U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Pengertian Medan Listrik

Pengertian Medan Listrik – Halo sahabat blog Pintarkan! Kali ini kami akan menulis artikel mengenai mata pelajaran Fisika nih. Buat yang penasaran, sekarang kami akan menjelaskan mengenai pengertian medan listrik.

Kalian pastinya sering kan mendengar kata medan listrik? Medan listrik ini terdapat pada benda-benda yang bermuatan listrik didalamnya. Namun taukah kalian pengertian medan listrik itu sendiri? Pasti diantara kalian masih ada yang belum paham. Oleh karena itu, yuk simak penjelasan lengkapnya dari kami.

BACA JUGA: Pengertian Viskositas Lengkap Beserta Sifat, Faktor dan Rumus

Pengertian Medan Listrik

Apa itu medan listrik? Medan listrik adalah efek atau dampak yang ditimbulkan dari suatu muatan listrik seperti elektron, ion, proton didalam ruangan yang ada disekitarnya. Medan listrik memiliki satuan N/C (Newton/Coulomb). Kurang lebih seperti itulah pengertian medan listrik yang dapat kami jelaskan.

Kuat Medan Listrik

Setelah menjelaskan mengenai pengertian medan listrik, sekarang kita akan membahas mengenai kuat medan listrik. Kuat Medan Listrik adalah besaran yang menyatakan gaya coulomb per satuan muatan di suatu titik. Jadi dapat disimpulkan bahwa kuat medan listrik ini menyatakan besarnya suatu muatan listrik. Kuat medan listrik dapat ditulis seperti ini:

E = F/q0
E= kuat medan listrik, N/C
F = gaya yang dialami muatan uji, N
q0 = besar muatan uji, C

Itulah penjelasan kami mengenai kuat medan listrik. Semoga bisa kalian pahami ya.

Garis Medan Listrik 

Apa itu garis medan listrik? Garis medan listrik adalah kumpulan garis yang digambarkan pada sekitar muatan listrik sebagai tanda untuk menunjukkan adanya keberadaan medan listrik pada benda tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa besar dan juga arah medan listrik bisa kita cari / temukan menggunakan gambar garis medan listrik.

Sifat Garis Medan Listrik

  • Garis-garis medan listrik selalu mengarah radial keluar menjauhi muatan positif, dan radial kedalam mendekati muatan negatif.
  • Garis-garis medan listrik tidak pernah berpotongan.
  • Apabila garis medan listrik rapat, maka artinya tempat tersebut medan listriknya kuat. Sebaliknya apabila tempat garis medan listrik renggang, maka artinya tempat tersebut medan listriknya lemah.

Rumus Medan Listrik

Rumus Medan Listrik
Rumus Medan Listrik
E = F/q0
E= kuat medan listrik, N/C
F = gaya yang dialami muatan uji, N
q0 = besar muatan uji, C

Jika diketahui rumus gaya coulomb antara muatan sumber Q dengan muatan uji q adalah,

Rumus Gaya Coulomb
Rumus Gaya Coulomb
maka rumus medan listrik menjadi:

Rumus Medan Listrik 2
Rumus Medan Listrik 2

E = kuat medan listrik (N/C)
Q = muatan sumber (C)
r = jarak muatan uji dengan muatan sumber (m)

Itulah dia kumpulan rumus medan listrik yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua pembaca setia pintarkan. Semoga bisa bermanfaat dan mudah dipahami oleh kalian ya.

Contoh Soal Medan Listrik

Sebuah muatan uji +25.105 C diletakkan dalam sbuah medan listrik. Jika gaya yang bekerja pada muatan uji tersebut adalah 0,5 N. Berapa besar medan listrik pada muatan uji tersebut?

Pembahasan:

Diketahui
F= 0,5 N
q = +25. 10-5 C

Ditanyakan
E = ….?

Jawab :
E = F/q = 0,5/25. 10-5= 5 x 104 / 25 = 2000 N/C

Itulah dia contoh soal medan listrik yang bisa kami sediakan, semoga bisa membantu kalian dalam membayangkan seperti apa bentuk soalnya.

Penutup

Tidak terasa, kita sudah sampai diakhir dari artikel kali ini mengenai pengertian medan listrik lengkap beserta kuat medan listrik, garis medan listrik, rumus, dan juga contoh soalnya. Semoga postingan kami kali ini bisa kalian pahami dan bermanfaat untuk kedepannya.

Jangan lupa untuk bagikan artikel pengertian medan listrik ini apabila membantu kalian dalam mengerjakan tugas sekolah ataupun lainnya. Karena ilmu itu harus disebar agar bermanfaat juga bagi orang lain, selain itu juga kalian juga akan mendapatkan pahala karena telah menyebarkan ilmu. Baiklah sampai disini dulu, tingkatkan lagi semangat belajar kalian. Sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Loading...