iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Manfaat Kincir Air dan Cara Kerjanya

Manfaat Kincir Air

Manfaat Kincir Air – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini, kami masih akan membahas mengenai mata pelajaran fisika. Kalau pada postingan kemarin kami membahas mengenai kincir angin, nah sekarang kami akan membahas mengenai apa saja manfaat kincir air dan juga cara kerjanya. Mungkin beberapa diantara kalian ada yang sudah pernah melihat kincir air, atau minimalnya pernah mendengarnya. Kincir air tentu saja memiliki beberapa manfaat yang sangat menguntungkan masyarakat disekitarnya. Kalau kalian sudah penasaran, mari kita langsung mulai ke pembahasan utamanya.

Manfaat Kincir Air

Apabila kalian tinggal di daerah pedesaan, mungkin kalian masih sering menemukan kincir air. Kincir air biasanya terbuat dari kayu, dan tentu saja berada disekitar tempat yang ada aliran airnya. Apakah kalian tahu apa saja manfaatnya? Kalau belum, berikut ini adalah manfaat kincir air:

1. Membantu Mengolah Hasil Pertanian

Dengan memanfaatkan putaran dari kincir air, para petani bisa memanfaatkannya untuk mengolah hasil pertaniannya. Sebagai contoh, para petani bisa memanfaatkannya untuk menggiling padi, gandum, jagung dan juga tanaman lainnya. Tentu saja ini menghemat pengeluaran para petani karena biaya yang dikeluarkan mungkin lebih sedikit dan juga yang paling penting adalah ramah lingkungan.

2. Membantu Pengairan Sawah (Irigasi)

Manfaat kincir air yang selanjutnya adalah untuk membantu pengairan sawah atau irigasi. Apabila tanpa kincir air, sawah hanya bisa mengandalkan air hujan saja sehingga menyebabkan tanamannya kurang subur. Apabila ada kincir air, maka para petani bisa merancang irigasi sawah yang dimana air yang didapatkan dari sumber air terdekat dialirkan ke sawah melalui kincir air sehingga sawah akan tetap subur.

BACA JUGA: Manfaat Kincir Angin dan Cara Kerjanya

3. Pembangkit Listrik Tenaga Air

Sama seperti kincir angin, kincir air juga bisa dijadikan sebagai sumber energi alternatif. Cara kerjanya sama persis, hanya saja ini menggunakan air. Aliran air tentu saja akan menggerakan bilah-bilah kincir air, kemudian energi mekanik yang dihasilkan akan disalurkan ke generator sehingga bisa dihasilkan energi listrik. Kemudian listrik ini akan disalurkan ke masyarakat sekitar, tentu saja ini sangat bermanfaat sekali. Karena ini ramah lingkungan dan juga menghemat pengeluaran mereka, karena seperti yang kita ketahui biaya listrik sekarang ini cukup mahal.

4. Membantu Mengolah Kayu

Kincir air juga bermanfaat untuk membantu proses pemotongan kayu. Dengan memanfaatkan gerakan dari kincir air, maka bisa digunakan untuk proses memotong kayu agar bisa lebih cepat. Selain menghemat waktu, proses ini juga ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi apapun.

5. Menjadi Objek Wisata

Manfaat kincir air yang selanjutnya adalah sebagai objek wisata. Perlu kita ketahui, apabila kincir air tersebut berada dilokasi yang strategis dan tempatnya indah tentu saja berpotensi untuk dijadikan objek wisata. Tentu saja ini akan memberikan pemasukan tambahan untuk suatu daerah. Selain manfaat dari kincir air bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar, lalu bisa dijadikan tempat wisata juga oleh para turis baik domestik atau mancanegara.

6. Sebagai Pompa Air

Kincir air juga bisa dimanfaatkan sebagai pompa air. Contohnya adalah untuk menyalurkan air ke berbagai tempat seperti kolam ikan atau bahkan ke rumah-rumah warga yang membutuhkan air bersih. Tentu saja ini menguntungkan sekali karena membantu masyarakat sekitar.

7. Meningkatkan Produktivitas Penduduk Sekitar

Manfaat kincir air yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan produktivitas penduduk sekitar. Karena para penduduk bisa memanfaatkan kincir air untuk berbagai keperluan seperti bidang industri ataupun pertanian. Sehingga mereka bisa mengolahnya dengan cepat, mudah, dan juga menghemat pengeluaran. Dengan begitu, mereka bisa menjual berbagai produk mereka sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para penduduk di wilayah tersebut.

8. Menjaga Kelestarian Lingkungan

Seperti yang sering kami sebut diatas, bahwa penggunaan kincir air ini sangat ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi. Selain itu, kincir air bisa dimanfaatkan untuk pengairan atau irigasi yang dimana ini menjaga kelestarian lingkungan tersebut. Selain itu, kincir air juga bisa meningkatkan produktivitas penduduk sekitar dan juga lebih menghemat waktu mereka.

Itulah dia ke 8 manfaat kincir air yang dapat kami jelaskan kepada kalian semua. Semoga kalian bisa memahaminya dengan baik, dan bisa menjawab seluruh rasa penasaran kalian.

Cara Kerja Kincir Air

Mungkin beberapa diantara kalian masih ada yang belum mengetahui bagaimana cara kerja dari kincir air. Oleh karena itu, kami juga tertarik untuk menjelaskan mengenai cara kerja kincir air. Silahkan disimak penjelasan kami dibawah ini.

  1. Memasang bilah kayu sebagai tempat mengarahkan air ke arah bilah kincir air sesuai dengan arah putarannya.
  2. Kincir air dipasangi sebuah turbin kecil, turbin besar dan juga magnet.
  3. Kincir air juga dipasangi karet sebagai penghubung antara turbin kecil dan juga turbin besar yang nantinya akan memutarkan magnet.
  4. Dari hasil putaran tersebut akan menghasilkan arus listrik, yang kemudian akan diteruskan ke generator untuk dialirkan ke para masyarakat sekitar.
  5. Semakin deras arus air, maka akan semakin kencang juga putaran dari kincir air.
Kurang lebihnya seperti itulah cara kerja kincir air yang bisa kami bagikan kepada kalian semua pembaca setia blog Pintarkan. Semoga bisa kalian pahami penjelasan dari kami.

Penutup

Demikianlah artikel dari kami kali ini mengenai manfaat kincir air dan cara kerjanya. Semoga penjelasan dari kami ini cukup jelas dan bisa menjawab semua rasa penasaran kalian. Selain itu, kami juga berharap agar artikel kami bisa dijadikan sebagai referensi dalam penyelesaian tugas sekolah kalian. 

Sekian dulu dari kami, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kalian agar bisa lebih bermanfaat dan membuat kami bersemangat untuk selalu memberikan artikel terbaik kepada kalian semua. Sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment