U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Pengertian Teks Ceramah

Pengertian Teks Ceramah – Halo pembaca setia blog Pintarkan! Pada kesempatan kali ini kami berencana untuk membahas mengenai mata pelajaran Bahasa Indonesia nih. Lebih tepatnya, kami akan membahas mengenai pengertian teks ceramah secara lengkap.

Kalian pasti kan sudah tidak asing lagi dengan kata ceramah? Atau mungkin saja kalian sering mendengarkan ceramah. Namun kami yakin, pasti masih banyak diantara kalian yang masih belum mengetahui atau memahami mengenai pengertian teks ceramah. Itulah yang menyebabkan kami tertarik untuk membahas materi ini. Baiklah, kita langsung saja mulai ke pembahasannya.

BACA JUGA: Pengertian Jumlah Ismiyah dan Fi'liyah Beserta Contohnya

Pengertian Teks Ceramah

Apa itu Teks Ceramah? Teks Ceramah adalah teks yang berisikan pidato dan memiliki tujuan untuk menerangkan atau menyebarkan nasihat dan juga petunjuk yang berkaitan dengan ajaran-ajaran agama. Itulah yang menjadikan ceramah masuk kedalam bagian dari pidato. 

Menurut KBBI, pengertian ceramah adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Itulah dia pengertian teks ceramah yang bisa kami jelaskan.

Ciri Ciri Teks Ceramah

Nah sekarang kami akan menjelasakan kepada kalian mengenai apa saja ciri ciri teks ceramah agar kalian semakin paham.
  • Memiliki struktur yang lengkap, terdiri atas pendahuluan, isi, penutup.
  • Isi ceramah sesuai dengan kegiatan yang ada.
  • Isi ceramah tidak akan menimbulkan pertentangan di masyarakat.
  • Isi ceramah harus objektif, jelas, dan benar.
  • Bahasa yang digunakan penceramah harus santun dan rendah hati.
  • Bahasa yang digunakan penceramah mudah dipahami pendengar.
Itulah dia beberapa ciri ciri teks ceramah, silahkan untuk kalian pahami agar tidak bingung kedepannya. Sekarang kami akan membahas mengenai tujuan ceramah.

Tujuan Ceramah

Tentu saja ceramah ini memiliki tujuannya sendiri. Karena sangatlah tidak mungkin apabila seseorang berbicara didepan tanpa memiliki tujuan. Oleh karena itu, inilah dia beberapa tujuan ceramah: 
  1. Informatif/instruktif: artinya tujuan ceramah untuk memberikan informasi kepada pendengar mengenai suatu hal sehingga pendengar dapat memahami atau mengerti isi informasi dengan jelas dan benar.
  2. Naratif: artinya untuk menceritakan sesuatu hal kepada pendengar.
  3. Persuasif: artinya mengajak pendengar supaya mengikuti apa yang telah pembicara sampaikan agar keyakinan pendengar semakin bertambah untuk melakukan sesuatu kearah yang lebih baik lagi.
  4. Deskriptif: artinya untuk menggambarkan atau melukiskan tentang suatu keadaan.
  5. Argumentatif: artinya tujuan ceramah untuk meyakinkan pendengar mengenai suatu hal.
  6. Rekreatif: artinya untuk menghibur atau menggembirakan pendengar agar merasa puas.
Itulah dia ke 6 Tujuan Ceramah yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua. Semoga dapat mempermudah kalian dalam memahami pengertian teks ceramah. Selanjutnya, kami akan membahas mengenai jenis-jenisnya.

Jenis Jenis Ceramah

Ceramah ini terdiri dari dua jenis, diantaranya adalah ceramah umum dan juga ceramah khusus. Namun apakah kalian tau apa pengertian dan perbedaan dari kedua jenis ceramah tersebut? Jika belum tau, silahkan baca penjelasan kami dibawah ini.

1. Ceramah Umum

Jenis Jenis Ceramah yang pertama adalah ceramah umum. Ceramah umum adalah pesan yang memiliki tujuan untuk memberikan sebuah nasihat dan petunjuk-petunjuk yang ditujukan kepada khalayak ramai, atau masyarakat luas. Ceramah umum ini bersifat menyeluruh, maksud dari menyeluruh disini adalah tanpa adanya batasan-batasan apapun baik dari audiens yang sudah tua ataupun yang masih muda, materinya pun tidak ditentukan.

2. Ceramah Khusus

Jenis jenis ceramah yang kedua adalah ceramah khusus. Ceramah khusus adalah ceramah yang memiliki tujuan untuk memberikan nasihat dan petunjuk-petunjuk kepada khalayak tertentu saja dan bersifat khusus baik secara materi maupun yang lainnya. Pada ceramah khusus ini, banyak batasan-batasan yang dibuat misalkan materi yang menyesuaikan dengan keadaan yang berlaku.

Struktur Teks Ceramah

Teks ceramah tentu saja memiliki struktur, sama seperti teks yang lainnya. Oleh karena itu, kalian juga harus memahami bagaimana struktur teks ceramah yang baik dan benar agar tidak salah dalam menulisnya. Silahkan baca penjelasannya dibawah ini.

1. Pendahuluan

  • Pembuka: bagian yang berisi salam pembuka, ucapan syukur, dan ucapan penghormatan.
  • Pengantar: bagian yang berisi paragraf pengantar yang mengarah pada topik.

2. Isi Ceramah

  • Inti: bagian ini berisi paparan dari penceramah, pandangan umum penceramah, ilustrasi dari materi yang disampaikan oleh penceramah.
  • Gagasan: bagian ini berisi tentang ide besar yang ingin disampaikan penceramah kepada pendengar. Ceramah yang baik dan bagus berisi satu gagasan besar yang kemudian dapat dikembangkan dalam subtopik.

3. Penutup

  • Simpulan.
  • Ucapan permintaan maaf.
  • Salam penutup.

Contoh Teks Ceramah

Setelah kalian mulai memahami mengenai pengertian teks ceramah dan yang lainnya, sekarang kami akan menunjukkan kepada kalian contoh teks ceramah. Teks ceramah ini berisi tentang "Ibu", silahkan dibaca ya.

Assalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Bapak/Ibu,Saudara sekalian yang saya hormati. Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur pada kehadirat Allah SWT. Karena atas`limpahan rahmat dan karuniaNya kita semua masih diberi kesempatan untuk berkumpul untuk bersilahturrahmi di tempat ini. Tentunya dalam keadaan sehat wal-afiat.

Bapak/Ibu seta Saudara sekalian, pada hari ini saya akan sedikit memberikan ceramah singkat dengan tema “ibu”. Ibu merupakan orang tua kita selain ayah yang patut kita hormati sampai kapanpun. Tidak ada pengecualian karena hal itu merupakan ketentuan Allah SWT.Sesuai dengan salah satu firman Allah SWT dalam Al-Quran surat Al-Isra’.

Di mana artinya berbunyi “Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah engkau berbuat baik kepada ibu-Bapak”. Dan lanjutan artinya adalah “Jika salah seorang diantara keduanya atau keduanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka janganlah menyebut kata ‘ah’.”

Selain itu dalam potongan ayat tersebut juga menjelaskan tentang larangan keras pada kita selaku anak-anak mereka untuk membentak keduanya.Berkata kata yang menyakitkan dan buruk. Juga perintah untuk hanya mengucapkan kalimat dan kata–kata yang baik kepada kedua orang tua kita.

Melalui ayat tersebut sudah sangat jelas menerangkan bahwa sebagai seorang anak sudah menjadi kewajiban kita agar menghormati orang tua khususnya ibu. Diharamkan kepada kita mengucap ‘ah’ apalagi sampai membentak kedua orang tua kita. Maka Allah SWT akan tidak segan memberikan azab yang berat.

Hal tersebut tentu sangat berhubungan dengan kehadiran kita di dunia. Ingatlah bahwa kita tidak akan bisa hidup di dunia ini tanpa perjuangan orang tua kita. Melalui mereka Allah SWT memberi amanat kita. Bahkan ada sebuah pepatah Ridho Allah adalah Ridho orang tua.Dan sebaliknya Murka Allah juga merupakan murka orang tua.

Khususnya bagi seorang ibu. Seseorang yang rela mengandung kita selama sembilan bulan lamanya. Setelah itu dengan susah payah beliau akhirnya melahirkan kita tanpa peduli rasa sakit yang dirasakannya. Perjuangan mulianya belum berakhir, kita juga dilimpahi segudang kasih sayang saat proses membesarkan kita selanjutnya hingga dewasa. Hingga ada sebuah kiasan “kasih Ibu sepanjang masa”.

Arti kiasan tersebut kurang lebih yaitu kasih sayang yang seorang ibu berikan memang tak terhingga. Bahkan seringkali tanpa pamrih sedikit pun dan tidak mengharap imbalan kembali. Ada juga istilah yang sangat dikenal oleh masyarakat yang berbunyi surga di telapak kaki ibu.

Semua kiasan,pepatah dan istilah yang selama ini kita kenal dan melekat dalam kehidupan masyarakat tersebut tentunya cukup menjelaskan seberapa berjasanya ibu. Sampai kita diwajibkan untuk selalu menaruh hormat pada beliau. Juga perintah Allah SWT untuk  senantiasa berbuat dan berkata baik pada ibu sampai akhir hayat kita nanti.

Sekian ceramah yang bisa saya berikan hari ini. Semoga dapat memberikan banyak manfaat untuk semua yang hadir hari ini. Untuk salah kata saya mohon maaf sebesar-besarnya. Akhir kata Wassalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itulah dia contoh teks ceramah yang dapat kami bagikan kepada kalian semua. Semoga cukup untuk dijadikan sebagai referensi ya.

Penutup

Akhirnya kita sampai pada akhir pembahasan materi kita kali ini mengenai pengertian teks ceramah lengkap beserta dengan ciri ciri, tujuan, jenis, struktur, dan contohnya. Semoga postingan kali ini bisa menjawab rasa penasaran kalian semua ya.

Kami ingatkan lagi untuk jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman kalian apabila dirasa bermanfaat. Karena menyebarkan ilmu itu adalah sumber kebaikan, dan juga termasuk kedalam perbuatan yang disenangi oleh Allah SWT. Sampai jumpa diartikel kami yang selanjutnya!
Loading...