U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Sejarah Candi Prambanan

Sejarah Candi Prambanan – Halo pembaca setia Pintarkan semuanya! Pada kesempatan kali ini kami masih akan membahas mengenai mata pelajaran Sejarah Indonesia lagi. Atau lebih jelasnya, kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai sejarah candi prambanan. Kami yakin pasti masih banyak sekali diantara kalian semua yang masih belum tau ataupun belum memahami mengenai sejarah candi prambanan ini. Oleh karena itu kami akan menjelaskannya secara rinci kepada kalian semua. Tanpa basa basi lagi, yuk kita langsung mulai saja ke pembahasan.

BACA JUGA: Sejarah Angling Dharma: Kesaktian dan Silsilah Keturunan


Sejarah Candi Prambanan

Kalian semua pasti sudah sering sekali mendengar Candi Prambanan kan? Namun tentu saja kami yakin masih banyak sekali diantara kalian yang belum memahami sejarah candi prambanan. Jadi, candi prambanan ini adalah candi hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada saat abad ke-9 Masehi. Sebagai informasi tambahan, candi prambanan juga seringkali disebut dengan sebutan Candi Loro Jonggrang.

Candi Prambanan juga sudah diakui dan juga ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Hebat sekali bukan? Konon katanya, Candi Prambanan ini dibangun dan direncanakan oleh Rakai Pikatan untuk menyaingi Candi Borobudur dan juga sebagai persembahan untuk para dewa besar dalam agama Hindu yang diantaranya adalah Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan juga Dewa Siwa.

Proses pembangunan candi ini juga terus disempurnakan Raja Lokapala dan juga Raja Balitung. Menurut Prasasti Siwagrha yang ditemukan pada tahun 856 Masehi, candi ini dibuat untuk memuliakan Dewa Siwa yang dimana arti dari Siwagrha ini adalah Rumah Siwa. Selain itu juga diprasasti ini dijelaskan bahwa terdapat perubahan tata air untuk memindahkan aliran sungai yang mengalir disekitar candi ini.

Namun sangat disayangkan sekali, sekitar pada tahun 930 Masehi Ibu Kota dipindahkan ke Jawa timur yang menyebabkan candi prambanan ini menjadi tidak terurus dan juga terlantar. Dan juga konon katanya, pada abad ke-16 terjadi gempa bumi yang luar biasa sangat besar sekali yang mengakibatkan candi ini runtuh. Meskipun begitu, masyarakat jawa masih mengenali candi ini.

Kelanjutan dari sejarah candi prambanan ini adalah ketika seseorang berkebangsaan belanda yang bernama CA. Lons ini menemukan kembali keberadaan candi prambanan pada tahun 1733. Lalu sekitar pada tahun 1930 an mulai lah dilakukan pemugaran candi prambanan. Tentu saja pemugaran dan juga pelestarian tersebut masih sering dilakukan hingga saat ini, pada tahun 1953 juga Ir. Soekarno juga meresmikan pemugaran candi siwa.

Sebagai informasi tambahan untuk kalian semua agar lebih memahami mengenai sejarah candi prambanan ini. Jadi, pada tahun 2006 terjadi gempa yang cukup besar di Yogyakarta yang menjadikan beberapa bagian di Candi Prambanan ini mengalami kerusakan sehingga sebagian harus direnovasi menggunakan batu yang baru.

Nah kurang lebih seperti itulah sejarah candi prambanan yang dapat kami sampaikan. Semoga kalian semua sudah sedikit tercerahkan ya. Karena kami yakin banyak sekali diantara kalian yang mencari ringkasan cerita candi prambanan sehingga kamipun tertarik untuk menjelaskannya. Selanjutnya kami akan membahas tentang letak geografis candi prambanan.


Letak Candi Prambanan

Mungkin masih ada diantara kalian yang belum tau dimana letak candi prambanan ini. Jadi sebagai informasi untuk kalian semua. Karena candi prambanan ini sangat luas, sehingga letak candi prambanan ini masuk ke dua wilayah yang diantaranya adalah Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Prov. Daerah Istimewa Yogyakarta dan juga masuk kedalam Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Prov. Jawa Tengah. Apabila kalian ingin melihat letak candi prambanan melalui google maps, kalian bisa memasukkan koordinat ini " 7°45′06.96″ S, 110°29′28.20″ e ".

Itulah dia Letak candi prambanan atau lokasi candi prambanan yang bisa kami sampaikan. Selanjutnya kami akan membahas mengenai fungsi candi prambanan.


Fungsi Candi Prambanan

Fungsi candi prambanan adalah untuk tempat pemujaan para warga yang memeluk agama Hindu. Selain itu juga, fungsi candi prambanan juga sebagai penyelenggaraan berbagai macam upacara adat seoerti upacara Melasti yang biasa dilaksanakan H-2 hari raya Nyepi dan juga upacara tawur agung kesanga yang biasa dilaksanakan H-1 hari raya Nyepi. Kurang lebih seperti itulah fungsi candi prambanan. Bagaimana, sudah mulai paham kan?


Penutup

Tidak terasa kami sudah selesai membahas mengenai sejarah candi prambanan mulai dari ringkasan cerita, letak, dan juga fungsinya kepada kalian semua pembaca setia pintarkan. Bagaimana nih apakah kalian sudah mulai paham mengenai sejarah candi prambanan? Semoga sudah ya. Kami juga berharap artikel kami kali ini bisa bermanfaat dan juga bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas sekolah. Jangan lupa bagikan artikel sejarah candi prambanan ini kepada teman kalian semua agar bisa lebih bermanfaat. Terima kasih dan sampai jumpa dipostingan selanjutnya!
Loading...