U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Pengertian Pertumbuhan Primer dan Sekunder pada Tumbuhan

Pengertian Pertumbuhan Primer dan Sekunder pada Tumbuhan – Halo pembaca setia Pintarkan! Sebelumnya kami ingin meminta maaf kepada kalian semua karena belakangan ini kami jarang membuat postingan baru karena berbagai macam kesibukan. Mohon dimaklumi ya, hehe.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai mata pelajaran Biologi. Atau lebih spesifiknya kami akan membahas tentang pengertian pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan. Dan tentu saja lengkap dengan gambar, contoh dan juga tabelnya. Kalian pasti sudah sangat penasaran sekali bukan? Baiklah tanpa basa-basi lagi yuk kita mulai saja pembahasannya.

BACA JUGA: Perbedaan Gonosom dan Autosom: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian Pertumbuhan Primer Pada Tumbuhan

Apa itu pertumbuhan primer pada tumbuhan? Pertumbuhan primer pada tumbuhan adalah pertumbuhan dasar yang menyebabkan terjadinya aktivitas pembelahan sel di jaringan meristem primer. Bagi kalian yang belum tau,pertumbuhan primer ini terjadi secara bertahap di tiga daerah. Yaitu daerah pembelahan (proliferasi), pemanjangan (elongasi), dan daerah diferensiasi.


Pengertian Pertumbuhan Sekunder Pada Tumbuhan

Apa itu pertumbuhan sekunder pada tumbuhan? Pertumbuhan sekunder pada tumbuhan adalah pertumbuhan yang menyebabkan terjadinya aktivitas jaringan meristem sekunder  (kambium) yang terdapat pada tumbuhan. Namun perlu kalian ketahui bahwa pertumbuhan sekunder hanya terjadi pada tumbuhan dikotil, yaitu pembentukan kambium yang terbentuk dari parenkim atau kolenkim.

Itulah dia pengertian pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan. Selanjutnya, kami akan membahas juga mengenai contohnya.


Contoh Pertumbuhan Primer dan Sekunder

Pertumbuhan Primer

  • Daerah pemanjangan yang terletak setelah daerah pembelahan
  • Ujung akar
  • Daerah diferensiasi

Pertumbuhan Primer pada Akar

Pertumbuhan Primer pada Akar
Gambar Pertumbuhan Primer pada Akar

Akar muda yang telah keluar dari bijinya selanjutnya akan masuk kedalam tanah yang nantinya akan membentuk sistem perakaran tanaman. Pada ujung akar yang masih muda, terdapat empat daerah pertumbuhan yang diantaranya adalah Kaliptra (Tudung Akar), Meristem, Daerah Pemanjangan Sel, dan juga Daerah Diferensiasi.


Pertumbuhan Primer pada Batang

Sama seperti akar, batang juga memiliki titik tumbuh. Titik tumbuh pada batang ini dilindungi oleh balutan bakal daunnya. Selain itu juga, daerah pertumbuhannya sama seperti pada akar. Hanya saja, meristem apikal pada batang ini dibentuk oleh sel-sel yang membelah pada ujung tunas atau kita lebih sering menyebutnya dengan sebutan kuncup.


Pertumbuhan Sekunder

  • Pada tumbuhan monokotil: Hanya sebagian saja yang mengalami pertumbuhan sekunder contohnya pertambahan diameter batang dan termasuk kedalam kelompok palem-paleman.
  • Pada tumbuhan dikotil: Jaringan maristem sekunder berupa kambium dan juga kambium gabus.

Gambar Pertumbuhan Sekunder pada Batang
Gambar Pertumbuhan Sekunder pada Batang

Nah itulah dia contoh pertumbuhan primer dan sekunder. Kami juga sudah menyiapkan tabel perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder agar kalian semua bisa lebih mudah dalam memahami materi ini.


Tabel Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder

Tabel Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder
Tabel Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder



Penutup

Baiklah, mungkin cukup sekian dulu artikel kami kali ini mengenai pengertian pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan. Setelah membaca postingan kami kali ini, kalian pasti sudah paham dan juga tercerahkan ya?

Semoga artikel kami ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman ataupun keluarga kalian. Jangan sampai ilmu ini putus sampai dikamu saja. Teruslah semangat dalam belajar dan juga berbagi kebaikan. Sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Loading...