U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Arti Tut Wuri Handayani

Arti Tut Wuri Handayani – Halo pembaca setia Pintarkan semuanya! Sudah cukup lama sekali ya kami tidak menulis postingan baru disini. Mohon dimaklumi ya, karena belakangan ini admin sedang sibuk sekali. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai sejarah nih. Kalian pasti sering melihat atau mendengar kata Tut Wuri Handayani kan ketika SD?

Namun beberapa diantara kalian pasti masih ada yang belum tau mengenai apa arti tut wuri handayani. Oleh sebab itulah kami tertarik untuk membahas materi ini. Kan lumayan tuh bisa menambah wawasan kalian semua. Selain itu juga kita diharuskan untuk memahami sejarah yang ada di Indonesia.

Baiklah, tanpa banyak bicara lagi langsung saja kita mulai ke pembahasan kita kali ini mengenai arti tut wuri handayani.

BACA JUGA: Pengertian Zina Lengkap Beserta Kategori, Macam Macam, Contoh, Dalil dan Hadits

Arti Tut Wuri Handayani

Tau kah kalian kalau semboyan tut wuri handayani ini dipelopori oleh Ki Hajar Dewantara? Bapak Ki Hajar Dewantara ini dikenal sebagai bapak pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, sangatlah tidak heran jika kalian menemukan tulisan tut wuri handayani dan juga logo atau lambang tut wuri handayani topi SD atau dasi SD kalian.

Pada tahun 1922 silam, Ki Hajar Dewantara mendirikan lembaga pendidikan yang bernama taman siswa. Tujuan belliau membuat lembaga pendidikan tersebut adalah untuk membuat budaya tanding kepada pendidikan kolonial pada waktu itu. Tak hanya itu juga, dibuatnya Taman Siswa ini adalah untuk mengatasi masalah pendidikan yang ada di Indonesia dan juga menyadarkan bangsa ini tentang keterjajahan oleh bangsa lain, baik dijajah secara fisik maupun secara budaya.

Arti Tut Wuri Handayani Menurut Ki Hajar Dewantara

Namun taukah kalian apa arti tut wuri handayani menurut Ki Hajar Dewantara? Sebenarnya semboyan ini terdiri dari 3 kalimat. Namun Tut Wuri Handayani lah yang sering kita temukan. Tiga kalimat tersebut diantaranya adalah "Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani". Kalimat ini adalah dari bahasa jawa dan juga tentu saja itu semua memiliki arti masing masing.
  • Ing Ngarsa Sung Tulada memiliki arti ketika berada di depan seorang guru harus bisa memberi teladan dan contoh tindakan yang baik.
  • Ing Madya Mangun Karsa memiliki arti ketika berada di tengah murid-muridnya seorang guru harus dapat menciptakan ide dan membangun semangat.
  • Tut Wuri Handayani memiliki arti ketika berada di belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan.
Dari ketiga kalimat tersebut maka terciptalah bahwa didepan, seorang guru harus bisa memberi teladan dan juga contoh tindakan yang baik. Ditengah, seorang guru harus menciptakan ide dan membangun semangat kepada para murid. Dibelakang, seorang guru harus memberikan dorongan dan juga arahan kepada para muridnya. Kurang lebih seperti itulah arti tut wuri handayani menurut Ki Hajar Dewantara.

Arti Lambang atau Logo Tut Wuri Handayani

Arti Lambang atau Logo Tut Wuri Handayani
Gambar Lambang Atau Logo Tut Wuri Handayani

Selanjutnya kita akan membahas mengenai arti lambang atau logo tut wuri handayani. Logo ini sering kita temukan di topi SD kita dan juga terdapat di dasi SD.  Lambang atau logo ini dibuat oleh Kemdikbud dan secara resmi telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0398/M/1977, tanggal 6 September 1977.

Berikut ini adalah rincian arti lambang atau logo tut wuri handayani:

Logo Warna

  • Warna Putih Di Ekor Juga Sayap Garuda Lalu Buku Artinya Suci, Bersih Tanpa Adanya Pamrih.
  • Warna Kuning Emas Di Api Yang Menyala Artinya Keagungan Dan Keluhuran Dari Sebuah Pengabdian.
  • Warna Biru Muda Di Bidang Segi Lima Artinya Jiwa Pengabdian Yang Tidak Akan Kunjung Putus Dengan Mempunyai Pandangan Hidup Yang Sangat Mendalam.

Logo Buku

Artinya Jika Buku Itu Ialah Sumber Untuk Semua Jenis Ilmu Yang Bisa Bermanfaat Untuk Kehidupan Manusia.

Logo Bidang Segi Lima “Warna Biru Muda”

Menggambarkan Alam Kehidupan Dari Pancasila.

Logo Semboyan Tut Wuri Handayani

Dipakai Ki Hajar Dewantara Pada Pelaksanaan Di Sistem Pendidikannya. Dengan Arti Penghargaan Juga Penghargaan Juga Penghormatan Kita Kepada Alamarhum Ki Hajar Dewantara Yang Hari Lahirnya Sudah Dijadikan Hari Pendidikan Nasional.

Logo Belencong Menyala Bermotif Garuda

Artinya Sebagai Lampu Yang Bisa Membuat Pertunjukan Menjadi Semakin Hidup Dan Arti Burung Garuda Ialah Sebuah Gambaran Sifat Dinamis, Gagah Perkasa Juga Mampu Dan Berani Mandiri Mengarungi Luasnya Angkasa.


Penutup

Kurang lebih seperti itulah penjelasan kami pada artikel kali ini mengenai arti tut wuri handayani dan arti lambang atau logo tut wuri handayani. Semoga dengan dibuatnya artikel ini bisa menjawab rasa penasaran kalian selama ini mengenai semboyan yang sering kita dengar atau lihat ketika SD. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman-teman kalian atau keluarga kalian apabila dirasa bermanfaat, karena Ilmu itu harus selalu disebarkan. Baiklah sekian dulu, sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya pembaca setia Pintarkan!
Loading...