U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Pengertian Senam Lantai

Pengertian Senam Lantai – Halo pembaca setia Pintarkan! Berjumpa lagi bersama kami pada artikel terbaru dari kami. Kali ini kami akan membahas tema yang belum pernah dibahas sebelumnya di blog ini. Mengapa seperti itu? Karena postingan kali ini bertemakan Olahraga. Siapa sih yang tidak suka olahraga? Karena olahraga ini sangat baik sekali untuk kesehatan kita semua.

Jadi pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai pengertian senam lantai. Kalian pasti pernah melihat atau mendengar senam lantai kan? Namun kami yakin masih banyak sekali diantara kalian yang belum memahami mengenai pengertiannya, tujuan, jenis jenis, manfaat dan juga tekniknya. Itulah sebabnya kami membuat artikel ini. Baiklah tanpa pikir panjang lagi, mari kita mulai ke pembahasannya.

BACA JUGA: Sejarah Reog Ponorogo Beserta Makna dan Propertinya


Pengertian Senam Lantai

Gambar Senam Lantai
Gambar Senam Lantai

Seperti yang kami kutip dari Wikipedia, pengertian senam lantai adalah sebuah bagian dari senam yang dimana gerakan senamnya dilakukan diatas lantai yang beralaskan matras. Tentu saja sangat mudah sekali apabila kita ingin mencoba senam lantai, karena kita hanya membutuhkan lantai dan juga matras sebagai alas agar tubuh kita tidak sakit. Seperti itulah pengertian senam lantai, selanjutnya kami akan membahas mengenai apa saja tujuan senam lantai.

Tujuan Senam Lantai

Tentu saja sangatlah tidak mungkin apabila kita melakukan senam lantai tanpa adanya tujuan yang jelas. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tujuan senam lantai:
  • Senam lantai bertujuan untuk membangun komponen fisik dan juga gerak.
  • Tujuan senam lantai untuk meningkatkan kemampuan bentuk gerakan.
  • Melatih daya tahan otot.
  • Melatih kekuatan otot perut.
Itulah dia beberapa tujuan senam lantai. Semoga bisa menjawab rasa penasaran kalian ya hehe.

Manfaat Senam Lantai

Setelah kalian mengetahui pengertian senam lantai, tentu saja kalian perlu untuk mengetahui manfaatnya juga bukan? Seperti yang kita ketahui, dimana ada tujuan pasti terdapat juga suatu manfaat didalamnya. Hal ini juga berlaku untuk olahraga senam lantai ini. Tentu saja banyak sekali manfaat senam lantai yang harus kita ketahui, manfaat tersebut diantaranya adalah:
  • Manfaat senam lantai yang pertama dalah untuk memperkuat otot lengan, paha, pinggang, kaki, perut dan juga dada.
  • Senam lantai juga sangat bagus sekali untuk melatih keseimbangan
  • Bagus untuk melatih keseimbangan
  • Sangat efektif untuk membakar lemak dalam tubuh
  • Manfaat senam lantai juga bisa meningkatkan daya tahan jantung
  • Senam lantai bisa juga untuk melatih fokus.
Cukup banyak sekali bukan manfaat senam lantai? Namanya juga olahraga sudah pasti akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk tubuh kita. Sudah seharusnya kita semua untuk rutin berolahraga agar tubuh kita menjadi sehat dan bugar dan juga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

Jenis Jenis Senam Lantai

Ada banyak sekali jenis jenis senam lantai yang bisa kalian praktekkan, namun kalian tentu saja tidak bisa mencobanya sembarangan karena terdapat teknik yang harus kalian pahami sebelum melakukannya. Jenis jenis senam lantai diantaranya adalah:
  • Kayang
  • Roll Depan
  • Roll Belakang
  • Headstand
  • Handstand
  • Lompat Harimau
  • Lompat Jongkok
  • Gerakan Sikap Lilin
Kurang lebih seperti itulah jenis jenis senam lantai yang biasa dilakukan oleh para atlet. Kalian tentu saja bisa juga berlatih untuk mencoba jenis jenis gerakan senam lantai tersebut. Namun kalian harus mempelajari terlebih dahulu teknik senam lantai agar kalian tidak mengalami cidera yang nantinya akan berbahaya. Yuk silahkan disimak terlebih dahulu tekniknya sebelum melakukan praktek.

Teknik Senam Lantai

Setelah membahas mengenai pengertian senam lantai beserta dengan tujuan, manfaat dan juga jenisnya, sekarang kami akan menjelaskan berbagai macam teknik senam lantai dari berbagai jenis senam lantai yang sudah kami jelaskan barusan diatas. Diharapkan kalian semua membaca teknik ini sampai paham agar tidak terjadi cidera ketika melakukan praktek nanti. Baiklah langsung saja kita mulai ke pembahasannya.

Teknik Senam Lantai - Kayang

  1. Pertama-tama, ambil sikap berdiri tegak dengan posisi kaki sedikit terbuka.
  2. Letakan tangan masing-masing di samping kaki.
  3. Gerakan tangan secara bersamaan atau satu tangan dengan mengayunkan kebelakang kepala tengah kemudian badan melenting ke belakang  Pastikan posisi telapak tangan menyentuh atau mendarat pada matras dengan baik.
  4. Untuk gerakan dari sikap berdiri ini anda dapat melakukannya dengan menggunakan bantuan tembok, sehingga dapat menghindari cidera dan tidak membuat kita terlalu lelah sebagai pemula.

Teknik Senam Lantai - Roll Depan

  1. Pertama sikap kalian harus jongkok, kedua kaki rapat, letakkan lutut kedua dada ke dua dada tangan menumpu di depan ujung kaki kira-kira 40 cm.
  2. Bengkokkan kedua tangan, letakkan pundak pada matras dengan menundukan kepala, dagu sampai ke dada.
  3. Lalu selanjutnya dilanjut dengan melakukan gerakan berguling kedepan, ketika panggul menyentuh matras, peganglah tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi jongkok.

Teknik Senam Lantai - Roll Belakang

  1. Sikap pertama-tama dalam posisi jongkok, kedua tangan di depan dan kaki sedikit rapat.
  2. Kepala ditundukkan kemudian kaki menolak kebelakang.
  3. Pada saat panggul mengenai matras, kedua tangan segera dilipat ke samping telinga dengan telapak tangan menghadap ke bagian atas untuk siap menolak.
  4. Kaki segera diayunkan ke belakang  melewati kepala, dengan bantuan oleh kedua tangan menolak kuat dan kedua kaki dilipat sampai ujung kaki dapat mendarat di atas matras menuju ke sikap jongkok.

Teknik Senam Lantai - Headstand


  1. Bungkukkan badan dengan dahi dan kedua tangan bertumpu pada lantai.
  2. Pastikan dahi dan kedua tangan membentuk segitiga sama sisi.
  3. Angkat tungkai ke atas satu per satu.
  4. Untuk menjaga keseimbangan, busurkan panggul dan punggung ke depan.
  5. Dan posisi terakhir adalah badan atau tubuh  dalam keadaan posisi terbalik 180 derajat dan dalam keseimbangan dengan kedua tungkai rapat dan lurus ke atas.

Teknik Senam Lantai - Handstand


  1. Posisi awal adalah berdiri tegak dengan kedua tangan lurus di samping badan.
  2. Kemudian perlahan gerakan salah satu kaki lebih maju dari kaki yang lainnya.
  3. Bungkukkan badan dengan kedua telapak tangan bertumpu pada matras atau lantai.
  4. Angkat tungkai kaki secara perlahan dengan cara satu persatu.
  5. Dorong bokong setinggi-tingginya hingga terangkat.
  6. Bengkokkan tungkai depan sementara tungkai belakang diluruskan.
  7. Kencangkan otot perut lalu ayunkan tungkai belakang ke atas.
  8. Posisi akhir adalah badan dalam posisi terbalik 180 derajat dan dalam keseimbangan dengan kedua tungkai rapat dan lurus.
  9. Untuk pemula, jika belum mahir melakukannya dapat menggunakan dinding atau tembok sebagai bantuan untuk sandaran atau tumpuan kedua kaki.

Teknik Senam Lantai - Lompat Harimau

  1. Posisi awal adalah berdiri tegak dengan kedua tangan lurus di samping.
  2. Menggunakan papan tolakan, melompatlah ke depan dengan lengan diayunkan ke atas.
  3. Saat tubuh melayang di udara, lentingkan badan dan lipat lutut di depan dada.
  4. Luruskan tungkai sesaat sebelum mendarat.
  5. Posisi akhir adalah jongkok lalu berdiri.

Teknik Senam Lantai - Lompat Jongkok

  1. Posisi awal adalah berdiri tegak dengan kedua tangan lurus di samping badan.
  2. Mulailah berlari dengan posisi badan condong ke depan.
  3. Lakukan tolakan sekuat-kuatnya pada papan tolakan menggunakan kedua kaki.
  4. Ayunkan lengan ke arah depan sementara posisi tubuh tetap diluruskan dan tungkai dibuka.
  5. Mendaratlah dengan kaki dan tubuh menuju posisi jongkok sementara tangan direntangkan ke atas.
  6. Posisi akhir adalah jongkok lalu berdiri.

Teknik Senam Lantai - Gerakan Sikap Lilin

  1. Posisi awal adalah tidur terlentang di atas matras dengan kedua tangan lurus di samping badan dan arah pandangan ke atas.
  2. Kemudian angkat kedua kaki ke atas dalam posisi rapat dan lurus tegak hingga membentuk sudut 90 derajat dengan di bantu oleh kedua tangan untuk menopang tubuh.
  3. Dan posisi akhir dari sikap lilin ini adalah dengan posisi pundak menjadi tumpuan untuk badan dan kedua tangan menjadi tumpuan untuk pinggang dan kaki.

Penutup

Mungkin dicukupkan sekian dulu penjelasan kami mengenai pengertian senam lantai lengkap dengan tujuan, manfaat, jenis jenis, dan juga tekniknya. Semoga kalian semua yang ingin belajar senam lantai bisa cepat menguasainya atau bahkan bisa menjadi atlet senam lantai yang berprestasi.

Semoga artikel pengertian senam lantai ini bermanfaat untuk kalian semua dan bisa membantu penyelesaian tugas sekolah kalian. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman-teman sekolah kalian agar bisa lebih bermanfaat. Terima kasih dan sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Loading...