U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Pengertian Batuan Beku

Pengertian Batuan Beku – Halo pembaca setia blog Pintarkan semuanya! Pada postingan terbaru kami kali ini, kami akan membahas mengenai mata pelajaran Geografi. Kalian pasti sering sekali kan melihat berbagai macam batuan yang ada di bumi ini? Salah satu yang akan kami bahas kali ini adalah mengenai pengertian batuan beku beserta struktur dan juga contohnya.

Proses pembentukan batuan beku ini tentu saja bermacam-macam. Kalian tentu saja perlu untuk mempelajari materi ini untuk memperluas wawasan kalian mengenai mata pelajaran geografi. Kami juga berharap dengan adanya artikel pengertian batuan beku ini bisa membantu kalian dalam menyelesaikan tugas sekolah kalian. Baiklah, tanpa banyak bicara lagi langsung saja kita mulai ke pembahasannya.

BACA JUGA: Pengertian Teks Berita: Ciri Ciri, Jenis, Struktur dan Contohnya

Pengertian Batuan Beku

Apa itu batuan beku? Batuan Beku adalah salah satu jenis batuan yang proses pembentukannya dari magma yang mendingin lalu kemudian magma tersebut akan mengeras. Proses tersebut bisa terjadi dengan ataupun tanpa proses kristalisasi. 

Proses terbentuknya batuan beku dari magma dapat terjadi sebagai batuan intrusif atau bisa juga disebut plutonik di bawah permukaan bumi. Selain itu, bisa juga dilalui sebagai batuan ekstrusif atau vulkanik yang terjadi di atas permukaan bumi. Itulah dia pengertian batuan beku yang dapat kami jelaskan.

Struktur Batuan Beku

Setelah menjelaskan mengenai pengertian batuan beku, selanjutnya kami akan membahas mengenai berbagai macam struktur batuan beku berdasarkan bentuk dan juga prosesnya. Berikut ini adalah berbagai macam strukturnya.
  • Masif, struktur batuan beku ini secara keseluruhan kenampakan batuan terlihat seragam.
  • Lava Bantal (Pillow Lava), lava yang memperlihatkan struktur seperti kumpulan bantal-bantal, hal ini disebabkan karena terbentuk di lingkungan laut.
  • Vesikuler, pada masa batuan terdapat lubang-lubang kecil yang berbentuk bulat atau elips dengan penyebaran yang tidak merata. Lubang ini merupakan lubang bekas gas yang terperangkap pada waktu magma membeku.
  • Amigdaloidal, struktur batuan beku vesikuler yang telah terisi oleh mineral.
  • Aliran, kesejajaran mineral pada arah tertentu dengan orientasi yang jelas.
  • Scorious, struktur vesikuler yang penyebarannya merata dengan lubang-lubang yang saling berhubungan.
  • Columnar Joint, struktur batuan beku yang memperlihatkan seperti kumpulan tiang-tiang, hal ini disebabkan adanya kontraksi pada proses pendinginannya.
Itulah dia 7 struktur batuan beku yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua. Semoga penjelasannya sudah cukup jelas ya, sekarang kami akan lanjut membahas contohnya.

Contoh Batuan Beku

Setelah membahas mengenai pengertian batuan beku beserta strukturnya, tentu saja akan terasa sangat kurang sekali apabila kami tidak memberikan contohnya. Berikut ini adalah 10 contoh batuan beku, silahkan dibaca ya.

Batu Obsidian

Gambar Batu Obsidian
Gambar Batu Obsidian

Batu obsidian atau bisa juga disebut batu kaca ini adalah batuan beku yang umumnya berwarna hitam atau berwarna cokelat tua. Ciri yang paling menonjol dari batu obsidian ini adalah permukaannya halus dan juga mengkilat. Selain itu juga, batu obsidian ini kerap digunakan sebagai alat pemotong dan bahkan sering dijadikan ujung tombak.

Batu Felsite

Gambar Batu Felsite
Gambar Batu Felsite

Contoh batuan beku yang selanjutnya adalah batu felsite. Batu felsite ini adalah nama umum dari batuan beku ekstrusif yang warnanya terang. Batu Felsite juga umumnya disebut dengan ekuivalen ekstrusif dengan granit. Ciri khas dari batu felsite ini adalah strukturnya berbutir halus namun tidak berkaca.

Batu Gabro

Gambar Batu Gabro

Batu gabro ini adalah batuan jenis plutonik gelap dari batuan beku dan juga dianggap setara plutonik dari basal. Pada batu gabro ini hanya terdapat plagioklas saja yang dikenal memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi.

Batu Granodiorit

Gambar Batu Granodiorit
Gambar Batu Granodiorit

Batu granodiorit adalah contoh batuan beku yang terdiri dari bagian biotit hitam, plagioklas putih, hornblende abu gelap dan juga kuarsa abu tembus cahaya. Selain itu juga, batuan ini merupakan batu yang mencerminkan pelapukan butiran pirit yang melepaskan zat besi.

Batu Andesit

Gambar Batu Andesit
Gambar Batu Andesit

Bantu andesit adalah contoh batuan beku yang sering digunakan untuk membuat arca dan juga bangunan seperti candi. Batu andesit ini termasuk kedalam jenis batuan beku luar (Efusit). Batu ini berwarna putih sedikit abu-abu dan strukturnya berupa butiran kecil

Batu Apung

Gambar Batu Apung
Gambar Batu Apung

Batu apung memiliki bentuk yang berongga dan berwarna coklat dengan campuran abu muda. Batu apung ini sering sekali digunakan untuk mengamplas kayu dan juga alat penggosok pada bangunan.

Batu Granit

Gambar Batu Granit
Gambar Batu Granit

Batu granit ini adalah contoh batuan beku yang bisa kita temukan disekitar pantai atau bahkan di sungai. Batu ini bertekstur butiran yang kasar dan warnanya juga bermacam-macam. Batu granit sering digunakan untuk berbagai macam bahan bangunan dan termasuk kedalam jenis batuan beku dalam.

Batu Bassal

Gambar Batu Bassal
Gambar Batu Bassal

Nama lain dari batu bassal adalah batu lava. Ciri dari batu bassal adalah warnanya yang sedikit keabu-abuan dan tersusun dari butiran butiran kecil. Batu ini termasuk jenis batuan beku luar (Efusit). Selain itu juga, batu ini bermanfaat sebagai bahan bangunan.

Batu Kimberlite

Gambar Batu Kimberlite
Gambar Batu Kimberlite

Contoh batuan beku yang selanjutnya adalah batu kimberlite. Mungkin kalian cukup jarang mendengar nama batu yang satu ini, karena batu ini tergolong batu yang cukup langka. Mengapa seperti itu? Karena batu ini merupakan biji berlian.

Batu Komatiite

Gambar Batu Komatiite
Gambar Batu Komatiite

Sama seperti batu keberlite, batu komatiite ini juga tergolong batu yang langka. Batu ini kabarnya sangat kaya dengan kandungan magnesium dan juga rendah silika. Sehingga membutuhkan suhu yang sangat tinggi untuk dapat mencairkan komposisi dari batu komatiite ini.

Itulah dia 10 contoh batuan beku yang dapat kami berikan kepada kalian semua.

Penutup

Tidak terasa kita sudah sampai diujung pembahasan kita kali ini mengenai pengertian batuan beku lengkap beserta dengan struktur dan juga contohnya. Semoga artikel kali ini bisa membawa manfaat yang besar kepada kalian semua pembaca setia Pintarkan.

Jangan lupa untuk share postingan kami kali ini ke teman-teman kalian agar bisa lebih bermanfaat. Sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Loading...