iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Pengertian Kiamat Sugra dan Kubra: Contoh dan Tanda Tandanya

Pengertian Kiamat Sugra dan Kubra

Pengertian Kiamat Sugra dan Kubra – Halo sahabat blog Pintarkan semuanya! Bertemu lagi bersama kami, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai mata pelajaran Agama Islam. Kalian pasti pernah mendengar kan bahwa dunia ini nanti akan hancur. Peristiwa tersebut dinamakan Kiamat. Dalam Islam, Kiamat itu dibagi menjadi dua yaitu kiamat sugra dan kiamat kubra. Namun, sudah tahu kah kalian mengenai dua perbedaan kiamat tersebut? Kalau belum yuk simak penjelasan kami dibawah ini.

Pengertian Kiamat Sugra dan Kubra

Seperti yang sudah kami bilang sebelumnya, kiamat ini terdiri dari dua macam diantaranya adalah kiamat sugra yang artinya adalah kiamat kecil dan juga kiamat kubra yang artinya adalah kiamat besar. Untuk lebih lengkapnya yuk simak penjelasan mengenai pengertian kiamat sugra dan kubra dibawah ini.

Pengertian Kiamat Sugra

Apa itu kiamat sugra? Kiamat sugra adalah kiamat kecil yang berarti seperti berakhirnya kehidupan sebagian makhluk hidup  didunia ini. Selain itu, bencana alam yang terjadi di dunia ini juga termasuk kedalam contoh kiamat sugra. Jadi bisa disimpulkan bahwa kiamat sugra ini adalah awal atau peringatan sebelum kita merasakan kiamat kubra atau kiamat yang sebenarnya dan menghancurkan seluruh isi bumi ini. Kurang lebih seperti itulah pengertian kiamat sugra.

BACA JUGA: Pengertian Jumlah Ismiyah dan Fi'liyah Beserta Contohnya

Pengertian Kiamat Kubra

Pasti kalian sudah bisa menebaknya, ya tentu saja kiamat kubra ini adalah kebalikan dari kiamat sugra. Kiamat kubra adalah kiamat besar yang berarti berakhirnya seluruh kehidupan makhluk hidup yang ada didunia ini. Semuanya akan hancur dan tidak ada yang tersisa satupun. Tentu saja tidak ada satupun orang yang tahu kapan kiamat kubra ini akan terjadi karena itu sepenuhnya adalah rahasia Allah SWT. Kita sebagai umat manusia hanya bisa selalu berlaku baik, agar bisa masuk surganya Allah. Demikianlah pengertian kiamat kubra yang dapat kami sampaikan. Semoga sudah cukup jelas ya.

Contoh Kiamat Sugra

Contoh Gambar Kiamat Sugra
Contoh Gambar Kiamat Sugra

Setelah kalian membaca dan memahami mengenai pengertian kiamat sugra dan kubra diatas tentu saja kalian juga harus memahami apa saja contoh kiamat sugra. Sebenarnya contohnya sudah bisa kita lihat sekarang ini, kalau kalian sudah penasaran berikut ini adalah contohnya:

1. Bencana Alam

Beberapa diantara kita pasti ada yang pernah merasakan terkena dampak dari bencana alam yang terjadi di dunia ini. Sesungguhnya bencana alam ini adalah salah satu contoh dari kiamat sugra yang sering kita temukan. Ada banyak sekali bencana alam di dunia ini seperti:
  • Gempa Bumi
  • Tsunami
  • Kebakaran
  • Banjir
  • Letusan Gunung Berapi
  • Kekeringan
  • Angin Tornado
  • Wabah Penyakit
  • Badai
  • .dll
Tentu saja ini adalah tanda awal sebelum terjadinya kiamat kubra. Kita bisa menjadikan munculnya contoh-contoh kiamat sugra ini sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah karena bumi kita sudah semakin tua. Tentunya, mungkin saja kiamat kubra ini akan segera terjadi sehingga kita harus selalu berbuat baik kepada sesama dan menghindari perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT. Selain itu juga, ini menjadikan kita untuk selalu peduli terhadap kelestarian lingkungan agar mencegah dan meminimalisir terjadinya bencana alam yang bisa membahayakan makhluk hidup.

2. Meninggal Dunia

Mungkin kalian tidak menyadarinya kalau meninggal dunia juga termasuk kedalam contoh kiamat sugra. Tentu saja kita mengetahui bahwa semua manusia akan meninggal dunia. Namun kita tidak tahu kapan giliran kita akan tiba. Ada yang meninggal diusia anak-anak, remaja, dewasa dan juga lanjut usia. Selain itu, penyebab meninggal dunia juga tentu bermacam-macam ada yang karena sakit, ada yang karena kecelakaan ataupun yang lainnya. Sehingga kita sebagai manusia hanya bisa berserah diri kepada Allah SWT dan selalu melakukan hal-hal yang baik dan disukai oleh Allah SWT. Sehingga kapanpun ajal kita tiba, kita dalam keadaan siap dan sedang tidak melakukan hal yang berdosa karena seluruh perbuatan kita nanti akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak.
Itulah dia beberapa contoh kiamat sugra yang dapat kami sampaikan.

Tanda Tanda Kiamat Kubra

Contoh Gambar Kiamat Kubra
Contoh Gambar Kiamat Kubra

Tentu saja terdapat beberapa tanda tanda apabila kiamat kubra sudah tiba. Apabila tanda ini sudah terlihat maka sudah dipastikan bahwa kiamat kubra akan segera terjadi, berikut ini adalah tanda tandanya:

1. Matahari Terbit dari Barat

Kita semua tahu bahwa pada dasarnya matahari ini selalu terbit dari arah timur. Namun apabila kiamat kubra akan segera tiba, maka tandanya adalah matahari akan terbit dari barat. Semua orang akan merasa kebingungan dan juga ketakutan dengan adanya fenomena ini. Seram sekali ya bila dibayangkan.

2. Munculnya Binatang Ajaib

Tanda tanga kiamat kubra yang selanjutnya adalah munculnya binatang ajaib. Terdapat dalil kiamat kubra QS An-Naml ayat 82 "Dan apabila perkataan mereka telah jatuh atas mereka, kami keluarkan binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka". Sehingga nanti dapat dipastikan akan terdapat binatang ajaib di bumi yang bisa berbicara kepada manusia.

3. Keluarnya Dajjal

Kalian pasti sudah pernah mendengar sosok Dajjal kan? bagi kalian yang belum tau Dajjal ini adalah sosok kafir yang jahat dan juga pembawa fitnah. Menurut hadist, ciri ciri fisik dajjal ini adalah cacat mata kirinya, memiliki rambut keriting dan lebat, dan mata kanannya buta. Selain itu di dahi nya tertulis kaf-fa-ra yang dibaca kafir.

Setelah keluarnya Dajjal, manusia akan diuji dengan datangnya kemarau dan juga kelaparan. Itu membuat hujan tidka turun sehingga pepohonan akan musnah dan hewan-hewan akan mati. Dajjal akan berpindah-pindah tempat sembari membawa kerusakan, dua kota yang tidak akan terkena dampaknya adalah Mekkah dan juga Madinah. Selain itu, Dajjal juga tidak bisa memasuki 4 masjid diantaranya adalah Masjid al-Haram, Masjid al-Aqsha, Masjid Nabawi, dan juga Masjid ath-Thur.

4. Keluarnya Imam Mahdi

Tanda tanda kiamat kubra yang terakhir adalah keluarnya Imam Mahdi. Imam Mahdi adalah seorang muslim berusia muda dan dipilih langsung oleh Allah SWT untuk menghancurkan segala bentuk kezaliman dan juga menegakkan keadilan di bumi sebelum terjadi hari kiamat. Imam Mahdi adalah pemimpin yang jujur dan juga adil.

Menurut penjelasan Rasulullah, Imam Mahdi berasal dari umat Muhammad, keningnya lebar dan hidungnya mancung, serta umuf kekhalifahannya berusia 7 tahun. Beliau juga masih keturunan dari anak cucu Muhammad.
Itulah dia ke 4 tanda tanda kiamat kubra yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua.

Penutup

Baiklah tidak terasa sekali kita sudah sampai dipenghujung artikel kali ini mengenai pengertian kiamat sugra dan kubra beserta contoh dan tanda tandanya. Setelah membaca penjelasan kami diatas apakah kalian sudah mulai paham? Semoga saja sudah ya, kami harap kalian bisa selalu berbuat baik agar bisa tergolong kedalam manusia yang dicintai oleh Allah SWT.

Terima kasih sudah membaca postingan kami kali ini, apabila tulisan kami ini dirasa bermanfaat jangan lupa untuk bagikan ke teman atau keluarga kalian agar bisa semakin bermanfaat. Sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment