iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Manfaat Kincir Angin dan Cara Kerjanya

Manfaat Kincir Angin

Manfaat Kincir Angin – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai mata pelajaran fisika nih. Kalian pasti pernah mendengar belanda dengan sebutan negeri kincir angin kan? Tahukah kalian apa saja fungsi kincir angin untuk kehidupan kita? Kami yakin pasti masih banyak sekali diantara kalian yang belum mengetahui apa saja manfaatnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan bagaimana cara kerja kincir angin. Oleh karena itu, kami sangat tertarik sekali untuk mengulas artikel ini. Baiklah, tanpa banyak bicara lagi langsung saja kita mulai ke pembahasan utamanya.

Manfaat Kincir Angin

Perlu kalian ketahui bahwa ada banyak sekali manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin beberapa diantara kalian banyak yang merasakan manfaatnya hingga kini. Apabila kalian sudah penasaran, berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Membantu Penyaluran Air

Mungkin kalian tidak akan menyadarinya abhwa kincir angin juga turut membantu dalam hal penyaluran air. Konsepnya hampir sama seperti yang dilakukan dalam saluran irigasi, kincir angin dijadikan sebagai pompa air kemudian menyalurkannya ke penampungan sehinga masyarakat tidak perlu mengeluarkan energinya untuk memompa atau menimba air.

2. Mengeringkan Hasil Panen Para Petani

Manfaat kincir angin yang selanjutnya adalah untuk mengeringkan hasil panen para petani. Sebelum hasil panen ditumbuk atau diolah menjadi bahan lainnya, biasanya para petani menaruh hasil panen mereka ke bilah kincir angin lalu dibiarkan hingga air yang tersisa dari hasil panen tersebut hilang hingga mengering.

BACA JUGA: Sifat Sifat Magnet dan Medan Magnet Beserta Manfaatnya

3. Pembangkit Listrik

Kalian semua pasti pernah mendengar bahwa terdapat pembangkit listrik tenaga angin atau yang biasa disingkat dengan PLTA, kincir angin adalah medianya. Kincir angin sekarang ini dimanfaatkan untuk menghasilkan sumber energi listrik. Bahkan di Belanda, kincir angin digunakan untuk menyalakan generator listrik di beberapa kota di Belanda. Sehingga tentu saja energi alternatif ini sungguh bermanfaat sekali bagi masyarakat. Meskipun begitu, tentu saja energi listrik yang dihasilkan kincir angin terdapat kelemahan seperti prosesnya yang rumit karena membutuhkan banyak kincir angin untuk bisa menghasilkan listrik yang mampu menerangi kota-kota.

4. Sebagai Alat Pembantu Penggiling Padi

Manfaat kincir angin juga adalah sebagai alat penggiling padi. Karena dari listrik yang dihasilkan oleh kincir angin bisa dipakai untuk menyalakan generator untuk memberikan tenaga listrik kepada alat penggiling padi. Sehingga bisa lebih hemat dan juga ramah lingkungan, dan tentu saja ini sangat membantu meringankan pekerjaan para petani.

5. Mengalihkan Arah Angin

Kincir angin juga bermanfaat untuk mengalihkan arah angin. Jadi, ketika ada angin besar yang datang maka berkat kincir angin, angin besar tersebut bisa tersalurkan ke arah tertentu. Hal ini menjadikan, angin besar tersebut menjadi kecil dan tidak menganggu rumah atau perkebunan dari para warga.

6. Sebagai Energi Alternatif Penggunaan Bahan Bakar Fossil

Manfaat kincir angin juga adalah sebagai salah satu sumber energi alternatif untuk menggantikan penggunaan bahan bakar fossil. Seperti yang kita ketahui, bahan bakar fossil menggunakan minyak atau gas alam lainnya, tentu saja apabila digunakan terus menerus lama kelamaan akan habis dan anak cucu kita tidak akan kebagian. Oleh karena itu, kincir angin ini adalah salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

7. Membantu Proses Pemotongan Kayu

Kincir angin juga turut berperan dalam membant proses pemotongan kayu. Karena kincir angin bisa digunakan sebagai pembangkit energi listrik, maka ia bisa digunakan untuk menyalakan generator. Listrik yang dihasilkan bisa untuk menyalakan mesin gergaji sehingga menjadi lebih hemat karena menekan harga produksi dan juga yang paling penting adalah ramah lingkungan.

8. Sumber Energi yang Ramah Lingkungan

Seperti yang sudah sering kami sebutkan diatas bahwa manfaat kincir angin adalah sebagai sumber energi yang ramah lingkungan. Mengapa seperti itu? Karena kincir angin adalah salah satu sumber energi alternatif yang sangat ramah lingkungan karena tidak memberikan polusi udara. Sehingga kualitas udara disekitarnya tetap aman dan terjaga.

Itulah dia 8 manfaat kincir angin yang bisa kami jelaskan kepada kalian semua. Sekarang kami akan menjelaskan bagaimana cara kerja kincir angin hingga bisa menjadi suatu sumber energi alternatif yang sangat bermanfaat bagi kita semua.

Cara Kerja Kincir Angin

Mungkin satu diantara sekian banyak pembaca blog ini ada yang bertanya-tanya, bagaimana bisa kincir angin bisa menghasilkan energi listrik. Oleh karena itu, disini kami akan menjawab semua rasa penasaran kalian. Berikut ini adalah cara kerja kincir angin:

  1. Bermula dari angin yang bertiup ke arah bilah kincir angin, kemudian secara otomatis bilah kincir angin akan bergerak.
  2. Setelah itu, poros kincir angin dihunbungkan ke gearbox yang dimana kecepatan perputaran poros tersebut akan ditingkatkan dengan cara mengatur perbandingan roda gigi yang terdapat pada gearbox.
  3. Lalu, gearbox dihubungkan generator untuk merubah energi mekanik yang dihasilkan kincir angin menjadi energi listrik.
  4. Setelah itu, barulah energi listrik dari generator dialirkan menuju transformer untuk dinaikan tegangannya kemudian disalurkan ke masyarakat sekitar.
Kurang lebihnya seperti itulah cara kerja kincir angin. Bagaimana, apakah kalian sudah mulai terbayang? Semoga saja kalian bisa memahaminya ya!

Penutup

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat kincir angin dan cara kerjanya. Semoga apa yang kami tulis ini bisa menambah pengetahuan kalian semua para pembaca setia blog pintarkan. Kami harap, kalian bisa memahami dengan mudah apa yang sudah kami jelaskan.

Jangan lupa untuk bagikan postingan kami kali ini ke teman atau kerabat kalian semua agar bisa lebih bermanfaat. Apabila kalian melakukan hal tersebut, maka kami akan semakin bersemangat dan giat dalam menulis artikel yang bermanfaat bagi kalian semua. Baiklah, sekian dulu dari kami kali ini. Sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment