U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Sebelumnya kami ingin meminta maaf kepada kalian semua yang mungkin sudah lama menunggu postingan terbaru dari kami. Mohon untuk dimaklumi karena belakangan ini kami sedang memiliki kesibukan di dunia nyata. Namun sekarang kami kembali, dan akan menjelaskan mata pelajaran Seni atau lebih jelasnya mengenai apa saja contoh dari seni rupa 3 dimensi beserta pengertiannya.

Kalian pasti sudah menyadari bahwa didunia ini terdapat banyak sekali berbagai macam seni rupa, baik itu 2 dimensi atau 3 dimensi. Namun beberapa dari kalian pasti masih ada yang kebingungan ketika diminta untuk memberikan contoh dari seni rupa 3 dimensi. Itulah sebabnya kami tertarik untuk membahas materi ini. Baiklah, tanpa banyak bicara lagi langsung saja kita mulai ke pembahasannya.

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Apa itu seni rupa 3 dimensi? Seni rupa 3 dimensi adalah karya seni yang tak hanya dibatasi dengan panjang dan juga lebar saja, melainkan dibatasi juga oleh kedalaman atau ketinggian. Sehingga bisa disebut bahwa seni rupa 3 dimensi ini adalah seni rupa yang memiliki volume. Kurang lebih seperti itulah pengertian seni rupa 3 dimensi, semoga kalian mudah memahaminya.

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Ya seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa terdapat banyak sekali contoh seni rupa 3 dimensi dikehidupan ini. Sekarang kami akan memberikan kalian beberapa contohnya:

1. Patung

Contoh seni rupa 3 dimensi yang akan kami bahas pertama adalah Patung. Kalian pasti sering melihat patung, baik yang ada di mall, atau yang ada di museum atau candi. Sehingga sangatlah tidak heran kalau patung adalah seni rupa 3 dimensi yang paling terkenal dan tinggi nilai seninya. Dari zaman ke zaman, patung sudah mengalami banyak sekali perkembangan dan juga bahan pembuatannya. Banyak sekali bentuk bentuk dari patung, seperti manusia, binatang, dan juga berbagai macam bentuk lainnya.

2. Arsitektur

Arsitektur adalah seni rupa 3 dimensi yang berhubungan dengan perancanan bangunan seperti gedung gedung yang ada di perkotaan dan juga rumah-rumah. Tentu saja arsitektur masih memegang prinsip-prinsip keindahan yang dimana itu adalah dasar dari bidang seni. Arsitektur ini tergolong kepada applied art, yang artinya seni terpakai. Meskipun arsitektur masih tergolong seni rupa 3 dimensi, namun tidak jarang beberapa universitas menggolongkan arsitektur kedalam fakultas teknik, seperti struktur dan juga konstruksi.

3. Keramik

Keramik adalah contoh seni rupa 3 dimensi yang berkembang dari masa ke masa. Keramik sudah dikenal sejak desainnya masih tradisional hingga modern sampai sekarang. Keramik adalah kerajinan yang menggunakan tanah liat, dan melewati beberapa proses dalam pembuatannya seperti dipijit, butsir, pilin, pembakaran dan juga glasir. Selain digunakan untuk berbagai kebutuhan, tak jarang ada juga orang yang hobi mengoleksi keramik-keramik unik.

4. Kriya

Seni kriya adalah seni rupa yang mengandalkan kerampilan tangan dan juga memperlihatkan keindahan dalam membuat karya seni. Biasanya karya seni kriya ini digunakan untuk berbagai macam dekorasi, seperti mainan, keramik, kayu dan lainnya.

Itulah dia 4 contoh dari seni rupa 3 dimensi yang dapat kami jelaskan kepada kalian semua. Semoga bisa menambah wawasan kalian semua para pembaca setia blog pintarkan.

Penutup

Tidak terasa kita sudah sampai diujung pembahasan kita kali ini mengenai contoh seni rupa 3 dimensi beserta pengertiannya. Semoga dengan kami menulis artikel kali ini bisa menjawab semua rasa penasaran kalian sekaligus menambah wawasan kalian semua.

Terima kasih sudah sering membaca di blog Pintarkan, semoga kami bisa terus memberikan kalian postingan yang bermanfaat dan juga meningkatkan kualitas tulisan kami. Apabila kalian merasa artikel kali ini bermanfaat jangan lupa untuk bagikan ke teman-teman kalian. Baiklah, sekian dulu dari kami sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Loading...