iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Proses Glikolisis Beserta Pengertian dan Hasilnya

Proses Glikolisis

Proses Glikolisis – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Sebelumnya kami ingin meminta maaf nih kepada kalian semua karena akhir-akhir ini kami tidak sempat untuk menulis postingan secara rutin. Mohon dimaklum ya karena kami sedang memiliki kesibukan didunia nyata. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai mata pelajaran Biologi nih. Lebih tepatnya sekarang kami akan membahas proses glikolisis secara lengkap.

Kalian pasti pernah dong mendengar kata glikolisis. Namun apakah kalian tau apa pengertian glikolisis dan juga prosesnya? Tentu saja tidak semua diantara kalian tau mengenai hal ini. Selain itu kami juga melihat banyak sekali diantara kalian yang mencari ppt glikolisis, sehingga kami tertarik untuk membahas materi proses glikolisis kali ini. Baiklah tanpa pikir panjang lagi, langsung saja kita menuju ke pembahasannya.

BACA JUGA: Pengertian Metabolisme: Proses, Fungsi dan Contohnya

Proses Glikolisis

Pada proses glikolisis, terdapat satu molekul glukosa yang dipecah untuk menghasilkan dua molekul asam piruvat, dua molekul ATP dan juga dua NADH radikal yang akan membawa elektron yang dihasilkan. Berikut ini adalah tahapan proses glikolisis:

Tahap 1: Fosforilasi Glukosa

Tahapan proses glikolisis yang pertama adalah fosforilasi glukosa. Fosforilasi glukosa ini bisa juga disebut penambahan gugus fosfat. Reaksi ini didukung oleh enzim heksokinase yang berguna untuk memisahkan satu kelompok fosfat dari ATP lalu menambahkannya ke glukosa. Setelah itu maka akan dirubah menjadi glukosa 6-fosfat. Proses ini memerlukan satu ATP yang kemudian digunakan dan ditransformasikan ke ADP karena terjadi pemisahan satu kelompok fosfat. Sehingga reaksi keseluruhan dari tahap ini bisa diringkas menjadi:
Glukosa (C6H12O6) + + ATP heksokinase → Glukosa 6-Fosfat (C6H11O6P1) + ADP

Tahap 2: Produksi Fruktosa-6 Fosfat

Tahapan selanjutnya adalah produksi fruktosa-6 fosfat. Proses ini didukung oleh enzim fosfoglukoisomerase. Tahapan ini berfungsi untuk mengubah glukosa 6-fosfat pada tahapan sebelumnya menjadi fruktosa 6-fosfat.
Fruktosa 6-fosfat ini adalah isomer, yang dimana Isomer adalah molekul yang berbeda dengan rumus molekul yang sama hanya saja susunan atomnya berbeda. Reaksinya adalah sebagai berikut:
Glukosa 6-Fosfat (C6H11O6P1) + Phosphoglucoisomerase (Enzim) → Fruktosa 6-Fosfat (C6H11O6P1)

Tahap 3: Produksi Fruktosa 1, 6-difosfat

Tahapan proses glikolisis yang selanjutnya adalah produksi fruktosa 1, 6-difosfat. Pada proses ini fruktosa isomer 6-fosfat diubah menjadi fruktosa 1, 6-difosfat dengan penambahan kelompok fosfat. Proses ini didukung oleh enzim fosfofruktokinaase yang menggunakan satu molekul ATP lebih dalam melakukan prosesnya. Berikut ini adalah reaksinya:
Fruktosa 6-fosfat (C6H11O6P1) + fosfofruktokinase (Enzim) + ATP → Fruktosa 1, 6-difosfat (C6H10O6P2)

Tahap 4: Pemecahan Fruktosa 1, 6-difosfat

Tahap selanjutnya adalah pemecahan fruktosa 1, 6-difosfat. Pada proses ini, enzim aldolase membawa pemisahan fruktosa 1, 6-difosfat menjadi dua molekul gula yang berbeda yang dimana keduanya merupakan isomer. Gula yang terbentuk pada proses ini adalah gliseraldehida fosfat dan fosfat dihidroksiaseton. Reaksinya adalah sebagai berikut:
Fruktosa 1, 6-difosfat (C6H10O6P2) + Aldolase (Enzim) → gliseraldehida fosfat (C3H5O3P1) + Dihydroxyacetone fosfat (C3H5O3P1)

Tahap 5: Interkonversi Dua Glukosa

Tahapan glikolisis yang selanjutnya adalah interkonversi dua glukosa. Fosfat dihidroksiaseton ini adalah molekul hidup pendek. Dibuat dengan proses yang cepat, lalu diubah menjadi fosfat gliseraldehida dengan bantuan enzim fosfat triose. Sehingga, tahap keempat dan juga kelima dari proses glikolisis ini menghasilkan dua molekul gliseraldehida fosfat. Berikut ini adalah reaksinya:
Dihidroksiaseton fosfat (C3H5O3P1) + Triose Fosfat → gliseraldehida fosfat (C3H5O3P1)

Tahap 6: Pembentukan NADH dan 1,3-Difosfogliserat

Tahapan glikolisis yang selanjutnya adalah pembentukan NADH dan 1,3-Difosfogliserat. Tahap ini melibatkan dua reaksi penting. Reaksi yang pertama adalah pembentukan NADH dari NAD+ yang dibantu oleh enzim fosfat dehidrogenase triose. Lalu yang kedua adalah penciptaan 1,3-difosfogliserat asam dari kedua molekul gliseraldehida fosfat yang sudah dihasilkan pada tahap sebelumnya. Berikut ini adalah reaksi dari keduanya:
Enzim Fosfat dehidrogenase Triose + 2 NAD + + 2 H-→ 2NADH + 2 H + Enzim fosfat dehidrogenasi Triose + fosfat gliseraldehida + 2 (C3H5O3P1) + 2P → 2 molekul asam 1,3- Bifosfogliserat (C3H4O4P2)

Tahap 7: Produksi ATP dan 3-fosfogliserat Asam

Tahapan proses glikolisis yang selanjutnya adalah produksi ATP dan 3-fosfogliserat Asam. Pada tahap ini membuat 2 molekul ATP bersama dengan dua molekul 3-fosfogliserat asam dari reaksi fosfogliserokinase pada dua molekul asam 1,3-difosfogliserat yang sudah dihasilkan dari tahap sebelumnya. Berikut ini adalah reaksinya:
C3H4O4P2 + 2ADP phosphoglycerokinase → C3H5O4P1 + 2ATP

Tahap 8: Relokasi Atom Fosfor

Tahapan glikolisis yang ke delapan adalah reaksi penataan ulang yang sangat halus. Proses ini melibatkan relokasi dari atom fosfor dalam asam 3-fosfogliserat dari karbon ketiga dalam rantai untuk karbon kedua dan menciptakan asam 2-fosfogliserat. Berikut ini adalah ringkasan reaksinya:
2 molekul C3H5O4P1 + enzim fosfoogliseromutase → 2 molekul C3H5O4P1

Tahap 9: Menghilangkan Molekul Air

Tahapan glikolisis yang selanjutnya adalah menghilangkan molekul air. Molekul air pada asam 2-fosfogliserat dihilangkan dengan bantuan enzim enolase untuk membentuk asam fosfoenolpirupat. Kemudian reaksi ini akan mengubah kedua molekul asam 2-fosfogliserat yang terbentuk pada tahap sebelumnya. Berikut ini adalah reaksinya:
2 molekul C3H5O4P1 + enzim enolase  → 2 molekul (PEP (C3H3O3P1) + H2O 2

Tahap 10: Pembentukan asam piruvat dan ATP

Tahapan glikosis yang terakhir adalah pembentukan asam piruvat dan ATP. Pada tahap ini akan menghasilkan dua molekul ATP dan dua molekul asam piruvat. Proses ini terjadi berkat bantuan enzim piruvatkinase pada dua molekul asam fosfoenolpiruvat yang telah dihasilkan pada tahap sebelumnya. Hal tersebut terjadi setelah terjadi transfer dari atom fosfor dari asam fosfoenolpiruvat untuk ADP. Berikut ini adalah reaksinya:
2 molekul PEP (C3H3O3P1) + + 2ADP + enzim piruvatkinase → 2ATP + 2 molekul asam piruvat

Itulah dia 10 Tahapan Proses Glikolisis yang bisa kami jelaskan kepada kalian semua. Bagaimana, apakah kalian sudah mulai paham mengenai materi ini? Semoga mudah untuk dipahami ya!

Pengertian Glikolisis

Setelah memahami bagaimana tahapan proses glikolisis, rasanya sangat lucu sekali apabila kalian masih belum paham mengenai apa pengertian glikolisis itu sendiri. Oleh karena itu kami akan menjelaskannya sekarang.

Jadi pengertian glikolisis adalah pemecahan glukosa pada tingkat sel, yang dimana pada proses glikolisis ini glukosa dipecah secara sistematis menjadi asam piruvat dan juga energi dalam bentuk NADH dan juga ATP. Selain itu, glikolisis juga termasuk kedalam satu tahap respirasi seluler. Kurang lebih seperti itulah pengertian glikolisis yang bisa kami jelaskan.

Hasil Glikolisis

Hasil akhir yang didapat dari proses glikolisis adalah 2 molekul ATP dan juga 2 molekul piruvat. Namun perlu dijadikan catatan bahwa proses glikolisis tahap pertama memerlukan 2 molekul ATP. Sehingga proses glikolisis hanya menghasilkan 2 molekul asam piruvat karena sebelumnya dibutuhkan 2 ATP. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.
Hasil Glikolisis
Gambar Hasil Glikolisis


Penutup

Akhirnya kita sudah sampai diujung pembahasan artikel kali ini mengenai proses glikolisis lengkap beserta pengertian dan juga hasilnya. Bagaimana, setelah kalian membaca artikel kali ini apakah kalian sudah mulai tercerahkan? Semoga saja kalian mulai paham ya.

Jangan lupa untuk membagikan artikel proses glikolisis ini apabila dirasa bermanfaat dan membantu kalian ya. Teruslah semangat dalam menuntut ilmu, dan kejarlah cita-citamu. Terima kasih, dan sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment