iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Tahapan Pembelahan Sel Secara Mitosis

Tahapan Pembelahan Sel Secara Mitosis

Tahapan Pembelahan Sel Secara Mitosis – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini kami masih akan membahas mengenai mata pelajaran Biologi. Kali ini kami akan menjelaskan mengenai salah satu proses pembelahan sel dengan cara mitosis. Seperti yang kita ketahui, pembelahan sel ada secara meiosis dan juga mitosis.

Untuk kali ini kami akan membahas tahapan pembelahan sel secara mitosis terlebih dahulu. Perlu kalian ketahui bahwa pembelahan sel ini sangatlah penting sekali, mengingat sel akan terus berfungsi dalam perbaikan dan pembaruan serta mengganti sel-sel yang mati. Baiklah, tanpa banyak basa-basi lagi mari kita langsung mulai ke pembahasannya.

BACA JUGA: Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik Lengkap

Tahapan Pembelahan Sel Secara Mitosis

Proses mitosis terbagi kedalam lima tahapan yang diantaranya adalah profase, metafase, anafase, dan juga telofase. Untuk penjelasan lebih jelas mengenai ke 4 tahapan pembelahan sel secara mitosis tersebut, silahkan baca tulisan kami dibawah ini.

1.Profase

Profase ini adalah tahapan dimana inti sel akan mulai menghilang dan juga serat kromatin akan terkumpul lebih rapat, serta kromosom yang terduplikasi akan terlihat sebagai dua kromatid yang sama dan terhubung dibagian sentromer disepanjang lengan. Selain itu, benang spindel juga mulai terbentuk pada tahapan profase ini. Benang Spindel adalah bagian dari kromosom yang berfungsi untuk menggerakkan kromosom ketika proses pembelahan sel sedang dimulai.

2. Metafase

Tahapan pembelahan sel secara mitosis yang selanjutnya adalah metafase. Tahap metafase ini bisa dibilang adalah tahapan mitosis yang paling lama dibandingkan yang lainnya, karena prosesnya berlangsung kurang lebih selama 20 menit. Selain itu, di tahap ini kromatid akan menuju ke bagian tengah dari sel dan menempatkan dirinya dibidang tengah sel tersebut. Bidang tersebut adalah bidang ekuator yang dimana bidang tersebut sebagai tempat terjadinya pembelahan sel.

3. Anafase

Tahap selanjutnya adalah anafase, ditahapan ini kromatid akan memisahkan diri dari pasangannya lalu mereka akan bergerak menuju bagian ujung dari kutub sel yang memiliki arah saling berlawanan. Setelah itu, pada bagian kromatid berfungsi sebagai kromosom lengkap yang memiliki sifat keturunan yang identik.

4. Telofase

Tahapan pembelahan sel secara mitosis yang terakhir adalah telofase. Telofase ini ditandai dengan menghilangnya benang spindel dan posisi membran inti. Oleh karena itu bagian dari dinding inti sel-sel akan mengalami proses pembentukan kembali dan juga plasma sel akan terbagi menjadi dua bagian yang sama. Proses ini disebut dengan sitokinesis. Pada tahap sitokinesis yang terjadi pada sel hewan, biasanya akan ditandai dengan melekuknya bagian dari sel kedalam dan juga terbentuknya bagian dari membran sel. Sedangkan sitokinesis yang terjadi pada sel tumbuhan akan ditandai dengan terbentuknya bagian dari dinding sel dan juga terbentuknya membran sel baru ditengah bagian selnya.

Penutup

Tidak terasa khirnya kita sudah sampai diakhir pembahasan kita kali ini mengenai ke 4 tahapan pembelahan sel secara mitosis. Semoga postingan kami kali ini bisa dipahami dengan mudah oleh kalian semua pembaca setia blog Pintarkan.

Baiklah, mungkin sekian dulu tulisan dari kami pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian dan dapat membantu kalian dalam menyelesaikan tugas sekolah. Tidak pernah lelah kami ingatkan untuk bagikan artikel ini apabila dirasa bermanfaat. Terima kasih pembaca setia , dan sampai jumpa dipostingan yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment