U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Peninggalan Zaman Megalitikum

Peninggalan Zaman Megalitikum – Halo pembaca setia Pintarkan semuanya! Sebelumnya kami ingin meminta maaf karena belakangan ini kami menghilang dari permukaan dan tidak menulis postingan baru kepada kalian semua. Mohon dimaklum ya, karena admin juga memiliki kesibukkan didunia nyata.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai mata pelajaran sejarah nih. Lebih tepatnya, kami akan menjelaskan mengenai apa saja peninggalan zaman megalitikum beserta dengan pengertiannya. Kalian pasti pernah mendengar zaman megalitikum kan? Namun apakah kalian tau apa saja peninggalannya dan pengertian dari zaman megalitikum itu sendiri? Tentu saja masih ada yang belum paham kan. Itulah sebabnya kami tertarik untuk membahasnya. Baiklah, cukup basa-basinya langsung saja kita mulai ke pembahasannya.


BACA JUGA: Pengertian Suksesi Beserta Tahapan dan Perbedaannya


Peninggalan Zaman Megalitikum

Sebelum menjelaskan mengenai apa saja peninggalan zaman megalitikum alangkah lebih baiknya apabila kita memahami pengertian zaman megalitikum terlebih dahulu.

Pengertian Zaman Megalitikum

Apa itu zaman megalitikum? Zaman Megalitikum adalah zaman batu besar. Alasan mengapa zaman megalitikum ini disebut zaman batu besar adalah kerena dimasa tersebut manusia terbiasa membuat peralatan dari batuan yang berukuran besar. Biasanya mereka membuat berbagai macam senjata seperti kapak batu, atau bahkan rumah batu sebagai tempat tinggalnya. Kurang lebih itulah dia pengertian zaman megalitikum.

Baiklah, setelah kalian mulai paham mengenai pengertiannya, sekarang kita akan lanjut membahas mengenai beberapa peninggalannya. Berikut ini adalah peninggalan zaman megalitikum:

Dolmen

Dolmen adalah peninggalan zaman megalitikum yang memiliki banyak bentuk dan juga kegunaan. Dolmen ini biasanya digunakan sebagai tempat sesaji ketika dilaksanakan upacara pemujaan. Selain itu juga, dolmen biasa diletakkan ditempat yang dianggap keramat. Pada bagian bawah dolmen, biasanya digunakan untuk tempat penyimpanan mayat agar terhindar dari binatang buas.

Menhir

Menhir adalah sebuah tugu batu yang berfungsi untuk menghormati orang-orang yang sudah meninggal. Selain itu juga, menhir juga dianggap sebagai alat untuk pemujaan atau penyembahan arwah nenek moyang.

Waruga

Peninggalan zaman megalitikum yang selanjutnya adalah waruga. Waruga adalah sebuah kuburan batu yang tidak memiliki penutup. Waruga ini bisa ditemukan didaerah Gilimanuk, Bali.

Arca Batu

Arca batu adalah sebuah patung yang terbuat dari batu, biasanya bentuknya menyerupai manusia dan juga binatang. Arca batu masih bisa kita temukan diwilayah Indonesia seperti di Sumatera Selatan dan juga Sulawesi Tenggara. Arca batu juga biasa digunakan untuk objek pemujaan nenek moyang.

Punden Berundak

Punden berundak adalah sebuah bangunan yang disusun secara bertingkat. Punden berundak digunakan untuk pemujaan roh nenek moyang. Selain itu juga, Punden Berundak ini berkembang menjadi konsep dasar bangunan candi.

Sarkofagus

Sarkofagus adalah peninggalan zaman megalitikum berupa kuburan yang terdapat penutup diatasnya. Umumnya pada dinding sarkofagus terdapat berbagai macam ukiran. Selain itu juga, ukuran antara bagian atas dan juga bawahnya biasanya sama besar.

Kubur Batu

Peninggalan zaman megalitikum yang selanjutnya adalah kubur batu. Kubur batu ini secara keseluruhan hampir sama dengan kuburan yang sering kita temukan saat ini. Biasanya susunan batunya terdiri dari dua sisi panjang dan juga dua sisi lebar.

Penutup

Baiklah kita sudah sampai dipenghujung artikel kali ini mengenai peninggalan zaman megalitikum beserta pengertian zaman megalitikum. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa menambah wawasan kalian dan juga bisa membantu penyelesaian tugas sekolah kalian.

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini apabila dirasa bermanfaat, janganlah merasa rugi apabila membagikan ilmu. Karena itu adalah perbuatan yang disenangi Allah. Teruslah belajar dan kejarlah cita-citamu. Sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Loading...