iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp

Pengertian Suksesi Beserta Tahapan dan Perbedaannya

Pengertian Suksesi

Pengertian Suksesi – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Bertemu lagi bersama kami pada postingan terbaru ini. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai mata pelajaran Biologi. Lebih jelasnya, kami akan menjelaskan mengenai pengertian suksesi.

Kami yakin, pasti masih banyak diantara kalian yang sering mendengar kata suksesi namun tidak tau apa pengertiannya. Itulah alasan yang membuat kami tertarik untuk membahas materi ini. Namun, kalian tidak perlu khawatir karena kami sudah pasti akan membahasnya secara lengkap dan jelas. Baiklah, tanpa basa-basi lagi langsung saja kita mulai ke pembahasannya.

BACA JUGA: Pengertian Batuan Beku: Struktur dan Contohnya

Pengertian Suksesi

Apa itu suksesi? Suksesi adalah proses perkembangan suatu ekosistem menuju keseimbangan. Arti dari keseimbangan disini adalah perubahan menuju lingkungan yang lebih stabil. Jadi bisa disimpulkan bahwa masa suksesi ini berakhir apabila sudah mencapai kondisi klimaks.

Terdapat dua jenis suksesi, diantaranya adalah suksesi primer dan suksesi sekunder. Perbedaan antara kedua jenis suksesi tersebut terdapat pada kondisi habitat pada saat awal suksesi itu terjadi. Kurang lebih seperti itulah penjelasan kami mengenai pengertian suksesi.

Pengertian Suksesi Primer

Apa itu suksesi primer? Suksesi primer adalah proses yang terjadi apabila komunitas awal terganggu sehingga komunitas awal tersebut hilang secara keseluruhan (punah) dan kemudian tergantikan oleh komunitas yang baru. Itulah pengertian suksesi primer.

Pengertian Suksesi Sekunder

Apa itu suksesi sekunder? Suksesi sekunder adalah proses yang terjadi apabila suatu komunitas mengalami gangguan baik itu alami ataupun disebabkan secara sengaja oleh manusia. Namun bedanya dengan primer adalah, suksesi sekunder ini tidak merusak secara total komunitas atau ekosistem tersebut sehingga komunitas atau ekosistem yang lama masih tetap ada. Seperti itulah pengertian suksesi sekunder yang dapat kami jelaskan.

Tahapan Suksesi Primer dan Sekunder

Setelah kalian memahami pengertian suksesi secara keseluruhan, kalian pasti semakin penasaran kan mengenai kenapa dan bagaimana proses suksesi ini bisa terjadi. Suksesi ini terjadi tentu saja melewati berbagai macam tahapan. Oleh karena itu, sekarang kami akan menjelaskan mengenai tahapan suksesi primer dan sekunder, silahkan dibaca ya.

Tahapan Suksesi Primer

Bagi kalian yang belum tau, suksesi primer ini melewati 5 tahap atau fase yang diantaranya adalah fase nudasi, migrasi, ecesis, reaksi, dan juga stabilisasi. Untuk penjelasan lengkap mengenai ke 5 Tahapan suksesi primer itu silahkan dibaca dibawah ini:
  1. NUDASI: proses awal terjadinya pertumbuhan pada lahan terbuka/kosong.
  2. MIGRASI: proses hadirnya biji-biji tumbuhan, spora dan lain-lainnya.
  3. ECESIS: proses kemantapan pertumbuhan biji-biji tersebut.
  4. REAKSI: proses persaingan atau kompetisi antara jenis tumbuhan yang telah ada/hidup, dan pengaruhnya terhadap habitat setempat.
  5. STABILISASI: proses manakala populasi jenis tumbuhan mencapai titik akhir kondisi yang seimbang (equilibrium), di dalam keseimbangan dengan kondisi habitat lokal maupun regional.
Itulah dia penjelasan lengkap mengenai 5 tahapan suksesi primer dari kami. Selanjutnya kami juga akan menjelaskan apa saja tahap tahap suksesi sekunder.

Tahapan Suksesi Sekunder

Suksesi sekunder ini melewati 4 tahapan / fase yang diantaranya adalah fase permulaan, fase awal (muda), fase dewasa, dan juga fase klimaks. Penjelasan lebih lengkap mengenai ke 4 tahapan suksesi sekunder tersebut silahkan baca dibawah ini:
  1. Fase Permulaan: Contoh yang menggambarkan fase permulaan ini adalah penggundulan hutan. Setelah penggundulan hutan, maka tidak ada satupun yang tersisa dan bisa beregenerasi namun tumbuhan seperti semak semak akan muncul dengan cepat lalu menempati tanah yang gundul tersebut.
  2. Fase Awal(Muda): Setelah kurang lebih setahun, semak semak tersebut akan digantikan oleh jenis pohon pionir yang pertumbuhan tingginya cepat, kerapatannya rendah dan juga ukuran daunnya yang besar.
  3. Fase Dewasa: Apabila pohon pionir awal tadi telah mencapai tinggi maksimalnya maka mereka akan mati lalu tergantikan oleh pionir akhir yang membentuk lapisan pohon yang homogen.
  4. Fase Klimaks: Pohon pohon pionir ini akan mati satu per satu setelah kurang lebih 100 tahun lalu kemudian akan tergantikan oleh jenis yang tumbuh dibawah tajuk pionir akhir.
Nah kurang lebih seperti itulah penjelasan kami mengenai tahapan suksesi sekunder. Semoga sudah jelas dan bisa dipahami ya.

Perbedaan Suksesi Primer dan Sekunder

Apabila kalian masih bingung setelah membaca pengertian suksesi beserta tahapannya, kami akan memberikan penjelasan mengenai perbedaan suksesi primer dan sekunder. Semoga dengan adanya penjelasan ini, kalian bisa semakin mudah dalam membedakannya. Silahkan dibaca baik-baik.
  • Suksesi Primer: Suksesi primer biasanya terjadi di daerah yg kerusakan ekosistemnya total, contohnya adalah seperti di daerah gunung krakatau.
  • Suksesi Sekunder: Suksesi sekunder biasanya terjadi di daerah yg kerusakan ekosistemnya sebagian, contohnya adalah seperti hutan yg terbakar atau hutan bekas illegal logging / pemotongan pohon sembarangan oleh oknum tertentu.
Itulah dia perbedaan suksesi primer dan sekunder yang paling mudah untuk kalian pahami, semoga bermanfaat ya.

Penutup

Akhirnya kita sudah sampai diujung pembahasan materi kali ini mengenai pengertian suksesi lengkap beserta tahapan dan juga perbedaannya. Semoga dengan adanya artikel kali ini, kalian bisa tercerahkan dan juga mulai memahami mengenai arti suksesi.

Sekali lagi tidak bosan-bosan ingatkan kepada kalian untuk jangan lupa bagikan artikel ini apabila dirasa bermanfaat dan membantu pengerjaan tugas kalian. Karena itu akan membuat kami semakin semangat dalam menulis dan membahas materi. Baiklah, sekian dulu dari kami. Sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment