik ini berkembang di negara Amerika. Selain itu katanya musik blues ini merupakan gabungan dari melankolis dan juga frustasi sehingga musik ini seringnya digunakan sebagai musik spiritual atau pujian.

5. Rock

Musik rock dikenal sebagai musik yang beraliran keras. Sang vokalis biasanya menyanyikan lagunya dengan nada seperti berteriak. Alat musik yang biasa digunakan pada jenis rock ini adalah gitar, drum dan juga bass. Meskipun begitu, penikmat musik rock juga bisa dibilang cukup banyak.

6. R&B

R&B adalah singkatan dari Rythm and Blues. Jenis musik modern ini merupakan gabungan budaya amerika dengan afrika setelah perang dunia ke II pecah. Orang yang mempopulerkan musik R&B ini adalah buruh kasar yang umumnya berkulit hitam yang tinggal di Amerika.

7. Dangdut

Jenis jenis musik kontemporer yang terakhir adalah dangdut. Mungkin beberapa dari orang tua kalian ada yang menyukai musik jenis dangdut ini. Dangdut kabarnya merupakan perpaduan musik india, melayu dan juga campursari. Musik dangdut ini sangat berkembang pesat di Indonesia, bahkan negara-negara di Asia Tenggara juga sudah banyak yang menyukai musik dangdut karena musiknya yang khas dan mudah dinikmati berbagai kalangan.
Itulah dia ke 7 jenis jenis musik kontemporer dan penjelasannya yang bisa kami sampaikan.

Penutup

Itulah dia artikel kami kali ini mengenai pengertian musik kontemporer lengkap beserta dengan fungsi, karakteristik dan juga jenisnya. Semoga artikel yang kami buat ini cukup lengkap dan bisa menjawanb semua rasa penasaran dan ketidaktahuan kalian semua pembaca setia pintarkan.

Bagi kalian yang merasa terbantu dengan adanya artikel kali ini jangan lupa untuk bagikan, baik itu ke teman-teman kalian atau keluarga kalian. Karena dengan begitu, kalian sudah mensupport kami agar bisa lebih bersemangat lagi dalam menulis artikel yang bermanfaat. Baiklah sekian dulu dari kami, sampai jumpa lagi dipostingan yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment