U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Pengertian Metabolisme

Pengertian Metabolisme – Halo sahabat blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini kami akan membuat artikel mengenai mata pelajaran Biologi, atau lebih tepatnya kami akan membahas mengenai pengertian metabolisme.

Ketika belajar biologi, kalian tentu saja sering sekali mendengar kata metabolisme. Namun apakah kalian tau apa sebenarnya pengertian metabolisme itu sendiri? Apabila kalian masih bingung, sekarang kami akan menjelaskannya dengan lengkap mulai dari pengertian, proses, fungsi dan juga contohnya. Yuk kita langsung mulai ke pembahasannya.

BACA JUGA: Macam Macam Gaya Renang Beserta Gambar dan Tekniknya

Pengertian Metabolisme

Apa itu Metabolisme? Metabolisme adalah proses kimiawi yang terjadi didalam tubuh makhluk hidup dimana pada proses ini zat gizi diubah menjadi energi. Kata metabolisme ini berasal dari bahasa Yunani "Metabole" yang artinya berubah. Setelah menghasilkan energi dari proses metabolisme ini, energi yang dihasilkan akan digunakan ke berbagai macam kegiatan seperti berpikir, bernafas dan juga bicara. Itulah dia pengertian metabolisme yang bisa kami sampaikan.

Proses Metabolisme

Didalam kehidupan ini terdapat tiga jenis proses metabolisme yang diantaranya adalah metabolisme protein, metabolisme karbohidrat dan juga metabolisme lemak. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai ketiganya.

Proses Metabolisme Protein

Apa itu proses metabolisme protein? Proses metabolisme protein adalah proses kimia dan fisik yang mencakup perubahan protein (anabolisme) menjadi asam amino dan pemecahan asam amino (katabolisme) pada protein.

Hati adalah organ yang digunakan untuk memecah protein kemudian mendistribusikan asam amino ke seluruh tubuh. Selain itu, hati juga berfungsi sebagai organ pembuang ketika proses metabolisme berlangsung.

Asam amino tak dapat disimpan pada tubuh manusia. Jika jumlah asam amino pada manusia berlebihan atau terjadi kurangnya sumber energi lain, tubuh manusia akan menggunakan asam amino sebagai sumber energi. Kurang lebih seperti itulah proses metabolisme protein.

Proses Metabolisme Karbohidrat

Seperti yang kita ketahui, karbohidrat ini sangat penting sekali bagi tubuh manusia. Mengapa seperti itu? Karena karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh yang tersusun atas 3 unsur yaitu oksigen, hidrogen dan juga karbon. Tak hanya itu saja, karbohidrat juga merupakan zat gizi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga stamina dan energi. Zat gizi bisa kalian dapatkan dari berbagai jenis bahan pangan seperti beras jagung, gandum dan bahan pangan pokok lainnya.

Pada saat proses pencernaan makanan di dalam tubuh, karbohidrat melakukan suatu proses yang bernama hidrolisis. Hidrolisis adalah proses penguraian yang menggunakan bantuan air. Proses pencernaan karbohidrat tersebut terjadi dengan cara penguraian polisakarida menjadi sebuah monosakarida.

Setelah itu, pada saat makanan dikunyah didalam mulut, makanan akan tercampur pada air liur  yang dimana air liur memiliki kandungan enzim ptialin. Enzim ptialin ini nantinya akan menghidrolisis pati menjadi sebuah maltosa dan gugus glukosa kecil yang terdiri berdasarkan tiga sampai sembilan molekul glukosa.

Setelah makanan yang dikunyah tersebut ditelan, makanan akan masuk kedalam lambung dan bercampur dengan zat yang disekresikan terhadap lambung. Kemudian makanan akan masuk kedalam duodenum dan makanan akan bercampur lagi dengan getah pankreas. Hasil akhir dari pencernaan ini disebut fruktosa, glukosa, monosakarida dan manosa yang kemudian akan diabsorbsi lewat dinding usus dan akan terbawa pada hati oleh darah. Itulah dia proses metabolisme karbohidrat yang bisa kami jelaskan kepada kalian semua.

Proses Metabolisme Lemak

Terakhir kami akan membahas mengenai proses metabolisme lemak. Proses Metabolisme Lemak adalah proses dimana asam lemak akan dicerna lalu dipecahkan untuk menghasilkan energi atau disimpan pada tubuh manusia untuk sebagai energi cadangan. Proses ini terjadi di dalam usus karena usus mengandung sebuah enzim yang bernama enzim lipase.

Pada saat makanan masuk kedalam usus, terjadi kontraksi yang dapat merangsang keluarnya hormon koleistokinin. Hormon tersebut bisa mengakibatkan kantung empedu berkontraksi sehingga dapat mengeluarkan cairan empedu. Empedu mengandung garam berfungsi penting untuk mengemulsi lemak menjadi butiran lemak dengan ukuran yang lebih kecil.

Sehingga dengan terjadinya hal tersebut dapat mempermudah proses hidrolisis lemak oleh lipas yang akan dihasilkan pankreas. Penyerapan metabolisme lemak sebagian besar dilakukan pada usus halus. Metabolisme lemak dapat juga diangkat pada hati, sel-sel otot, atau sel-sel lemak, yang bisa dipakai sebagai energi cadangan. Seperti itulah proses metabolisme lemak.

Fungsi Metabolisme

Setelah membahas pengertian metabolisme dan juga prosesnya, sekarang kami akan membahas apa saja fungsi metabolisme. Berikut ini adalah fungsi-fungsinya:
  1. Penyusun unit pembangun sel.
  2. Pengganti sel atau jaringan yang rusak.
  3. Pertumbuhan jaringan tubuh.
  4. Menghasilkan energi, dari perubahan zat-zat makanan yang ada pada tubuh.
  5. Respirasi jaringan pada tubuh.
Itulah dia ke 5 fungsi metabolisme yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua pembaca setia blog Pintarkan.

Contoh Metabolisme

Secara garis besar, metabolisme memiliki 2 arah lintasan reaksi kimia organik yaitu Katabolisme dan Anabolisme. Berikut ini adalah penjelasan dari keduanya:
  • Katabolisme, adalah reaksi yang prosesnya mengurai molekul senyawa organik, contohnya seperti pemecahan glukosa menjadi sebuah piruvat oleh respirasi seluler.
  • Anabolisme, adalah reaksi yang prosesnya merangkai (sintesis) senyawa organik, contohnya seperti protein, karbohidrat, lipid, dan asam nukelat pada molekul-molekul.
Kurang lebih seperti itu contoh metabolisme yang bisa kami jelaskan.

Penutup

Tidak terasa kita sudah sampai di penghujung artikel kali ini mengenai pengertian metabolisme lengkap beserta dengan proses, fungsi dan juga contohnya. Semoga artikel kami kali ini bisa dipahami oleh kalian semua. Kami tertarik membuat artikel kali ini karena melihat banyaknya dari kalian yang mencari materi metabolisme pdf yang tidak begitu lengkap di internet. Oleh sebab itulah kami jelaskan semuanya secara lengkap disini.

Baiklah, sekian dulu dari kami. Semoga postingan ini bisa memberikan manfaat yang besar kepada kalian semua. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman-teman kalian ya agar bisa lebih bermanfaat. Terima kasih, dan sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Loading...