U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Peninggalan Kerajaan Kutai Lengkap

Peninggalan Kerajaan Kutai Lengkap – Halo sahabat Pintarkan! Pada kesempatan kali ini kami masih akan membahas mengenai mata pelajaran Sejarah. Apabila pada postingan sebelumnya kami sudah membahas mengenai Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap, nah sekarang kami akan membahas mengenai peninggalan Kerajaan Kutai dan tentu saja lengkap.

Tujuan kami membuat artikel ini tentu saja agar wawasan kalian mengenai Sejarah Indonesia semakin bertambah. Selain itu juga kami berharap agar postingan kali ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Sepertinya sudah cukup basa basinya, yuk kita lanjut saja bahas materinya.

BACA JUGA: Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap


Sejarah Singkat Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai terletak di Muara Kaman, Provinsi Kalimantan Timur. Kerajaan Kutai berdiri pada abad ke 5 M. Kerajaan Kutai didirikan oleh Kudungga. Penerus dari Kudungga adalah putranya sendiri yang bernama Aswawarman. Kerajaan Kutai berakhir pada saat masa pemerintahan Maharaja Dharma Setia (Raja ke-21) yang tewas di medan perang saat melawan Raja Kutai Kartanegara ke-13, yaitu Aji Pangeran Anum Panji Mendapa.



Peninggalan Kerajaan Kutai Lengkap


1. Prasasti Yupa

Peninggalan Kerajaan Kutai Lengkap
Gambar Prasasti Yupa

Perlu kalian ketahui, Prasasti Yupa ini adalah peninggalan Kerajaan Kutai yang paling tua. Jumlah Yupa yang masih bisa kalian lihat hingga saat ini hanya berjumlah 7 buah saja. Bagi kalian yang masih belum tau apa itu Yupa, jadi Yupa adalah sejenis tiang batu yang terdapat tulisan yg dipahat diatasnya. Nah yupa ini biasanya dipakai untuk mengikat hewan untuk persembahan kepada para Dewa.

Tulisan yang ada pada Yupa ditulis menggunakan huruf pallawa dan juga bahasa sansekerta. Namun sayangnya pada semua prasasti Yupa tersebut tidak ada satupun yang terdapat keterangan mengenai kapan Yupa tersebut dibuat. Namun intinya pada setiap Prasasti Yupa memiliki isi dan juga makna yang berbeda.

2. Kalung Ciwa

Peninggalan Kerajaan Kutai Lengkap
Gambar Kalung Ciwa

Kalung Ciwa adalah perhiasan kerajaan yang ditemukan pada tahun 1890 atau pada saat masa pemerintahan Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Peninggalan kerajaan kutai ini ditemukan oleh penduduk yang berada disekitar Danau Lipan. Sampai saat ini, Kalung Ciwa masih terus digunakan terutama pada saat pelantikan Sultan yang baru.

3. Kalung Uncal

Peninggalan Kerajaan Kutai Lengkap
Gambar Kalung Uncal

Kalung Uncal adalah kalung yang digunakan oleh Sultan Kutai Kartanegara. Nama Uncal sendiri berasal dari kata india " Unchele " yang dalam bahasa Indonesia artinya Rusa. Kalung Uncal ini berupa kalung emas yang berhiaskan Liontin dan juga terdapat relief kisah Ramayana.

Kalung Uncal ini beratnya mencapai 170 gram, panjangnya kurang lebih 9cm dan juga terbuat dari emas 18 karat. Mewah sekali bukan? Selain itu juga, Kalung Uncal ini hanya ada dua saja di Dunia. Yakni di Indonesia dan juga di India. Itulah yang menyebabkan kita harus terus merawat peninggalan kerajaan ini.

4. Ketopong Sultan

Peninggalan Kerajaan Kutai Lengkap
Gambar Ketopong Sultan

Peninggalan kerajaan Kutai yang selanjutnya adalah Ketopong Sultan. Ketopong Sultan ini adalah mahkota yang dipakai oleh para Sultan kerajaan Kutai. Ketopong Sultan terbuat dari emas yang beratnya kurang lebih sekitar 1.98 kg. Cukup berat kan? Ketopong Sultan ini ditemukan didaerah Muara Kaman pada tahun 1890.

5. Tali Juwita

Peninggalan Kerajaan Kutai Lengkap
Gambar Tali Juwita

Tali Juwita adalah tali yang sering dipakai pada saat Upacara Adat Bapelas di kerajaan Kutai. Tali ini memiliki makna yang sangat unik sekali karena menyimbolkan ketujuh muara dan juga tiga anak sungai yang diantaranya adalah Sungai Kelinjau, Sungai Belayan dan juga Sungai Kedang Pahu.

Tali Juwita ini terbuat dari 21 helai benang dan juga utasan dari tali ini terbuat dari emas, perak dan juga perunggu. Selain itu juga terdapat hiasan berupa tiga bandul berbentuk gelang dan juga dua buah permata mata kucing serta barjat putih dan untuk bandul lain berbentuk lampion dengan hiasan dua bandul yang ukurannya kecil.

6. Kura Kura Emas

Peninggalan Kerajaan Kutai Lengkap
Gambar Kura Kura Emas

Kura Kura Emas ini adalah persembahan dari pangeran kerajaan Cina untuk putri dari Raja Kutai yang bernama Aji Bidara Putih. Kura Kura Emas ini ditemukan disekitar hulu Sungai Mahakam. Kura Kura Emas ini terbuat dari emas 23 karat dan tentu saja bentuknya seperti kura kura seperti namanya.

Konon katanya Kura Kura ini adalah simbol penjelmaan dari Dewa Wisnu. Peninggalan kerajaan Kutai yang satu ini masih bisa kalian temukan di Museum Mulawarman. Jadi kalian bisa berkunjung kesana apabila kalian ingin melihatnya secara langsung.

7. Pedang Sultan Kutai

Peninggalan Kerajaan Kutai Lengkap
Gambar Pedang Sultan Kutai

Seperti namanya, sudah jelas kalau Pedang Sultan Kutai ini adalah pedang yang digunakan oleh Sultan Kutai. Pedang ini sangat unik dan juga keren sekali karena pedangnya terbuat dari emas padat. Selain itu juga, pada bagian gagang pedang ini terdapat ukiran gambar seekor harimau yang sedang menerkam. Pada bagian sarung pedangnya terdapat gambar seekor buaya. Bagi kalian yang mau melihat pedang Sultan Kutai ini secara langsung, kalian bisa langsung pergi mengunjungi Museum Nasional Jakarta.

8. Keris Bukit Kang

Peninggalan Kerajaan Kutai Lengkap
Gambar Keris Bukit Kang

Peninggalan kerajaan Kutai yang selanjutnya adalah Keris Bukit Kang. Keris ini digunakan oleh Permaisuri Aji Putri Karang Melenu yang dimana beliau ini adalah permaisuri dari Raja Kutai Kartanegara yang pertama. 

Konon katanya, Permaisuri Aji Putri Karang Melenu ini sewaktu masih bayi ditemukan didalam gong yang hanyut diatas Bambu. Nah anehnya, didalam gong tersebut tak hanya terdapat seorang bayi wanita saja, melainkan terdapat sebutir telur ayam dan juga sebuah keris yang diberi nama Keris Bukit Kang.

9. Singgasana Sultan

Peninggalan Kerajaan Kutai Lengkap
Gambar Singgasana Sultan

Dari namanya juga kalian semua pasti sudah tau kalau Singgasana Sultan ini adalah tempat duduk khusus para Raja di Kerajaan Kutai. Keunikan dari singgasana ini adalah karena adanya payung, umbul-umbul, dan juga pengantin Kutai Keraton. Bagi kalian yang penasaran dan juga ingin melihat Singgasana Sultan secara langsung, kalian bisa langsung mengunjungi Museum Mulawarman.

10. Keramik Kuno Tiongkok

Peninggalan Kerajaan Kutai Lengkap
Gambar Keramik Kuno Tiongkok

Keramik Kuno Tiongkok ini bisa dibilang peninggalan kerajaan Kutai yang menjadikan bukti bahwa kerajaan Kutai ini memiliki hubungan perdagangan yang sangat baik sekali dengan kekaisaran China. Berbagai macam Keramik Kuno Tiongkok ini ditemukan didekat Danau Lipan. Hingga saat ini, Keramik Kuno Tiongkok masih tersimpan dengan rapi diruang bawah tanah Museum Mulawarman Tenggarong.

11. Meriam Kerajaan Kutai

Peninggalan Kerajaan Kutai Lengkap
Gambar Meriam Kerajaan Kutai

Meriam Kerajaan Kutai adalah alat pertahanan yang dimiliki oleh kerajaan Kutai. Meriam kerajaan Kutai ini jumlahnya ada sebanyak 4 buah, dan juga masih ada dan terawat hingga sekarang. Keempat meriam tersebut memiliki nama yang berbeda, diantaranya adalah Meriam Sri Gunung, Meriam Sapu Jagat, Meriam Gentar Bumi dan juga Meriam Aji Entong.

12. Kelambu Kuning

Peninggalan Kerajaan Kutai Lengkap
Gambar Kelambu Kuning

Dikerajaan Kutai, terdapat berbagai macam benda yang konon katanya memiliki kekuatan magis. Nah, Kelambu Kuning ini adalah tempat untuk menyimpan benda benda yang dianggap memiliki kekuatan magis itu agar terhindar dari bala. Hingga saat ini benda benda tersebut masih tersimpan didalam Kelambu Kuning. Bagi kalian yang penasaran mengenai benda apa saja yang ada didalam Kelambu Kuning ini diantaranya adalah, Gong Bende, Sangkoh Paitu, Arca Singa, Keliau Aji Siti Berawan, Kelengkang Besi, Gong Raden Galuh dan juga Tajau.

13. Gamelan Gajah Prawoto

Peninggalan Kerajaan Kutai Lengkap
Gambar Gamelan Gajah Prawoto

Peninggalan kerajaan Kutai yang selanjutnya adalah Gamelan Gajah Prawoto. Gamelan Gajah Prawoto ini berasal dari Pulau Jawa dan juga masih tersimpan dengan baik di Museum Mulawarman. Selainn Gamelan Gajah Prawoto juga terdapat barang-barang lain seperti keris, pangkon, topeng, wayang kulit dan beberapa barang yang terbuat dari kuningan dan juga perak. Ini semua menjadi bukti bahwa kerajaan Kutai memiliki hubungan yang sangat baik dengan kerajaan yang ada di Pulau Jawa.

14. Tombak Kerajaan Majapahit

Peninggalan Kerajaan Kutai Lengkap
Gambar Tombak Kerajaan Majapahit

Mungkin kalian semua kebingungan, mengapa Tombak Kerajaan Majapahit bisa menjadi peninggalan kerajaan Kutai juga. Namun benda inilah yang menjadi bukti bahwa kerajaan Kutai memiliki hubungan yang sangat dengan sekali dengan kerajaan Majapahit. Katanya, Tombak ini sudah ada di Muara Kaman sejak dahulu kala.


Penutup

Baiklah mungkin cukup sekian pembahasan dari kami mengenai peninggalan kerajaan Kutai lengkap. Lumayan banyak kan, peninggalan dari kerajaan Kutai ini? Nah oleh karena itu, dengan kalian membaca artikel kami kali ini, kalian pasti sudah semakin paham dong mengenai materi ini.

Semoga dengan adanya artikel yang kami buat ini, bisa menambah wawasan kalian dan juga bisa membantu pengerjaan tugas sekolah kalian. Jika kalian merasa artikel dari kami ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya kepada teman ataupun keluarga kalian semua. Terima kasih, dan sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Loading...