U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Pengertian Viskositas

Pengertian Viskositas – Halo pembaca setia blog Pintarkan, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai mata pelajaran yang belum pernah kami bahas sebelumnya yaitu mata pelajaran Fisika. Kali ini kami akan membahas mengenai pengertian viskositas.

Apakah kalian pernah mendengar kata viskositas? Namun apakah kalian tau apa arti dari kata tersebut. Tentu saja belum semua orang mengerti kan mengenai apa pengertian viskositas ini. Oleh karena itu kami sengaja membuat dan membahas artikel kali ini kepada kalian semua agar wawasan kalian bertambah. Selain itu juga melihat banyaknya orang yang mencari makalah viskositas dan juga pdf nya menjadikan kami semakin semangat untuk membuat artikel ini. Baiklah tanpa basa-basi lagi langsung saja kita menuju ke pembahasannya.

BACA JUGA: Pengertian Cerpen Lengkap Beserta Unsur, Kaidah Kebahasaan, Tujuan dan Contoh

Pengertian Viskositas

Apa itu viskositas? Viskositas adalah sebuah tingkatan kepekatan fluida yang menjelaskan besar kecilnya suatu sentuhan atau gesekan didalam fluida. Selain itu juga, viskositas bisa diartikan sebagai ukuran yang menyatakan kekentalan dari suatu cairan atau fluida.

Cara mengukur viskositas bisa dengan cara mengukur laju cairan yang melalui tabung berbentuk silinder. Tak hanya itu saja, nilai dari viskositas juga bisa menentukan seberapa cepat mengalirnya  suatu cairan. Kurang lebih seperti itulah penjelasan kami mengenai pengertian viskositas.

Sifat Zat Cair

Berikut ini adalah sifat sifat zat cair:
  • Jika ruangan lebih besar dari volume zat cair maka akan terbentuk permukaan bebas horizontal yang berhubungan dengan atmosfer.
  • Zat cair mempunyai rapat masa dan berat jenis.
  • Zat cair dapat dianggap tidak termampatkan.
  • Zat cair mempunyai viskositas (kekentalan).
  • Zat cair juga Mempunyai kohesi, adesi dan tegangan permukaan.

Faktor Yang Mempengaruhi Viskositas

Setelah kalian memahami pengertian viskositas, kalian tentu saja harus memahami juga apa saja faktor yang mempengaruhi viskositas. Berikut ini adalah faktor-faktornya:

1. Tekanan

Berbeda dengan viskositas gas, viskositas cairan naik dengan naiknya tekanan sedangkan gas tidak.

2. Konsentrasi larutan

Viskositas berbanding lurus dengan konsentrasi larutan. Suatu larutan dengan konsentrasi tinggi akan memiliki viskositas yang tinggi pula, berlaku juga sebaliknya apabila semakin rendah konsentrasinya maka viskositasnya akan rendah juga. Semakin banyak partikel yang terlarut, gesekan antar partikel semakin tinggi dan viskositasnya semakin tinggi pula.

3. Berat molekul

Viskositas akan naik jika ikatan rangkap semakin banyak.

4. Ukuran dan berat molekul

Viskositas naik bersamaan dengan naiknya berat molekul. Misalnya laju aliran alkohol cepat, larutan minyak laju alirannya lambat dan kekentalannya tinggi serta laju aliran lambat sehingga viskositas juga menjadi tinggi. Kurang lebih seperti itu contohnya.

5. Kekuatan antar molekul

Viskositas air naik dengan adanya ikatan hidrogen, viskositas CPO dengan gugus OH pada trigliseridanya naik pada keadaan yang sama.

6. Kehadiran zat lain

Penambahan gula tebu akan meningkatkan viskositas air. Adanya bahan tambahan seperti bahan suspensi menaikkan viskositas air. Pada minyak ataupun gliserin adanya penambahan air akan menyebabkan viskositas akan turun karena gliserin maupun minyak akan semakin encer, maka waktu alirnya semakin cepat.

7. Temperatur

Viskositas akan turun dengan naiknya suhu, sedangkan viskositas gas naik dengan naiknya suhu. Pemanasan zat cair menyebabkan molekul-molekulnya memperoleh energi. Molekul-molekul cairan bergerak sehingga gaya interaksi antar molekul melemah. Dengan demikian viskositas cairan akan turun bersamaan dengan kenaikan temperatur.

Itulah dia ke 7 faktor yang mempengaruhi viskositas yang harus kalian pahami.

Rumus Viskositas Fisika

η = k x p x D / V

Pejelasannya:
η : Koefisien Viskositas
k : Konstanta
P : Tekanan
D : Diameter
V : Kecepatan

Rumus Viskositas Fluida

F = η A x v / L

Pejelasannya:
F = Gaya (N)
A = Luas Keping yang berkaitan dengan Fluida (m²)
v = Kelajuan Fluida
L = Jarak antar Keping
η = Koefisien Viskositas (Kg)

Penutup 

Baiklah kita sudah sampai diakhir artikel kami kali ini mengenai pengertian viskositas lengkap beserta sifat, faktor dan rumusnya. Semoga kalian semua bisa memahami dan menyerap semua yang telah kami jelaskan disini.

Apabila kalian merasa materi viskositas ini bermanfaat, jangan lupa untuk luangkan waktunya sebentar untuk membagikan artikel ini ke teman ataupun saudara kalian agar bisa semakin bermanfaat. Sekian dulu dari kami, jangan pernah lelah untuk menuntut ilmu. Sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Loading...