iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai mata pelajaran Bahasa Indonesia. Bagi kalian yang sedang menulis skripsi atau tugas akhir, pasti akan terdapat daftar pustaka. Daftar pustaka adalah kumpulan daftar yang berisikan tentang sumber referensi, rujukan atau acuan dari suatu karya tulis yang diambil dari berbagai macam sumber seperti buku, tesis, jurnal ilmiah, dan dokumen lainnya. Nah, yang sekarang akan kami bahas adalah mengenai bagaimana cara menulis daftar pustaka dari jurnal. Tentu saja kami akan menjelaskannya dengan lengkap dan jelas kepada kalian semua. Baiklah, kalau sudah penasaran langsung saja kita mulai ke pembahasan utamanya.

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

Pada umumnya, terdapat beberapa hal yang harus tercantum dalam penulisan daftar pustaka. Tentu saja kita tidak bisa membuatnya sembarangan, karena tentu saja akan direvisi oleh para dosen pembimbing. Beberapa hal yang harus tercantum dalam penulisan daftar pustaka diantaranya adalah:
  1. Nama Penulis
  2. Tahun Terbit
  3. Judul Artikel
  4. Nama Jurnal
  5. Volume (Edisi).
  6. Halaman
  7. DOI atau Digital Object Identifier 
  8. URL Website
Perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa gaya dalam penulisan daftar pustaka, dan tentu saja formatnya tidak sama satu sama lain. Cara penulisan daftar pustaka dari jurnal yang sering digunakan adalah APA Style dan juga MLA Style. Mengenai perbedaan dari kedua gaya tersebut akan kami jelaskan secara lengkap dibawah ini.

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal APA Style

Apa itu APA Style? APA style merupakan singkatan dari American Psychological Association. Gaya penulisan daftar pustaka ini seringkali digunakan dalam bidang psikologi, cognitive science yang meliputi antropologi, filsafat, kecerdasan buatan, ilmu saraf dan linguistik. Selain itu, bidang social science seperti akuntansi, geografi, pendidikan, hukum dan ekonomi juga termasuk kedalam APA style dalam menulis daftar pustaka.

BACA JUGA: Struktur Surat Lamaran Pekerjaan Beserta Tujuan dan Contohnya

Berikut ini adalah cara menulis daftar pustaka dari jurnal APA Style:
Format dalam penulisan daftar pustaka dengan menggunakan APA style kurang lebih adalah seperti ini
Nama Akhir Pengarang, A. (Tahun Penerbitan). Judul Artikel. Nama Jurnal, Volume(edisi jika ada), halaman.

1. Contoh Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal Online atau Internet APA Style

Spreer, P., Rauschnabel, P.A. (2016, September). Selling with technology: Understanding the resistance to mobile sales assistant use in retailing. Journal of Personal Selling & Sales Management, 36(3), 240-263. doi:10.1080/08853134.2016.1208100

2. Contoh Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal Online atau Internet Tanpa doi APA Style

Jameson, J. (2013). E-Leadership in higher education: The fifth “age” of educational technology research. British Journal of Educational Technology, 44(6), 889-915. Retrieved from http://onlinelibrary.wiley.com/journal/10.1111/(ISSN)14678535;jsessionid=956132F3DE76EEB120577E99EE74CE9C.f04t01.

3. Contoh Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal Bentuk Cetak (1 Penulis) APA Style

Ready, R. (2000). Mothers’ personality and its interaction with child temperament as predictors of parenting behavior. Journal of Personality and Social Psychology, 79, 274-285.

4. Contoh Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal Bentuk Cetak (2 Penulis) APA Style

Wassman, J., & Dasen, P.R. (1998). Balinese spatial orientation. Journal of Royal Anthropological
Institute, 4, 689-731.

5. Contoh Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal Bentuk Cetak (Lebih Dari 7 Penulis) APA Style

Yonkers, K. A., Ramin, S. M., Rush, A. J., Navarrete, C. A., Carmody, T., March, D., . . . Leveno, K. J. (2001). Onset and persistence of postpartum depression in an inner-city maternal health clinic system. American Journal of Psychiatry, 158(11), 1856-1863. doi:10.1176/appi.ajp.158.11.1856.

Itulah dia beberapa cara menulis daftar pustaka dari jurnal dengan menggunakan APA Style yang bisa kami jelaskan kepada kalian semua. Semoga penjelasan dari kami mudah untuk kalian pahami. Selanjutnya kami akan membahas mengenai MLA Style.

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal MLA Style

Apa itu MLA Style? MLA Style adalah cara menulis daftar pustaka dari jurnal yang merupakan singkatan dari Modern Language Association. Apabila dibandingkan dengan APA Style, MLA style ini bisa dibilang lebih mudah dan juga lebih sederhana dalam pembuatannya. MLA style umumnya digunakan untuk kutipan daftar pustaka dalam bidang Bahasa dan sastra, seni, agama, dan juga ilmu sosial.

Berikut ini adalah cara menulis daftar pustaka dari jurnal MLA Style:
Format dalam penulisan daftar pustaka MLA Style kurang lebih adalah seperti ini
Nama Akhir, Nama Awal. “Judul Artikel.” Nama Jurnal Volume.edisi (Tahun Publikasi):Media.

1. Contoh Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal Online atau Internet MLA Style

Johansson, Sara. “A Participle Account of Blackfoot Relative Clauses.” The Canadian Journal of Linguistics 58.2 (2013): 217-38. Project Muse. Web. 5 Mar. 2015.

Jobe, Karen D. “Women and the Language of Hackerdom: The Gendered Nature of Hacker Jargon.” Kairos 5.2 (2000): n. pag. Web. 23 Mar. 2005.

2. Contoh Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal (1 Penulis) MLA Style

Smith, John. “Studies in pop rocks and Coke.” Weird Science 12 (2009): 78-93. Print.

3. Contoh Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal (2 atau 3 Penulis) MLA Style

Smith, John, Jane Doe, and Bob Anderson. “Studies in pop rocks and Coke.” Weird Science 12 (2009): 78-93. Print.

4. Contoh Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal (Lebih dari 3 Penulis) MLA Style

Smith, John, et al. “Studies in pop rocks and Coke.” Weird Science 12 (2009): 78-93. Print.

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai cara menulis daftar pustaka dari jurnal yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua. Semoga apa yang sudah kami jelaskan kali ini bisa kalian pahami dengan cepat dan mudah. Bagi kalian yang sedang mengerjakan atau berusaha menyelesaikan tesis atau tugas akhir semoga dilancarkan dan dapat memberikan hasil yang memuaskan, aamiin.

Apabila artikel yang kami buat ini dirasa memberikan manfaat yang besar, jangan lupa untuk bantu bagikan artikel ini kepada teman-teman atau keluarga kalian semua. Dengan begitu, kalian sudah membantu kami untuk terus semangat dalam menulis artikel yang berguna untuk kalian semua. Teruslah semangat dalam menuntut ilmu, gapailah cita-citamu. Sampai jumpa pada postingan kami yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment