U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Macam Macam Gaya Renang

Macam Macam Gaya Renang – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mata pelajaran Olahraga nih. Kalian semua pasti senang sekali berenang kan? Selain menyehatkan olahraga renang ini juga sangat menyenangkan untuk dilakukan. Namun taukah kalian macam macam gaya renang dan tekniknya? Pasti kalian belum mengetahui semuanya kan.

Oleh karena itulah sekarang kami tertarik untuk membahas macam macam gaya renang dan tekniknya agar kalian bisa langsung praktek bagaimana cara melakukannya. Disini kami akan bahas semuanya secara lengkap. Baiklah, langsung saja kita mulai ke pembahasannya ya.

BACA JUGA: Tujuan Gerakan Non Blok: Sejarah, Anggota, Prinsip dan Peran Indonesia


Macam Gaya Renang


1. Gaya Bebas

Gambar Gaya Bebas
Gambar Gaya Bebas

Gaya Bebas adalah macam gaya renang yang dimana teknik melakukannya menggunakan kebebasan tangan dan kaki untuk melakukan gerakan agar badan kita dapat meluncur dengan cepat. Tak seperti namanya, tentu saja renang gaya bebas terdapat aturan atau tekniknya dan tidak asal-asalan.

Teknik renang gaya bebas adalah posisi badan berada di atas permukaan, tangan mengayuh kedepan sedangkan kaki menendang atau melakukan gerakan seperti menggunting. Selain itu juga terdapat teknik pernafasan dengan cara pada saat saat tangan diangkat keatas untuk mengayuh kemudian kepala digelengkan kesamping kanan atau kiri setelah itu lakukan penarikan nafas bisa dengan mulut atau hidung.

Untuk teknik pengambilan nafas adalah saat tangan diangkat keatas untuk mengayuh kemudian kepala digelengkan kesamping kanan atau kiri setelah itu lakukan penarikan nafas bisa dengan mulut atau hidung. Kurang lebih seperti itulah tekniknya.

2. Gaya Punggung

Gambar Gaya Punggung
Gambar Gaya Punggung

Gaya renang yang selanjutnya adalah gaya punggung. Gaya punggung ini adalah gaya renang yang dimana posisi badan terlentang dan punggung tetap berada dipermukaan air. Cara melakukannya, gerakan tangan dan kaki hampir sama seperti melakukan gaya bebas. Hanya saja untuk gaya punggung ini posisi melakukannya harus terlentang.

Namun yang menjadi kelebihan gaya punggung ini adalah bisa mengambil nafas kapan saja karena kepala selalu berada diatas permukaan air. Itulah dia cara melakukan renang gaya punggung.
Gaya renang yang juga sering diajarkan untuk pelajaran olahraga di sekolah adalah gaya renang punggung. Gaya renang punggung adalah teknik dalam renang dengan posisi badan terlentang menghadap ke atas. Untuk punggung tetap berada di permukaan air.

Untuk gerakan tangan dan kaki memiliki kesamaan dengan gaya bebas, namun bedanya untuk gaya ini dengan keadaan terlentang. Pengambilan nafas pun dapat dilakukan kapan saja karena memang kepala yang berada di atas permukaan air.

3. Gaya Dada

Gambar Gaya Dada
Gambar Gaya Dada

Macam macam gaya renang yang selanjutnya adalah gaya dada. Gaya dada ini adalah gaya yang sering orang-orang lakukan. Bagi kalian yang kebingungan, gaya dada juga biasa disebut dengan sebutan gaya katak karena teknik melakukannya menyerupai katak ketika sedang berenang.

Teknik melakukan gaya dada ini cenderung lebih lambat apabila dibandingkan dengan gaya renang yang lainnya. Karena renang gaya dada ini lebih mengutamakan keteraturan gerakan tubuh dibandingkan mengutamakan kecepatan. Sehingga gaya dada ini cocok untuk orang yang ingin berenang dengan santai.

Teknik melakukan gaya dada terletak pada kekuatan tangan dan kaki. Kekuatan tangan dan kaki ini berfungsi untuk mendorong badan ke depan. Titik kekuatan penuh tangan terletak pada saat pertukaran atau pengambilan nafas. Pengambilan nafas dilakukan ketika mulut berada di permukaan air setelah 1:2 gerakan pada tangan dan kaki. Sehingga untuk melakukan gerakan ini diperlukan juga kemampuan tangan untuk mendorong ke bawah saat kepala naik ke atas untuk pengambilan nafas.

4. Gaya Kupu Kupu

Gambar Gaya Kupu Kupu
Gambar Gaya Kupu Kupu

Selanjutnya ada gaya kupu kupu. Gaya kupu kupu ini sebenarnya adalah pengembangan dari renang gaya dada. Pada dasarnya, teknik renang gaya kupu kupu ini terletak pada kemampuan lengan dan gaya ini dilakukan dengan posisi dada menghadap permukaan air.

Beberapa orang juga sering menyebut gaya kupu kupu ini dengan sebutan gaya lumba lumba. Karena teknik melakukan gaya ini berpusat pada kekuatan lengan yang membuat gerakan ini mirip dengan lumba lumba yang masuk kedalam air lalu keluar saat terjadi dorongan kebawah oleh tangan. Untuk bagian kaki lurus rapat dan harus tetap bergerak seirama dengan gerakan badan. Namun perlu kalian ketahui bahwa untuk melakukan gaya ini diperlukan tenaga yang lebih banyak dibandingkan dengan gaya lainnya.

5. Gaya Anjing 

Gambar Gaya Anjing
Gambar Gaya Anjing

Macam macam gaya renang yang selanjutnya akan kami jelaskan adalah gaya anjing. Mungkin beberapa dari kalian jarang mendengar gaya yang satu ini. Seperti namanya, cara melakukan gaya anjing mirip seperti anjing yang sedang berenang didalam air. Teknik melakukannya adalah dengan cara kepala berada diatas permukaan air, lalu badan sedikit membungkuk (merangkak). Setelah itu tangan dan kaki bergerak seperti anjing yang sedang berenang.

6. Gaya Samping

Gambar Gaya Samping
Gambar Gaya Samping

Sama seperti gaya anjing, gaya samping juga jarang sekali kita dengar keberadaannya. Gaya samping bahkan tidak diperlombakan dalam kompetisi renang. Tujuan mempelajari gaya ini adalah hanya untuk meningkatkan kemampuan dan teknik renang saja.

Itulah dia ke 6 macam macam gaya renang yang dapat kami jelaskan kepada kalian semua. Semoga kalian bisa memahaminya secara teori agar bisa mudah dalam melakukan prakteknya.

Penutup

Akhirnya kita sudah sampai diakhir pembahasan kita mengenai macam macam gaya renang lengkap beserta gambar dan tekniknya. Semoga dengan kalian membaca artikel kali ini, kalian menjadi paham bagaimana cara melakukan berbagai macam gaya renang.

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini apabila dirasa membantu dan bermanfaat bagi kalian semua. Teruslah rajin dalam menuntut ilmu, dan jangan pernah lelah dalam belajar. Sekian dulu dari kami, sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Loading...