U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Pengertian Dekomposer dan Detritivor

Pengertian Dekomposer dan Detritivor – Halo pembaca setia Pintarkan semuanya! Pada kesempatan kali ini kami akan membuar artikel mengenai mata pelajaran Biologi nih. Kalian pasti pernah mendengar kata "Dekomposer" kan? Pasti masih ada diantara kalian yang masih belum mengetahui pengertian dekomposer itu apa.

Nah, oleh karena itu melalui artikel kami kali ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai pengertian dekomposer dan detritivor beserta contohnya agar kalian semakin paham. Semoga artikel kami kali ini bisa bermanfaat untuk kalian semua ya. Yuk kita langsung mulai saja membahas materi ini.

BACA JUGA: Pengertian Pertumbuhan Primer dan Sekunder pada Tumbuhan


Pengertian Dekomposer

Apa itu Dekomposer? Dekomposer adalah organisme yang tugasnya memakan organisme yang telah mati dan juga produk limbah dari organisme lain. Proses penguraian yang dilakukan oleh dekomposer adalah dekomposisi. Selain itu, Dekomposer juga bisa disebut pengurai, pemakan bangkai. Kurang lebih itulah pengertian dekomposer.

Dekomposer mengurai bahan-bahan organik tanpa harus melalui organ pencernaan internal dalam artian sebagian diserap dan sebagian dipecah oleh enzim yang dihasilkan dekomposer. Nah selanjutnya kami akan membahas mengenai pengertian detritivor. Apabila kalian ditanya mengenai ciri-ciri dekomposer, kalian bisa menjawabnya seperti itu saja.


Pengertian Detritivor

Apa itu Detritivor? Detritivor adalah organisme yang mengkonsumsi bahan organik yang sudah mati. Sebenarnya hampir sama dengan dekomposer, hanya saja yang membedakannya adalah bagaimana cara mereka dalam mengurai bahan organik tersebut. Nah itulah dia pengertian detritivor.

Berbeda dengan dekomposer, detritivor mengurai bahan-bahan organik dengan cara memakan bahan-bahan organik tersebut, lalu bahan-bahan organik yang telah mereka makan nantinya akan terurai oleh pencernaan mereka. Apabila kalian ditanya ciri-ciri detritivor, kalian bisa menjawabnya seperti itu saja.


Fungsi Dekomposer dan Detritivor

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, sudah jelas bahwa fungsi dekomposer dan fungsi detritivor ini adalah sebagai pengurai dalam suatu ekosistem.


Contoh Dekomposer dan Detritivor

  • Cacing Tanah
  • Kaki Seribu
  • Kumbang
  • Bakteri
  • Siput
  • Keong
  • Jamur

Penutup

Tidak terasa, akhirnya kita sudah membahas seluruh materi kali ini sampai selesai. Bagaimana, sekarang kalian pasti sudah paham kan mengenai pengertian dekomposer dan detritivor beserta contohnya.

Semoga artikel kami mengenai pengertian dekomposer dan detritivor beserta contohnya ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, dan bisa memudahkan kalian semua dalam mengerjakan tugas sekolah ataupun dalam belajar untuk ulangan atau test. Jangan lupa juga untuk bagikan artikel ini kepada teman kalian semua agar lebih bermanfaat. Teruslah semangat belajar dan jangan lupa berdoa ya!
Loading...