U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Pengertian Teks Berita

Pengertian Teks Berita – Halo pembaca setia blog Pintarkan semuanya! Bertemu lagi bersama kami, kali ini kami masih akan membahas mengenai mata pelajaran Bahasa Indonesia nih guys. Materi yang akan kami bahas sekarang adalah mengenai apa pengertian teks berita lengkap beserta dengan tujuan, ciri ciri, jenis, unsur, struktur dan sudah pasti dengan contohnya juga.

Kalian atau Orang Tua kalian pasti sering sekali kan membaca, mendengar, atau menonton berita? Berita saat ini sangat mudah sekali kita temukan, baik itu di koran, di radio, dan juga di televisi. Bahkan sekarang teks berita juga bisa kita dapatkan dengan mudah melalui internet, seiring dengan berkembangnya zaman. Namun taukah kalian apa pengertian teks berita? Pasti banyak diantara kalian yang masih belum tau kan? Kalau begitu, mari kita langsung mulai saja ke pembahasannya.

BACA JUGA: Pengertian Teks Ceramah: Ciri Ciri, Tujuan, Jenis, Struktur dan Contohnya

Pengertian Teks Berita

Apa itu Teks Berita? Teks Berita adalah suatu teks yang biasanya digunakan untuk memberikan penjelasan berupa informasi kepada pembaca mengenai suatu hal atau berita yang bersifat terkini dan terbaru. Umumnya, teks berita ini berisikan suatu fakta, namun tidak semua fakta bisa dijadikan berita. Itulah dia pengertian teks berita, pastinya kalian sudah mulai paham bukan?

Tujuan Teks Berita

Tentu saja dengan adanya teks berita ini, terdapat tujuan yang disampaikan. Tujuan teks berita adalah untuk menyampaikan pesan komunikatif, yang berarti untuk memberikan berita kepada pembaca, penonton, dan pendengar, mengenai suatu kejadian yang pantas, penting, dan layak untuk diberitakan kepada khalayak umum. Sehingga para pembaca, penonton, dan pendengar berita merasa wawasannya bertambah karena sudah diberikan informasi yang informatif. Seperti itulah tujuan teks berita yang bisa kami jelaskan kepada kalian semua.

Ciri Ciri Teks Berita

Berikut ini adalah beberapa ciri ciri teks berita yang bisa kalian gunakan sebagai acuan untuk mengetahui apakah teks yang kalian baca termasuk berita atau bukan.
  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.
  • Hal yang diberitakan harus berupa sebuah fakta.
  • Berita yang disampaikan harus Aktual, yakni masih hangat atau baru saja terjadi.
  • Sumber beritanya harus valid, dalam artian bisa untuk dipertanggungjawabkan.
  • Judul berita harus mewakili isi dari berita tersebut, tidak boleh out of topic.
  • Bersifat objektif dan alur peristiwanya berurutan.

Jenis Teks Berita

Setelah membahas mengenai pengertian teks berita, tujuan, dan ciri cirinya. Sekarang kami juga akan menjelaskan mengenai apa saja jenis teks berita. Teks berita ini terdiri dari 5 jenis, diantaranya adalah straight news, depth news, investigation news, interpretative news, dan juga opinion news. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai ke 5 jenis tersebut, silahkan baca dibawah ini:
  1. Straight news adalah Berita langsung apa adanya. di tulis secara singkat, lugas dan langsung tertuju pada poin utama yang ingin disampaikan.
  2. Depth news adalah Berita mendalam di kembangkan dengan pendalaman hal-hal yang ada di bawah suatu permukaan dan dibahas secara lengkap.
  3. Investigation news adalah Berita yang di kembangkan berdasarkan penelitian atau penyelidikan yang didapatkan dari berbagai sumber.
  4. Interpretative news adalah Berita yang di kembangkan dengan pendapat atau penilaian penulisnya atau reporter.
  5. Opinion news adalah Berita mengenai pendapat seseorang seperti tokoh, ahli, cendekiawan mengenai suatu hal.
Itulah dia ke 5 jenis teks berita yang bisa kalian pelajari. Semoga mudah untuk kalian pahami ya.

Unsur Teks Berita

Rasanya akan sangat hambar sekali apabila kita tidak membahas unsur dari suatu teks. Ya, unsur teks berita ini tentu saja sangat penting sekali. Karena apabila tidak terdapat unsur, maka para pembaca teks berita ini akan merasa kebingungan.

Unsur teks berita ini sering sekali dikenal dengan sebutan 5W + 1H ( What, Where, When, Who, Why, How). Kalian pasti sudah tidak asing kan dengan kata tersebut? Apabila masih banyak yang belum paham silahkan simak penjelasan berikut ini.
  • What: Unsur ini biasanya menjelaskan mengenai peristiwa apa yang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan di tengah masyarakat saat ini.
  • Where: Unsur ini menjelaskan tentang dimana peristiwa atau kejadian itu terjadi. Berita harus memuat informasi mengenai lokasi kejadian sehingga berita menjadi jelas dan mudah dipahami oleh masyarakat.
  • When: Unsur ini menjelaskan mengenai kapan terjadinya peristiwa yang sedang dibahas di dalam berita tersebut. Waktu kejadian berita ini penting dijelaskan dalam berita sehingga mudah dimengerti masyarakat.
  • Who: Unsur ini menjelaskan mengenai siapa saja orang yang terlibat dalam berita tersebut. Orang-orang yang terlibat harus dijelaskan, sehingga tidak membingungkan atau menimbulkan kesalahpahaman.
  • Why: Unsur ini menjelaskan mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi. Biasanya meliputi alasan dan latar belakang terjadinya peristiwa yang diberitakan.
  • How: Unsur ini memuat bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi. Pada bagian ini biasanya dijelaskan secara kronologis secara runtut dan jelas.

Struktur Teks Berita

Setelah membaca seluruh penjelasan kami diatas, alangkah lebih baiknya apabila kalian juga bisa memahami struktur teks berita. Dengan mempelajari strukturnya, kalian diharapkan bisa membuat teks berita sendiri. Berikut ini adalah strukturnya:
  1. Orientasi berita: Orientasi berita merupakan pengenalan mengenai masalah atau hal apa yang akan dijelaskan dalam berita tersebut.
  2. Peristiwa: Struktur ini menceritakan tentang kejadian yang terdapat pada peristiwa atau hal yang ingin diberitakan secara rinci dan berurutan.
  3. Sumber berita: Sumber berita ini biasanya terletak di bagian awal berita atau akhir berita.
Nah itulah dia ke 3 struktur teks berita yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua. Silahkan dibaca sampai paham ya.

Contoh Teks Berita

Setelah kalian memahami apa pengertian teks berita dan juga penjelasan yang lainnya. rasanya sangat kurang sekali apabila kami tidak memberikan contohnya. Semoga contoh teks berita dibawah ini bisa kalian jadikan sebagai referensi untuk belajar ya.

Pasien Flu Burung Dijauhi Warga

Keluarga pasien flu burung mengeluhkan perlakuan yang mereka terima dari lingkungan sekitar tempat mereka tinggal. Meski dokter menyatakan mereka negatif flu burung, warga sekitar tetap enggan berdekatan atau mengajak bicara.

Salah satu korban perlakuan tersebut adalah keluarga almarhum Ny. Riah. Pekan lalu, Ny. Riah meninggal akibat flu burung. Saat ini, Arif, anak Ny. Riah, masih dirawat karena positif flu burung.

”Sedih sekali. Waktu tahlilan meninggalnya kakak saya, yang datang cuma empat orang. Yang lain takut ketularan, katanya,” ujar Supriyanto, adik Ny. Riah, Kamis (18/1).

Supriyanto juga mengatakan, sekarang tetangga enggan lewat di depan rumah keluarga itu. Ia juga mengkhawatirkan kondisi Yusuf, suami Ny. Riah, yang sudah diperbolehkan pulang.

”Mereka tidak berpikir, bagaimana rasanya istri meninggal dan anak sedang sakit,” jelasnya.

Ia hanya dapat berharap dinas kesehatan lebih sering menjelaskan pada masyarakat bahwa pasien yang sudah negatif flu burung tidak berbahaya untuk didekati.

Kurang lebih seperti itulah contoh teks berita yang dapat kami sampaikan. Semoga bisa untuk kalian pahami ya.

Penutup

Tidak terasa kami sudah membahas seluruhnya dari postingan kami kali ini mengenai pengertian teks berita lengkap beserta tujuan, ciri ciri, jenis, unsur, struktur dan juga contohnya. Bagaimana nih, setelah membaca tulisan kami diatas apakah kalian semakin mengerti mengenai materi ini? Semoga saja sudah ya.

Baiklah, kami rasa cukup sampai disini dulu artikel terbaru dari kami. Jangan lupa untuk bagikan ke teman-teman sekolah kalian ya agar lebih bermanfaat. Jangan pernah lelah dalam menuntut ilmu dan hormatilah orangtua mu. Sampai jumpa dipostingan yang selanjutnya!
Loading...