iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Bagian Bagian Bunga dan Fungsinya

Bagian Bagian Bunga dan Fungsinya

Bagian Bagian Bunga dan Fungsinya – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai mata pelajaran Biologi. Bagi kalian para wanita, pastinya kalian akan suka sekali ketika melihat bunga-bunga indah yang ada di taman. Namun apakah kalian tahu apa saja bagian bagian bunga dan fungsinya? Pastinya tidak semua diantara kalian tahu mengenai hal ini, oleh karena itulah kami tertarik untuk membahasnya. Baiklah tanpa lama lagi, langsung saja kita mulai ke pembahasan utamanya.

Bagian Bagian Bunga dan Fungsinya

1. Benang Sari

Apa itu benang sari? Benang sari bisa dibilang adalah organ yang berfungsi sebagai alat reproduksi jantan yang terdapat pada bunga. Bagian dari benang sari ini terdiri dari tangkai sari, dan kepala sari yang didalamnya terdapat empat kotak sari yang disebut mikrosporangia. Mikrosporangia ini mengandung serbuk sari yang berguna untuk membuahi bunga betina yang akan diantarkan oleh angin atau hewan untuk dilepaskan ke putik sari. Proses tersebut dinamakan penyerbukan bunga.

2. Tangkai Bunga

Bagian bagian bunga dan fungsinya yang selanjutnya adalah tangkai bunga. Apa itu tangkai bunga? Tangkai bunga adalah bagian bunga yang terdapat di bawah bunga. Tangkai bunga berfungsi untuk penopang dan juga penghubung untuk tangkai bunga dan juga ranting. Kalian pasti selalu memegang tangkai bunga apabila hendak memetik bunga.

3. Dasar Bunga

Dasar bunga adalah bagian bunga yang berada diatas tangkai bunga atau bagian bunga bawah. Bisa dibilang dasar bunga ini adalah bagian sesudah tangkai bunga. Fungsi dari dasar bunga ini adalah sebagai tempat bertumpunya atau permukaan mahkota bunga terhadap bagian bunga yang lainnya.

4. Kelopak Bunga

Bagian bagian bunga dan fungsinya yang akan kami bahas selanjutnya adalah kelopak bunga. Ketika mahkota bunga masih kuncup atau belum mekar sepenuhnya, kelopak bunga lah yang melindunginya. Sehingga, fungsi dari kelopak bunga ini bisa dibilang adalah sebagai pelindung dari mahkota bunga sembari menunggu dia mekar. Apabila mahkota bunga sudah mekar, maka kelopak bunga akan membentuk seperti bagian dasar dari bunga.

5. Mahkota Bunga

Bagian bunga yang satu ini bisa dibilang adalah bagian terindah dari suatu bunga. Mahkota bunga ini bentuknya bermacam-macam, indah dan juga berwarna-warni. Mahkota juga sering dibilang sebagai perhiasan bunga. Serangga sangat tertarik sekali untuk hinggap diatas mahkota bunga, dan itu juga tentu saja membantu bunga dalam melakukan proses penyerbukan.

6. Daun Pelindung

Bagian bagian bunga dan fungsinya yang selanjutnya adalah daun pelindung. Daun pelindung ini adalah daun terakhir yang menjadi tempat tumbuhnya dari suatu bunga. Sehingga bisa disimpulkan bahwa daun pelindung ini tidak sama dengan kelopak bunga, karena pada bagian daun pelindung inilah bunga tumbuh dan berkembang.

BACA JUGA: Pengertian Simbiosis Komensalisme dan Contohnya Lengkap

7. Kepala Putik

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas mengenai reproduksi bunga, kepala putik adalah salah satu medianya. Fungsi kepala putik ini adalah untuk tempat masuknya polen dari kepala sari yang kemudian akan disalurkan ke bagian tabung serbuk sari.

8. Tangkai Putik

Bagian bagian bunga dan fungsinya yang selanjutnya adalah tangkai putik. Tangkai putik memiliki rongga atau saluran tabung serbuk sari yang berguna untuk membawa polen dari kepala sari dan diteruskan menuju ovarium agar bisa terjadi pembuahan. Sehingga, fungsi tangkai putik ini adalah untuk menyangga kepala putik agar posisinya tetap dan tidak berubah.

9. Bakal Buah

Seperti namanya, fungsi bakal buah ini adalah sebagai tempat terjadinya proses pembuahan. Proses pembuahan ini adalah proses dimana terjadi peleburan antara gamet jantan dan betina sehingga nanti bisa terbentuk bakal buah.

10. Bakal Biji

Bagian bagian bunga dan fungsinya yang terakhir akan kami bahas adalah bakal biji. Fungsi bakal biji adalah untuk melakukan proses pembentukan biji sehingga nanti bisa dihasilkan biji yang matang. Bakal biji ini memiliki peran yang sangat penting sekali karena dengan adanya biji kita bisa menanam tanaman generasi berikutnya.

Demikianlah 10 bagian bagian bunga dan fungsinya yang bisa kami jelaskan kepada kalian semua. Semoga bisa menjawab semua rasa penasaran kalian semua para pembaca setia blog Pintarkan.

Penutup

Tidak terasa kita sudah sampai di akhir pembahasan kita kali ini mengenai materi bagian bagian bunga dan fungsinya. Bagaimana, apakah penjelasan kami sudah jelas? Semoga saja sudah bisa menambah wawasan kalian semua ya!

Kami rasa cukup sekian dulu pembahasan dari kami kali ini, jangan lupa untuk bagikan artikel ini apabila dirasa bermanfaat dan juga membantu penyelesaian tugas kalian. Karena dengan begitu kalian sudah membantu kami agar bisa lebih bersemangat lagi dalam memberikan artikel yang bermanfaat untuk kalian semua. Sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment