iXZ5LucRXKUvehGMx7HNr7F2OUDV3eF73FJjIqjp
Pengertian Revolusi Hijau: Latar Belakang, Tujuan dan Dampak

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Pengertian Revolusi Hijau: Latar Belakang, Tujuan dan Dampak

Pengertian Revolusi Hijau: Latar Belakang, Tujuan dan Dampak

Pengertian Revolusi Hijau – Halo sahabat Pintarkan semuanya, rasanya sudah cukup lama sekali ya kami tidak menulis artikel baru di web ini. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai mata pelajaran Sejarah atau lebih tepatnya tentang pengertian revolusi hijau beserta tujuan atau latar belakang dan juga dampaknya.

Kami sangat yakin sekali bahwa masih banyak sekali diantara kalian semua pembaca setia Pintarkan oleh sebab itulah kami tertarik untuk membahas materi mengenai pengertian revolusi hijau ini. Karena tentu saja kalian harus mengetahui sejarah-sejarah yang ada di Indonesia. Baiklah tanpa basa-basi lagi langsung saja kita mulai ke pembahasannya.

BACA JUGA: Peninggalan Kerajaan Sriwijaya: Prasasti, Candi, Letak, dan juga Rajanya

Pengertian Revolusi Hijau

Kalian semua pasti sudah pernah melihat padi yang ditanam oleh petani disawah bukan? Nah itu semua petani kerjakan demi memenuhi kebutuhan pangan manusia khususnya di Indonesia ini. Jadi bisa disimpulkan bahwa pengertian Revolusi Hijau adalah suatu usaha pengembangan teknologi pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan. 

Seperti yang kita ketahui, perkembangan teknologi pada saat ini tentulah sangat pesat sekali sehingga proses terjadinya revolusi hijau ini bisa berlangsung begitu cepat, dari yang awalnya menggunakan metode tradisional hingga sampai pada saat ini menggunakan teknologi yang modern dan serba praktis. Jadi kurang lebih seperti itulah pengertian revolusi hijau, semoga kalian sudah mulai paham ya. Selanjutnya kami akan membahas mengenai latar belakang revolusi hijau.


Latar Belakang Revolusi Hijau

Hal yang menjadikan munculnya revolusi hijau adalah karena hancurnya lahan pertahian yang disebabkan oleh peristiwa Perang Dunia ke-1 dan juga Perang Dunia ke-2. Selain itu juga, bertamhnya jumlah penduduk di Indonesia mengakibatkan kebutuhan pangan juga akan terus meningkat. Orang yang pertama kali memberikan gagasan mengenai revolusi hijau ini adalah Thomas Robert Malthus yang melakukan penelitian dan juga berpendapat bahwa kemiskinan dan juga kemelaratan adalah masalah yang dihadapi manusia yang disebabkan oleh tidak seimbangnya pertumbuhan penduk dengan peningkatan dari produksi pertanian. Itulah dia latar belakang Revolusi Hijau yang dapat kami sampaikan.


Tujuan Revolusi Hijau

Setelah tadi kita membahas mengenai pengertian revolusi hijau dan juga latar belakang revolusi hijau. Sekarang kita akan lanjut membahas mengenai tujuan revolusi hijau. Jadi revolusi hijau bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dengan cara melakukan penelitian dan juga melakukan eksperimen bibit unggul.


Dampak Revolusi Hijau

Setelah kita membahas mengenai pengertian, latar belakang, dan juga tujuan dari revolusi hijau. Alangkah lebih baiknya apabila kita juga mengetahui apa saja dampak revolusi hijau. Revolusi Hijau tentu saja memiliki dampak positif dan juga dampak negatif, apa saja dampak tersebut? Yuk simak pembahasan kami dibawah ini.

Dampak Positif Revolusi Hijau

  1. Meningkatnya pendapatan dan juga kesejahteraan para petani.
  2. Ditemukannya berbagai macam bibit tanaman yang unggul.
  3. Kebutuhan pangan terpenuhi karena meningkatnya produktivitas pertanian.
  4. Pemenuhan pangan Karbohidrat terpenuhi bahkan meningkat karena meningkatnya produksi padi dan juga gandum.

Dampak Negatif Revolusi Hijau

  1. Penggunaan pupuk pestisida yang berlebihan bisa menyebabkan tanah rusak dan juga mencemari air.
  2. Biaya penelitian membutuhkan biaya yang cukup besar.
  3. Akibat teknologi yang semakin modern menjadikan tenaga manusia bisa digantikan oleh mesin sepenuhnya.
Itulah dia dampak revolusi hijau yang dapat kami jelaskan kepada kalian. Tidak terasa kita sudah membahas semua topik pembahasan kita kali ini dimulai dari pengertian revolusi hijau sampai ke dampaknya.

Jadi kesimpulannya, Revolusi Hijau ini sangat baik sekali karena bisa memudahkan perkejaan para petani dan juga bisa membuat kebutuhan pangan kita terpenuhi. Namun ada juga dampak negatifnya yang dimana apabila teknologi semakin maju maka pekerjaan para petani bisa terancam karena akan digantikan oleh mesin-mesin sepenuhnya. Bagaimana pendapat kalian mengenai penerapan Revolusi Hijau ini? Apakah kalian setuju? kalau tidak tulis alasan kalian dikolom komentar ya.

Sekian dulu postingan kami kali ini mengenai pengertian revolusi hijau, latar belakang revolusi hijau, tujuan dan juga dampak revolusi hijau. Semoga bisa memberikan pencerahan kepada kalian semua pembaca setia pintarkan. Jangan pernah lelah dalam belajar dan teruslah haus dalam mencari Ilmu!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post