U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli

Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli – Halo pembaca setia Pintarkan semuanya, rasanya sudah agak lama ya kami tidak memberikan artikel terbaru kepada kalian semua. Pada kesempatan kali ini, kami tertarik untuk membahas mata pelajaran bahasa Indonesia atau lebih tepatnya mengenai pengertian dongeng menurut para ahli.

Kalian semua tidak perlu khawatir karena kami tentu saja akan membahasnya dengan sangat lengkap sekali. Semua itu kami lakukan dengan harapan kalian bisa semakin mudah dalam memahaminya atau bahkan bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas disekolah ataupun pekerjaan rumah yang guru kalian berikan. Baiklah tanpa basa basi lagi yuk kita mulai saja postingan kali ini mengenai pengertian dongeng menurut para ahli.

BACA JUGA: Pengertian Teks Prosedur: Struktur, Jenis, Contoh dan Manfaatnya

Pengertian Dongeng

Pengertian dongeng secara umum adalah sebuah cerita yang tidak benar-benar terjadi biasanya berupa kejadian aneh pada zaman dahulu, perkataan yang bukan-bukan atau tidak benar, dan juga uraian yang panjang itu dianggapnya hanya cerita belaka (Fiktif). Nah kurang lebih seperti itulah pengertian dongeng secara umum.


Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli


1. Pengertian Dongeng Menurut Badrun

Dongeng ialah suatu cerita prosa hasil seni rakyat yang hidup subur dalam angan-angan masyarakat, impian dan sebuah kenyataan bercampur menjadi satu dalam dunia angan-angan.

2. Pengertian Dongeng Menurut Liberatus Tengsoe

Dongeng ialah cerita khayal yang kebenarannya sulit dipercaya karena disajikan hal-hal ajaib, aneh dan tidak masuk akal.

3. Pengertian Dongeng Menurut Depdiknas

Dongeng adalah suatu cerita yang sifatnya asli atau fakta.

4. Pengertian Dongeng Menurut Bascom

Dongeng ialah salah satu jenis prosa rakyat yang tidak dianggap benar-benar terjadi dan tidak terikat dengan waktu atau tempat.

5. Pengertian Dongeng Menurut Semi

Dongeng ialah biasanya menceritakan tentang sebuah asal mula suatu tempat atau suatu negeri atau mengenai suatu peristiwa-peristiwa yang aneh dan menakjubkan tentang kehidupan manusia atau binatang.

6. Pengertian Dongeng Menurut Charles Perrault

Dongeng adalah cerita pendek mengenai petualangan khayal dengan situasi dan tokoh-tokoh yang gaib dan luar biasa.

7. Pengertian Dongeng Menurut Trisna

Dongeng adalah cerita zaman dahulu.

8. Pengertian Dongeng Menurut James Danandjaja

Dongeng ialah termasuk cerita rakyat lisan yang tidak dianggap benar-benar terjadi oleh empunya cerita. Dongeng juga tidak terikat oleh tempat maupun waktu, karena dongeng diceritakan terutama untuk menghibur.

9. Pengertian Dongeng Menurut Kamisa

Dongeng adalah cerita yang dituturkan atau dituliskan yang bersifat hiburan dan biasanya tidak benar-benar terjadi dalam kehidupan, dongeng merupakan suatu bentuk karya sastra yang ceritanya tidak benar-benar terjadi/fiktif yang bersifat menghibur dan terdapat ajaran moral yang terkandung dalam cerita dongeng tersebut.

10. Pengertian Dongeng Menurut Nurgiantoro

Dongeng ialah cerita yang tidak benar-benar terjadi dan dalam banyak hal sering tidak masuk akal.

11. Pengertian Dongeng Menurut Agus Triyanto

Dongeng adalah cerita fantasi sederhana yang tidak benar-benar terjadi berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral “mendidik” dan juga menghibur, jadi dongeng merupakan salah satu bentuk karya sastra yang ceritanya tidak benar-benar terjadi/fiktif.

Nah itulah dia beberapa pengertian dongeng menurut para ahli yang berhasil kami kumpulkan untuk dibagikan kepada kalian semua pembaca setia pintarkan. Bagaimana nih, lengkap banget kan? Kalau sudah paham mengenai pengertiannya sekarang kami akan lanjut ke pembahasan mengenai ciri ciri dongeng.


Ciri-Ciri Dongeng

Berikut ini adalah ciri-ciri dongeng yang sangat perlu untuk kalian ketahui:
  • Ceritanya singkat dan bergerak dengan cepat.
  • Alur yang digunakan bisa dibilang sederhana.
  • Ceritanya disampaikan dari mulut ke mulut atau secara lisan.
  • Karakter atau tokoh biasanya tidak diuraikan secara rinci.
  • Terdapat pendahuluan yang sangat singkat dan langsung.

Jenis-Jenis Dongeng

Setelah membahas mengenai pengertian dongeng menurut para ahli dan juga ciri-ciri dongeng sekarang kita akan membahas mengenai ada apa saja jenis-jenis dongeng.

1. Legenda

Jenis dongeng yang pertama kami bahas adalah Legenda. Legenda adalah cerita yang lahir di tengah masyarakat yang berhubungan dengan keadaan atau suatu peristiwa yang terjadi pada saaat itu dan melahirkan suatu asal usul seperti suatu suatu nama daerah atau keadaan alam yang terjadi.

2. Fabel

Fabel adalah cerita yang menjadikan binatang atau hewan sebagai tokoh dan juga biasanya menceritakan tentang kehidupan mereka. 

3. Mite

Mite adalah dongeng yang bercerita mengenai kehidupan makhluk halus, setan, jin maupun dewa-dewi.

4. Parabel

Parabel adalah suatu dongeng yang menggunakan perumpamaan atau menggunakan kalimat kiasan yang bertujuan untuk mendidik pembacanya. 

5. Hikayat

Hikayat adalah sebuah dongeng yang mengisahkan kehebatan ataupun kepahlawanan seseorang lengkap dengan kesaktian, keanehan serta mukjizat dari si tokoh utama.

Nah itulah dia jenis-jenis dongeng yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua. Sekarang yuk kita lanjut ke pembahasan mengenai unsur dongeng.


Unsur Dongeng


Unsur Intrinsik Dongeng

  • Tema.
  • Latar Belakang.
  • Tokoh.
  • Alur.
  • Sudut Pandang.
  • Amanat.
  • Majas.

Unsur Ekstrinsik Dongeng

  • Budaya dan nilai-nilai yang dianut
  • Tingkat pendidikan.
  • Agama dan kepercayaan.
  • Kondisi sosial di masyarakat.
  • Politik, ekonomi, dan juga hukum.
Itulah dia unsur-unsur yang terdapat pada dongeng. Sekarang kami juga akan membahas mengenai contoh dongeng.


Contoh Dongeng


Si Kura-Kura yang Sombong

Ada seekor kura-kura yang sombong dan merasa dirinya lebih pantas terbang dibandingkan berenang di perairan. Ia jengkel karena memiliki tempurung keras yang membuat tubuhnya terasa berat.

Ia pun kesal melihat kawan-kawannya sudah berpuas diri dengan berenang. Saat melihat burung yang bebas terbang di langit, kejengkelannya kian bertambah.

Suatu hari, kura-kura ini memaksa seekor angsa untuk membantunya terbang. Si angsa setuju. Ia mengusulkan agar si kura-kura berpegangan pada sebatang kayu yang akan diangkatnya.

Karena tangan kura-kura agak lemah, ia menggunakan mulutnya yang lebih kuat. Ia pun akhirnya bisa terbang dan merasa bangga.

Melihat teman-temannya yang tengah berenang, ia ingin menyombongkan diri. Ia lupa bahwa mulutnya harus terus dipakai untuk menggigit kayu. Ia pun terjatuh dengan keras. Beruntung, ia selamat berkat tempurung yang pernah dibencinya.


Penutup

Akhirnya kita sudah sampai pada akhir artikel kami kali ini mengenai pengertian dongeng menurut para ahli dan juga penjelasan lainnya. Bagaimana, sangat lengkap sekali bukan? Kami tentu saja sangat berharap agar kalian bisa semakin pintar dan juga paham mengenai materi kali ini.

Baiklah cukup sekian artikel mengenai pengertian dongeng menurut para ahli kali ini. Apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat dan juga membantu jangan lupa untuk dishare kepada teman teman ataupun kepada keluarga kalian ya. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Loading...