iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Beserta Tabel dan Gambar

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Seperti yang kita ketahui, didunia ini terdapat berbagai macam makhluk hidup seperti Manusia, Hewan dan juga Tumbuhan. Namun tahu kah kalian bahwa didalam hewan dan juga tumbuhan terdapat sel-sel?

Jika kalian belum mengetahuinya, kali ini kami akan membahas mengenai apa saja perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Kami akan menjelaskannya secara jelas dan juga terperinci agar kalian bisa dengan mudah memahami perbedaannya. Baiklah tanpa basa-basi lagi, langsung saja kita mulai ke pembahasannya.

BACA JUGA: Proses Glikolisis Beserta Pengertian dan Hasilnya

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Tentu saja ada banyak sekali perbedaan dari sel hewan dan juga sel tumbuhan, seperti strukturnya, jumlah organel sel, bentuk dan juga masih banyak lagi. Bagi kalian yang sudah penasaran, mari simak pembahasan lengkap kami dibawah ini.

1. Dinding Sel

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang paling menonjol bisa dilihat dari dinding selnya. Mengapa seperti itu? Karena sel hewan tidak memiliki dinding sel, lain halnya dengan sel tumbuhan yang terdapat dinding sel. Pada sel tumbuhan, dinding sel berfungsi untuk memberikan perlindungan dan juga mempertahankan bentuk dari sel tersebut. Sedangkan pada sel hewan hanya terdapat membran plasma yang berfungsi sebagai batasan terluar dari sel hewan.

2. Plastida

Perbedaan yang selanjutnya bisa dilihat dari plastidanya. Tidak terdapat plastida pada sel hewan , namun sebaliknya pada sel tumbuhan terdapat plastida. Pada plastida yang terdapat dalam sel tumbuhan terdapat kloroplas. Seperti yang kita ketahui, kloroplas ini berfungsi untuk membuat makanannya sendiri. Karena hewan tidak memiliki plastida, sehingga mereka tidak bisa menghasilkan makanannya sendiri.

3. Sentriol

Sentriol juga termasuk kedalam perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Mengapa seperti itu? Karena sentriol hanya terdapat di sel hewan saja, sebaliknya sel tumbuhan tidak memiliki sentriol. Fungsi sentriol pada sel hewan adalah untuk mengatur polaritas pembelahan sel dan pembentukan silia serta flagela dan pemisahan kromosom pada saat pembelahan sel. Bentuk dari sentriol ini adalah silinder dengan lubang tengah yang tersusun dari protein mikrotubulus.

4. Lisosom

Pembeda dari sel hewan dan sel tumbuhan yang selanjutnya adalah Lisosom. Sel tumbuhan tidak memiliki lisosom, sementara sel hewan memilikinya. Lisosom berfungsi untuk membantu pencernaan dan juga untuk pemecahan zat dalam sel hewan. 

5. Vakuola

Selanjutnya adalah Vakuola. Sel hewan tidak selalu memiliki vakuola, sedangkan sel tumbuhan pasti memiliki vakuola. Vakuola pada sel tumbuhan berfungsi untuk memasukkan air melalui tonoplas dan sebagai gudang sel yang mengandung air dan zat terlarut lainnya. Sedangkan vakuola pada hewan bisa ditemukan pada hewan bersel satu.

Tabel Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Agar kalian bisa semakin mudah dalam memahami apa saja perbedaannya, kami sudah menyediakan tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Semoga dengan adanya tabel ini, kalian bisa lebih mudah memahaminya.

PerbedaanSel Hewan Sel Tumbuhan
Matriks EkstraselularAdaTidak Ada
LisosomUmumnya banyak terdapat dalam sel hewanJarang ditemukan
GlioksisomTidak ada, jarang ditemukanAda
Bentuk SelBerbagai macam, dapat berubah-ubah bentuk dan tidak kakuBentuk sel tumbuhan kaku, jarang berubah bentuk kecuali derivat sel
Elastisitas jaringanTinggi, tidak adanya dinding selRendah, karena adanya dinding sel
Letak Inti SelBerada ditengah selBerada di pheriperal sitoplasma
Sentrosom/SentriolAdaTidak ada, jarang ditemukan
Organel RespirasiMitokondriaKloroplas dan Mitokondria
Ukuran SelKecilBesar
SiliaSering ditemukanSangat jarang
FlagelaSering ditemukanJarang
Pembentukan SpindleSecara amphiastralSecara anastral
Sitokinesis selMembentuk furrowingMembentuk lempeng mitosis
Ketahanan TekananLemahKuat
Tingkat TotipotensiRendahSangat Tinggi
Sambungan antar selDesmosomePlasmodesmata
VakuolaAda, berukuran kecilAda, berukuran besar
SentriolAdaTidak Ada
PlastidaTidak AdaAda
Dinding SelTidak AdaAda

Gambar Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Setelah kalian membaca berbagai macam perbedaannya, rasanya akan sangat kurang sekali apabila kalian tidak mengetahui bagaimana gambar dari bentuk masing-masing sel tersebut. Oleh karena itu kami sudah menyediakan gambar perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang bisa kalian lihat. Berikut ini adalah gambarnya.


Gambar Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
Gambar Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan


Penutup

Tidak terasa kita sudah sampai diakhir pembahasan materi kali ini mengenai apa saja perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan lengkap beserta tabel dan juga gambarnya. Semoga artikel yang kami buat kali ini bisa kalian pahami dengan mudah dan menjadi bermanfaat bagi kita semua.

Bagi kalian yang merasa terbantu dengan adanya postingan kami kali ini, jangan lupa untuk bagikan kepada teman-teman kalian semua agar bisa lebih bermanfaat. Karena menyebarkan ilmu adalah suatu perbuatan yang disukai oleh Allah. Baiklah, sekian dulu postingan dari kami. Sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment