U2FsdGVkX19yqg4zgujTU1FZc57GerP0WSIm+52ZEaSeqA8P7e4E+jXFAuaEXV5aRefvlQlygbeFp/0Gp5iVKg==
Pengertian Teks Prosedur


Pengertian Teks Prosedur – Halo semua sahabat pembaca setia Pintarkan! Sudah cukup lama ya kami tidak memberikan postingan terbaru pada kalian semua, ya mohon dimaklum ya karena Admin juga memiliki kesibukan didunia nyata. Nah pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai pengertian teks prosedur lengkap dengan struktur, jenis, contoh dan juga manfaatnya.

Kalian semua pasti sudah sangat penasaran sekali kan ingin segera tau mengenai pengertian teks prosedur dan juga penjelasan yang lainnya? Semoga dengan adanya artikel ini, kalian bisa menjadi semakin paham dan juga mengerti ya tentang materi ini. Yuk, tanpa basa basi lagi kita mulai saja pembahasannya.

Pengertian Teks Prosedur

Baiklah, seperti biasa kita bahas dulu mulai dari pengertian teks prosedur. Apa itu Teks Prosedur? Teks Prosedur adalah teks yang berisi langkah langkah ataupun tahap untuk melakukan atau membuat sesuatu dan tentu saja disajikan secara berurutan.

Bagaimana, sudah mulai paham kan? Apabila sudah sekarang kita lanjut membahas pengertian teks prosedur menurut para ahli.

Pengertian Teks Prosedur Menurut Para Ahli

  • Pengertian teks prosedur menurut Ismail masya (1994 : 74): Prosedur adalah suatu rangkaian tugas-tugas yang saling berhubungan yang merupakan urutan-urutan menurut waktu dan tata cara tertentu untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang dilaksanakan berulang-ulang.
  • Pengertian teks prosedur menurut Amin Widjaja (1995 : 83): Prosedur adalah sekumpulan bagian yang saling berkaitan misalnya, orang, jaringan gudang yang harus dilayani dengan cara yang tertentu oleh sejumlah pabrik dan pada gilirannya akan mengirimkan pelanggan menurut proses tertentu.
  • Pengertian teks prosedur menurut Muhammad Ali (2000 : 325): Prosedur adalah tata cara kerja atau cara menjalankan suatu pekerjaan.
  • Pengertian teks prosedur menurut Kamaruddin (1992 : 836 – 837): Prosedur pada dasarnya adalah suatu susunan yang teratur dari kegiatan yang berhubungan satu sama lainnya dan prosedur-prosedur yang berkaitan melaksanakan dan memudahkan kegiatan utama dari suatu organisasi.
  • Pengertian teks prosedur menurut Ida Nuraida (2008:35): Prosedur adalah urutan langkah-langkah (atau pelaksanaan-pelaksanaan pekerjaan), di mana pekerjaan tersebut dilakukan, berhubungan dengan apa yang dilakukan, bagaimana melakukannya, bilamana melakukannya, di mana melakukannya, dan siapa yang melakukannya.

Jenis Teks Prosedur

Setelah membahas pengertian teks prosedur sekarang kita akan membahas mengenai jenis teks prosedur yang diantaranya adalah:

  • Teks Prosedur Kompleks.
  • Teks Prosedur Sederhana.
  • Teks Prosedur Protokol.
Nah itulah dia berbagai jenis teks prosedur. Nah sekarang, kami akan membahas pengertian dari masing masing jenis tersebut.

Pengertian Teks Prosedur Kompleks

Teks Prosedur Kompleks adalah teks prosedur yang terdiri atas banyak langkah dan langkah-langkah tersebut berjenjang dan juga terdapat sublangkah pada setiap langkahnya. Cukup memusingkan ya? Tapi memang seperti itulah kenyataannya.

Pengertian Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana adalah teks yang hanya menyajikan prosedur yang singkat dan biasanya hanya ditempuh dengan dua sampai tiga langkah saja.

Pengertian Teks Prosedur Protokol

Teks protokol adalah jenis teks prosedur yang langkah kerjanya tidak terlalu ketat atau bisa juga dibilang langkah kerja pada teks protokol ini dapat diubah. Langkah-langkah tersebut tidah harus dilakukan secara berurutan karena tidak saling berkaitan, dan juga meskipun urutan langkah diubah tujuan yang diharapkan tetap bisa terpenuhi.


Struktur Teks Prosedur

Setelah membahas jenis teks prosedur, sekarang kita akan membahas struktur teks prosedur. Jadi teks prosedur ini terdiri dari Bagian Tujuan, bagian Material, dan juga Bagian Langkah-Langkah. Nah, yuk simak penjelasannhya dibawah ini.


Bagian Tujuan

Bagian tujuan dari teks prosedur bisa berupa judul yang berisi tentang tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau bisa juga hasil akhir yang akan di capai jika kita melakukan tahapan pada teks prosedur tersebut.

Bagian Material

Bagian material teks prosedur berisi mengenai bahan, alat atau material yang dibutuhkan. Tapi tentu saja tidak semua teks prosedur terdapat bagian ini. Pada umumnya penggunaan bagian material terdapat pada teks prosedur tentang pembuatan suatu hal seperti cara memasak makanan dan juga sebagainya.

Bagian Langkah-Langkah

Dari namannya juga sudah bisa ditebak kalau bagian ini berisi mengenai langkah-langkah yang harus dilewati agar bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan teks prosedur. Pada bagian ini setiap langkah harus dilakukan dengan urut tidak boleh secara acak.


Manfaat Teks Prosedur

Manfaat Teks Prosedur sudah jelas untuk membantu para pembaca untuk memahami bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu dengan tepat dan tentu saja diharapkan agar bisa berhasil untuk mencapai tujuan dari Teks Prosedur tersebut.


Contoh Teks Prosedur

Dibawah ini adalah beberapa contoh teks prosedur yang telah kami sediakan untuk kalian semua.


Cara Menggunakan Kompor Listrik

1. Jika ingin memasak dengan kompor listrik sekiranya yang biasa atau sederhana saja seperti, membuat nasi goreng, dan menumis.

2. Untuk membuat nasi goreng dengan kompor listrik, sebelum kompor tersebut panas merata, sebaiknya wajan taruh dahulu saja diatas kompor yang sedang dipanaskan, sehingga ketika nasi yang sudah siap untuk dimasak tidak terlalu lama harus menunggu nasi itu untuk dimasak, dan sebaiknya juga ketika wajan belum panas jangan dulu mengambil nasi dari rice cooker atau dari panci tempat memasak nasi tersebut, sebaiknya ambilah nasi ketika wajan sudah panas sempurna, barulah Anda memasukan bumbu – bumbu dan barulah Anda mengambil nasi secukupnya yang akan dimasak.

3. Apabila Anda ingin membuat rending atau kue, sebaiknya tidak menggunakan kompor listrik, lebih baiknya gunakanlah kompor gas atau kompor minyak, jika menggunakan kompor listrik juga tidak akan berubah rasa atau hambar pada masakan itu, akan tetapi lamanya memasak dengan kompor listrik itu berbeda dengan kompor – kompor biasa, yang cepat sekali panas, kompor listrik ini harus meunggu dahulu panasnya merata pada besi bulat yang berbentuk seperti obat nyamuk.


Cara Membuat Teh Manis

Bahan:
1. 1 buah teh celup
2. Gula
3. Air hangat

Alat:
1. Gelas
2. Sendok teh

Cara membuat:
1. Masukan air hangat dengan takaran sesuai keinginan Anda ke dalam gelas
2. Masukkan teh celup dan tunggu hingga warna air berubah
3. Tambahkan gula secukupnya dan aduk hingga gula menjadi larut
4. Teh siap disajikan


Penutup

Akhirnya kita sudah sampai pada akhir dari artikel kami kali ini mengenai pengertian teks prosedur lengkap beserta dengan pengertian para ahli, struktur, jenis contoh dan juga manfaatnya. Semoga dengan adanya artikel terbaru dari kami ini, kalian bisa menjadi semakin paham mengenai materi teks prosedur ini.

Dan tentu saja kami berharap agar artikel kami ini bisa bermanfaat untuk kalian semua terutama bisa membantu kalian dalam mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan rumah. Teruslah semangat dalam menuntut ilmu dan jangan bermalas malasan. Sampai jumpa dipostingan kami yang selanjutnya!
Loading...